Tips Memilih Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu Kecil

Eksistensi ruang tamu terasa kurang lengkap tanpa adanya sofa. Tetapi di sisi lain untuk ruang berukuran kecil, penambahan sofa terkadang justru akan mempersempit ruangan tersebut. Semakin meningkatnya jumlah rumah yang berukuran kecil untungnya mendorong industri untuk menciptakan model sofa yang khusus diperuntukkan buat ruang tamu yang ukurannya kecil. Sofa ini paling banyak dijumpai di daerah perkotaan. Ruang tamu kecil memang membutuhkan sofa khusus yang ukurannya kecil pula. Maka sofa tersebut pun dapat menempati ruangan ini dengan baik.

Sofa memang seperti tak bisa dipisahkan dari ruang tamu. Dengan adanya sofa di dalamnya, maka ruang tamu ini pun akan terasa jauh lebih nyaman. Anda bisa duduk dengan nyaman di atas sofa tadi sembari menjamu tamu yang datang berkunjung. Begitu pula dengan tamu Anda tersebut yang akan merasakan kenyamanan berlebih pula manakala duduk di atas sofa. Namun jangan sampai deh keberadaaan sofa ini justru akan membuat suasana di dalam ruang tamu menjadi semakin sempit, serta penuh dan sesak. Itu sebabnya, Anda harus memilih sofa yang paling tepat.

Bagaimana proses pemilihan sofa untuk ruang tamu kecil dilaksanakan? Silakan Anda bisa mengikuti tips dan kiat-kiat selengkapnya di bawah ini!

Sofa dengan Bentuk dan Ukuran yang Tepat

Pada dasarnya, sofa yang paling cocok untuk ruang tamu ukuran mungil yaitu sofa yang biasa dipakai di apartemen. Sofa seperti ini umumnya memiliki lebar antara 1-2 meter sehingga dapat menampung tiga orang sekaligus. Biasanya sandaran untuk lengan sofa juga ditiadakan untuk menambah daya tampung sofa, baik dari sisi kiri maupun kanan. Selain itu, kaki-kaki sofa dirancang agar cukup tinggi sehingga area lantai di bawahnya akan semakin banyak terlihat. Ingat teori desain, semakin banyak lantai keramik yang terlihat, maka ruangan tersebut akan terasa semakin luas.

Pertimbangkan Memilih Tipe Sectional Sofa

Kalau ruang tamu Anda masih terlalu sempit untuk menampung sofa apartemen, maka alternatif lainnya adalah memilih sectional sofa. Sectional sofa merupakan model sofa khusus yang dapat disambung dan dipisahkan dengan mudah. Adapun kelebihan utama dari model sofa tipe sectional ini adalah kita dapat memanfaatkan area sudutnya sebagai tempat duduk. Umumnya, produk sectional sofa tidak dilengkapi dengan sandaran di bagian lengannya. Hal ini tentunya membuat sectional sofa ini merupakan sofa yang paling ideal untuk dipakai di dalam ruang tamu yang kecil.

Hindari Sofa yang Besar dan Berwarna Gelap

Sofa yang empuk juga kurang cocok untuk ruang tamu sempit karena penampilannya akan tampak lebih besar daripada ukuran yang aslinya. Sofa seperti ini juga biasanya justu akan menyesaki ruang tamu dan menutupi area lantai di bawahnya sehingga bakal memangkas habis area di ruangan ini. Sebisa mungkin, hindari juga sofa berwarna gelap karena kesan yang ditimbulkan juga masih sama, yaitu mempersempit ruangan. Paling pas adalah sofa bermotif garis-garis dan memiliki warna cerah. Anda bisa menggunakan sofa yang warnanya cerah seperti putih, hijau, krem, biru langit, dan sebagainya.

Jangan Terkecoh dengan Penampilan di Toko

Terakhir adalah mengeai tahap pembelian sofa di toko. Selalu ingat untuk memastikan ukuran sofa yang dibutuhkan memang benar-benar sesuai ruangan yang Anda miliki. Jangan terkecoh dengan penampilan sofa tersebut ketika masih berada di toko mebel ya. Di sini, semua sofa akan terlihat normal-normal saja karena berada di dalam ruangan yang berukuran besar. Tidak ada kesan terlalu besar bagi sofa tersebut. Malahan Anda mungkin akan menganggap kalau sofa tersebut sangat kecil. Namun Anda realistis dalam memilih ukuran sofa tersebut serta menyesuaikannya dengan ukuran ruang tamu di rumah.