Cara Membuat Furniture Meja dan Kursi dari Akar & Batang Pohon

Saat ini masyarakat cenderung menyukai sesuatu yang unik dibandingkan produk yang biasa-biasa saja. Walau produk tersebut terlihat aneh bagi sebagian orang, tapi justru keanehan itulah yang menjadikan produk tadi begitu istimewa. Tidak terkecuali pula dengan furniture seperti meja dan kursi. Orang-orang kini beramai-ramai untuk membeli meja dan kursi yang unik, aneh, dan tak biasa. Misalnya yaitu produk furniture yang terbuat dari batang pohon utuh. Hal ini jelas terasa sangat spesial.

Dengan penampilannya yang sangat menarik dan kualitasnya yang begitu tinggi, maka tidak heran kalau furniture berbahan baku batang pohon utuh ini biasa dibanderol dengan harga yang mahal. Hal ini jelas sebanding dengan nilai produk tersebut. Sebagai alternatif untuk mendapatkan meja dan kursi berbahan batang pohon dengan harga yang lebih miring, Anda bisa membuatnya sendiri. Anda dapat memulainya dari awal ataupun membeli produk furniture setengah jadi sehingga tinggal melanjutkan saja.

Daerah pusat kerajinan furniture biasanya menjual produk setengah jadi dengan harga yang terjangkau. Jikalau beruntung, Anda bisa menemukan meja dan kursi dari batang pohon di sini. Karena belum benar-benar jadi, wajar saja bila produk tersebut dibanderol dengan harga yang lebih rendah. Namun apabila Anda menginginkan harga yang jauh lebih murah lagi, Anda bisa berburu batang pohon sendiri di hutan. Biasanya sih batang pohon yang telah tumbang bisa kita bawa pulang secara cuma-cuma.

Barulah kemudian batang pohon yang masih mentah tersebut bisa Anda olah lebih lanjut guna dijadikan sebagai produk furniture seperti meja dan kursi yang unik.

Buanglah Bagian yang Tidak Dibutuhkan

Furniture berbahan dasar batang pohon sebaiknya tetap mempertahankan kesan alaminya. Penampilan natural ini harus terus dijaga karena menjadi keunggulan tersendiri dari produk furniture tersebut. Tapi kadang-kadang ada bagian dari batang pohon tersebut yang kelihatan aneh atau tidak tepat sehingga perlu dibuang untuk membuatnya terlihat lebih menarik. Inilah tugas utama yang mesti Anda kerjakan dengan baik. Anda harus membuang semua bagian batang pohon yang dirasa tidak perlu ada.

Keringkan Batang Pohon Terlebih Dahulu

Batang pohon yang baru saja Anda dapatkan dari hutan tidak bisa serta-merta langsung dibuat menjadi meja dan kursi furniture ya. Batang tersebut wajib dikeringkan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air yang terkandung di dalamnya supaya lebih awet, tidak diserang hama, dan tidak cepat rusak. Anda juga sebaiknya memberikan treatment pengawetan memakai bahan khusus untuk melindunginya. Lalu jemurlah batang pohon tadi di bawah sinar matahari langsung atau mengangin-anginkannya.

Saatnya Melakukan Pembentukan Batang

Pekerjaan pembentukan batang ini memiliki peran yang sangat krusial ke depannya sehingga Anda wajib melakukannya dengan penuh pertimbangan. Perencanaan secara matang menjadi kunci pokok dalam mendukung keberhasilan Anda membentuk batang pohon tersebut. Pikirkan dengan sungguh-sungguh Anda mau membuat meja atau kursi seperti apa memakai batang pohon yang telah diperoleh tadi. Kami tetap menyarankan Anda untuk mempertahankan kesan alami dan keunikan bentuknya ya.

Haluskan Permukaan Batang Pohon Tadi

Setelah proses pembentukan furniture sudah Anda selesaikan dengan baik, proses berikutnya adalah menghaluskan permukaan batang pohon sembari menambal lubang-lubang kecil yang ada. Di sini Anda membutuhkan ampelas beserta peralatan dempul yang lengkap. Silakan Anda isi lubang-lubang yang terdapat pada permukaan batang pohon tadi untuk membuatnya mulus. Barulah kemudian dilakukan proses penghalusan memakai ampelas. Kerjakan proses ini beberapa kali sampai hasilnya maksimal.

Waktunya untuk Memberikan Finishing

Proses finishing akan membuat penampilan furniture bikinan Anda tersebut menjadi tampak semakin menarik dan eye-catching. Biasanya sih produk olahan batang kayu utuh diberikan finishing transparan dari pelitur atau pernis. Pemberian bahan ini akan membuat warna alami kayu menjadi lebih keluar dan permukaan tampak mengkilap. Hal ini akan menimbulkan kesan produk natural yang mewah. Namun Anda juga bisa kok menggunakan cat kayu berwarna solid untuk menciptakan kesan furniture shabby.