Begini Cara Merawat Kursi Gaming Anda supaya Lebih Awet

Bermain game di PC (personal computer) memang terasa sangat mengasyikkan. Selain karena ragam fitur yang dimiliki oleh game tersebut, layar komputer yang besar juga membuat kita bisa menikmati game secara maksimal. Bahkan tidak jarang pengguna yang mengaku dapat merasakan kalau dirinya seolah-olah masuk ke dalam game. Inilah alasan utamanya mengapa seseorang yang bermain game di PC betah duduk selama berjam-jam di depan layar komputer.

Agar aktivitas bermain game ini tidak menimbulkan masalah atau penyakit di kemudian hari, gamer pun biasa menggunakan kursi khusus sebagai tempat duduk. Kursi ini dikenal dengan sebutan kursi gaming. Bentuknya mirip seperti kursi kantor atau kursi kerja, tapi mempunyai fasilitas khusus yang dapat mendukung penggunanya dalam bermain game. Harga kursi ini umumnya cukup mahal. Jadi, bila Anda sudah memilikinya, Anda harus merawatnya dengan baik.

Merawat kursi gaming merupakan kewajiban mutlak yang harus dilaksanakan oleh setiap pemiliknya agar kursi tersebut tidak mudah rusak dan lebih awet. Kiat-kiat dan saran di bawah ini akan berguna bagi Anda untuk dapat merawat kursi gaming tersebut dengan cara yang benar.

Merawat Bagian Cover Kursi

Pada umumnya, kursi gaming menggunakan bantalan tebal yang dilapisi memakai bahan kain, mesh, atau kulit. Perannya sebagai pelapis dan pelindung membuat bagian cover ini mudah kotor. Karena itu, Anda harus sering membersihkannya. Jika kursi gaming Anda memakai cover dari kulit, Anda bisa mencoba menggosok permukaannya dengan kain microfiber yang lembap. Celupkan kain ini ke air yang hangat lalu peras. Barulah kemudian Anda bisa memakainya untuk membersihkan cover.

Sedangkan untuk cover kursi dari kain atau jala (mesh) biasanya membutuhkan upaya pembersihan yang lebih lagi karena bahan tersebut dapat menyerap partikel-partikel debu dan kotoran. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu terlebih dahulu. Lakukan upaya penyedotan debu ini secara merata ke setiap bagian kursi, termasuk sudut dan celah sempit. Jika ada noda yang membandel, Anda bisa menghilangkannya dengan sabun deterjen.

Membersihkan Bagian Rodanya

Kursi gaming selalu dilengkapi roda pada bagian kaki-kakinya untuk memanjakan para penggunanya. Anda jangan khawatir sebab roda-roda ini sudah didesain dengan sangat baik agar dapat menopang beban yang berat. Namun tetap saja bila roda tersebut tidak terawat, maka kondisinya akan menjadi aus atau retak. Anda harus rutin membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel agar roda tersebut tetap dapat bergerak dengan fleksibel. Gunakanlah kain lap dan air hangat, atau tisu basah, untuk membersihkan roda kursi gaming. Jangan memakainya untuk bermain-main ya!

Jangan Lupa Sandaran Tangan

Satu lagi nih bagian dari kursi gaming yang harus Anda rawat secara rutin. Bukan lain yaitu sandaran tangannya. Meskipun faktanya bagian sandaran tangan ini diproduksi dengan desain yang kuat, tapi apabila harus terus-menerus menahan beban dan tekanan yang berat, kondisinya akan rentan rusak pula karena mesti menanggung beban yang bukan menjadi tugasnya. Jadi, jangan pernah memakai sandaran tersebut melebihi kapasitasnya dan gunakan secara wajar. Jika sandaran tangan ini sudah tampak kendor atau longgar, Anda harus segera mengencangkannya kembali.