Memilih Meja Belajar Anak yang Nyaman dan Sesuai Kebutuhannya

Kunci utama dalam memilih meja belajar anak adalah menyesuaikannya dengan usia anak Anda saat ini. Desain meja untuk anak TK tentu mempunyai perbedaan yang mencolok jika dibandingkan dengan meja untuk anak-anak yang telah memasuki bangku SD. Begitu juga jika usia anak Anda masih tergolong anak-anak, maka berbeda pula dengan anak yang sudah remaja. Faktor usia ini memang sangat berpengaruh terhadap model meja yang tepat untuknya. Dengan cara seperti ini, anak Anda akan lebih tertarik untuk berlama-lama berada di atas meja belajarnya.

Selain faktor usia, ada lagi pengaruh faktor selera. Walaupun masih anak-anak, mereka juga mempunyai selera dan karakter idolanya masing-masing. Untuk anak balita, biasanya menyukai robot, boneka, tokoh kartun, atau bentuk-bentuk lucu. Sedangkan untuk anak yang sudah remaja, karakter yang dipilih sudah menjurus ke gambar yang netral dengan sentuhan warna-warna yang dinamis. Anda dapat melibatkan si anak dalam memilih meja belajar yang paling tepat. Berikan anak kebebasan dalam menentukan sendiri meja favoritnya sembari Anda terus membimbingnya.

Tips-tips berikut ini akan membantu Anda dalam mendapatkan gambaran meja belajar yang tepat untuk si buah hati. Anda dapat memilihnya dengan baik. Karena bagaimanapun juga memilih meja belajar anak memang perlu memperhatikan tentang warna, ukuran, pernak-pernik, dan lampu yang melengkapi.

WARNA

Yang pertama adalah menentukan warna yang tepat bagi perkembangan anak. Untuk anak di usia balita, pilihlah kombinasi warna-warna cerah pada meja tersebut seperti kuning, oranye, hijau, atau biru. Jenis warna ini mampu mewakili keceriaan yang dimiliki oleh anak dan mampu mengasah daya kreatifitasnya. Sedangkan untuk anak usia remaja, pilihan warna belajar yang tepat adalah yang berjenis netral dengan tambahan sedikit warna cerah sebagai aksen. Meja tersebut bakal bekerja sangat baik di sini. Anda juga bisa menambahkan gambar atau kata-kata motivasi di meja belajar ini.

UKURAN

Dalam menentukan ukuran meja belajar yang tepat, selain Anda harus menyesuaikannya dengan ruang belajar yang tersedia, meja yang dipilih juga harus mampu memenuhi kebutuhan buah hati. Meja belajar anak balita umumnya berfungsi juga sebagai arena bermainnya. Oleh sebab itu, bentuk meja yang dipilih pun sebaiknya dilengkapi oleh banyak laci dan tidak terlihat kaku. Untuk anak remaja, ukuran meja yang ideal yaitu meja yang sanggup menampung perlengkapan alat tulisnya berikut perangkat komputer, jika memang ada. Anda harus memperhatikan kebutuhan dasarnya.

PERNAK-PERNIK

Aksesori atau pernak-pernik dibutuhkan untuk memancing anak-anak agar rajin menghampiri mejanya. Aksesori untuk keperluan ini tidak harus yang berdiri sendiri, melainkan bisa dengan memakai alat tulis yang berbentuk unik. Selain itu, Anda juga bisa dengan memajang foto orang tuanya agar mereka punya motivasi untuk meniru kesuksesan ayah ibunya pula. Ya, sebaiknya Anda menghindari meja belajar yang memiliki desain formal serta kaku. Alangkah baiknya jika suasana di dalam meja belajar tersebut nampak ceria sesuai dengan dunia anak-anak. Buah hati pasti bakal suka di sini.

LAMPU BELAJAR

Memilih meja yang dilengkapi dengan lampu belajar memungkinkan kesehatan mata anak dapat terjaga dengan baik. Lampu jenis ini sanggup menyediakan jumlah cahaya yang cukup karena bisa diatur tingkat kecerahan sinarnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan anak mendapatkan sinar yang tepat ketika sibuk dengan buku pelajaran miliknya. Hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga kesehatan mata si buah hati Anda tersebut. Tapi di sisi lain, Anda juga harus memperhatikan tingkat keamanan lampu yang digunakan. Pastikan lampu tersebut 100% aman digunakan oleh anak-anak ya.