Macam-macam Kursi Taman Menurut Model dan Bahan Bakunya

Kursi khusus untuk taman dirancang agar tahan terhadap sinar matahari dan hujan. Umumnya material yang dipakai untuk membuat kursi taman terbuat dari kanvas, vinyl, logam, kayu, rotan dan bahan tahan lama lainnya. Hal ini penting sekali supaya kursi tersebut tak cepat rusak karena diletakkan di lingkungan outdoor. Bagaimanapun juga Anda tidak boleh memandang remeh air hujan dan sinar matahari. Karena faktanya kedua faktor tersebut sanggup merusak perabotan rumah tangga dengan mudah sekali apabila Anda tidak mengantisipasinya dengan baik.

Memiliki rumah dengan taman yang mengelilinginya memang merupakan impian banyak orang. Taman ini tidak hanya berfungsi sebagai penghias tempat tinggal saja, tetapi juga bisa kita manfaatkan sebagai sarana hiburan dan penghilang rasa stres. Anda sekeluarga bisa duduk-duduk, berkumpul, dan bersantai di dalam taman menikmati suasananya. Pasti bakalan terasa semakin nyaman kalau taman tersebut juga dilengkapi dengan tempat duduk berupa kursi yang tepat. Tapi tahukah Anda, saat ini ada cukup banyak pilihan kursi taman berdasarkan model dan bahan bakunya?

Berdasarkan bahan baku dan bentuknya, setidaknya kursi taman dapat dibedakan menjadi 5 macam. Di antaranya yaitu plastic lawn chair, adirondack lawn chair, wicker chair, hamock chair, serta folding chair. Marilah kita mencari tahu lebih lanjut mengenai karakteristik dari masing-masing kursi tersebut.

PLASTIC LAWN CHAIR

Plastic lawn chair pada dasarnya merupakan kursi taman yang terbuat dari plastik. Jenis kursi ini terbuat dari plastik yang berkualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak meskipun terkena sinar matahari dan air hujan secara terus-menerus. Kursi taman plastik ini  tersedia dalam berbagai pilihan bentuk, ukuran, dan warna. Kelebihan utama dari plastic lawn chair yaitu kursi ini mudah dibersihkan dengan air sabun. Kursi tipe ini juga memiliki harga yang terjangkau sekali loh. Bobotnya yang ringan juga membuat kursi plastik ini gampang dibawa, dipindah-pindahkan, dan diatur penempatannya sesuka hati.

ADIRONDACK LAWN CHAIR

Jenis kursi yang satu ini terbuat dari material kayu. Adirondack lawn chair merupakan model kursi taman pertama yang dikembangkan pada awal 1900-an. Walaupun masih mengusung bentuk lamanya, namun kursi taman ini masih sesuai dengan suasana di zaman sekarang. Hal ini tidak terlepas dari sandarannya yang tinggi dan dudukannya yang cukup lebar. Beberapa jenis adirondack chairs juga dilengkapi dengan bantal khusus yang mampu meningkatkan kenyamanannya. Ini merupakan kursi taman yang tidak hanya menarik, tetapi juga menawarkan kenyamanan yang berlebih untuk bersantai di taman.

WICKER CHAIR

Wicker chair adalah kursi taman yang terbuat dari anyaman bambu atau serat lentur yang lainnya. Kursi ini mempunyai pesona tersendiri dibandingkan dengan bahan material yang lainnya. Wicker chairs juga mampu menambah keindahan taman yang ditumbuh oleh rumput-rumput hias. Pesona taman di rumah Anda pasti akan meningkat tajam manakala Anda menggunakan kursi yang satu ini. Tapi sayangnya kursi ini tidak cocok dijadikan sebagai kursi portabel karena gampang rusak kalau Anda sering memindahkan posisinya. Anda harus mengaplikasikan pelitur atau pernish secara teratur untuk melindungi kursi ini.

HAMMOCK CHAIR

Ciri-ciri khas kursi hammock adalah kain sebagai materi utamanya. Kain yang digunakan yaitu kain yang bersifat tahan lama, awet, dan kuat seperti vinyl. Kursi ini mampu memberikan suatus kesan unik berkat penampilan yang tidak biasa. Desain taman di rumah Anda akan terlihat eye-catching dengan pemakaian kursi yang berjenis hammock chair ini. Pemasangannya pun mudah sekali, yaitu dengan mengikatkannya pada dua pohon yang kokoh saja. Beberapa taman juga sengaja memasang tiang besi sebagai pengganti pohon. Tidak cuma duduk-duduk saja, Anda pun dapat berbaring menikmati taman di atas kursi ini.

FOLDING CHAIR

Kursi lipat cocok ditambahkan pada gaya taman apapun karena bentuknya yang bisa disesuaikan dengan berbagai tipe dekorasi taman. Keunggulan lainnya ialah folding chair ini bersifat tahan lama. Kebanyakan bahannya terbuat dari plastik sehingga mudah untuk dibersihkan. Selain itu, kursi jenis ini juga biasanya dimanfaatkan di kursi arena olahraga atau berkemah untuk menyediakan tempat duduk di luar ruangan dengan cepat. Tetapi kalau mau mendapatkan folding chair yang lebih awet dan tidak cepat rusak, Anda bisa memilih produk kursi lipat yang terbuat dari material besi ataupun baja ya.