8 Tips Memilih Sofa Ruang Tamu yang Tepat dan Berkualitas

Antara sofa dan ruang tamu memang sepertinya tidak bisa dipisahkan ya. Sofa mampu membuat ruang tamu terasa begitu nyaman. Jikalau dibandingkan dengan tempat duduk yang lainnya, sofa menawarkan kenyamanan yang berlebih. Kita akan merasa begitu nyaman manakala duduk di atas sofa. Oleh karena itu, apabila Anda memang memiliki anggaran yang cukup, kami sarankan untuk membeli sofa daripada kursi kayu, bangku, atau kursi jok. Saat ini gampang sekali untuk membeli sofa. Berbagai toko mebel dan furniture menyediakan aneka ragam produk sofa dengan model yang bermacam-macam.

Berhubung harganya memang mahal, memilih sofa untuk ruang tamu harus dilaksanakan dengan ekstra teliti. Anda mesti memilih sofa yang kualitasnya bagus. Sofa dengan mutu yang baik ini pasti bakal awet. Sofa tersebut mampu bertahan setidak-tidaknya hingga berusia 10 tahun. Jadi kalau misalnya Anda beli sofa set yang harganya Rp 5 juta, maka bisa dibilang kalau cicilan per tahunnya cuma sekitar Rp 500 ribu saja. Tentu ini merupakan sebuah harga yang cukup murah. Itulah sebabnya, memilih sofa untuk ruang tamu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Supaya Anda tidak salah dalam memilih sofa untuk ruang tamu di rumah, silakan ikuti kiat-kiat dari kami di bawah ini yuk!

Kualitas Pegas dan Busa Sofa

Pada saat Anda hendak membeli sofa di toko mebel, Anda harus benar-benar memperhatikan kualitas pegas dan busa yang digunakan. Periksalah dengan teliti kondisi pegas dan busa yang membangun sofa tersebut. Pastikan daya mutunya tinggi. Pada umumnya, sofa bisa dikatakan bagus jika mampu bertahan selama 8-10 tahun. Kerusakan yang paling banyak terjadi yaitu pegasnya yang kendur atau busanya yang kempis. Jadi Anda harus memperhatikannya dengan baik. Coba Anda bisa menduduki sofa tersebut, lalu tekan-tekanlah ke bawah untuk mengetahui tingkat elastisitasnya.

Cari Tahu Kayu Rangka Sofa

Kemudian Anda juga perlu memeriksa kualitas kayu yang digunakan sebagai rangkat sofa tersebut. Tidak jarang suatu produk sofa dibuat memakai rangka kayu yang berkualitas murahan sehingga rawan rusak dan patah. Selain pada jenis kayu yang digunakan, perhatikan pula proses pengolahan rangka kayu sofa tersebut. Biasanya kayu yang sudah diolah terlebih dulu melalui proses pemanasan memakai oven akan memiliki kualitas yang semakin meningkat. Hal tersebut disebabkan oleh kadar air di dalam kayu ini akan berkurang sehingga struktur kayu tersebut pun menjadi lebih kokoh.

Periksa Bahan Pelapis Sofa

Bahan pelapis sofa biasanya menggunakan bahan berupa kain dan kulit sintetis. Setiap bahan yang Anda pilih sangat menentukan pesona dari sofa tersebut serta tingkat keawetannya. Selalu pilih bahan pelapis yang tebal dengan serat yang cukup rapat. Kenapa? Sebab hal ini berpengaruh pada daya resap air yang dapat menembus bahan pelapis tersebut. Semakin renggang serat pada bahan pelapis sofa ini, peluang air bisa memasuki sofa dan mengenai busa pun semakin besar. Walhasil busa sofa yang lembab ini pun lebih rentan rusak. Jangan biarkan deh masalah ini menimpa sofa di rumah Anda.

Bentuk dan Ukuran Sofa

Pemilihan sofa yang baik juga harus memperhatikan luas ruang tamu yang tersedia di rumah Anda. Sofa semestinya harus dapat menempati posisi yang tepat di dalam ruangan tersebut. Sehingga keberadaan sofa ini bisa berfungsi dengan baik. Di pasaran, sekarang terdapat berbagai bentuk sofa. Misalnya yaitu sofa berbentuk U shaped, L shaped, I shaped, dan sebagainya. Begitu pula dengan ukurannya, ada sofa loveseat, ottoman, dan lain-lain. Semakin rumit bentuk sofa yang dipilih, maka semakin besar ruangan yang dibutuhkan. Untuk ruang tamu kecil, pilihlah sofa dengan model sederhana.

Warna Sofa dan Tema Ruangan

Disarankan memilih sofa dengan warna yang sesuai dengan tema ruangan. Untuk bermain aman, pilih sofa berwarna netral seperti putih, krem, abu-abu, atau hitam. Warna beige dan cokelat juga bisa Anda pertimbangkan untuk menciptakan interior ruang tamu klasik. Warna-warna netral ini cocok digunakan di ruang tamu dengan desain apapun. Anda tidak perlu takut warna tersebut akan bertabrakan dengan warna cat dinding atau warna lantai ruang tamu. Namun sofa berwarna netral ini biasanya akan mudah terlihat membosankan. Kalau mau lebih dinamis, Anda bisa memilih sofa yang warnanya cerah.

Kerapian Jahitan dan Sambungan

Aspek kerapian jahitan dan sambungan bahan pelapis sofa juga turut andil dalam menentukan nilai dari sofa tersebut. Begitu pula dengan daya tarik dan keindahan sofa ini, pesonanya juga sangat dipengaruhi oleh tingkat kerapihan jahitan dan sambungan-sangungannya. Periksa dengan seksama kualitas jahitan sofa tersebut, terutama pada bagian antara busa dan kain pelapisnya. Pastikan jahitannya kuat dan rapi sehingga sofa tersebut lebih awet dan dapat bertahan lama. Kenyataannya memang bagian jahitan dan sambungan ini rentan sekali mengalami kerusakan seperti robek ataupun terkoyak.

Sandaran Punggung Sofa

Sandaran punggung juga mempengaruhi desain serta kenyamanan suatu sofa. Sofa modern umumnya mempunyai sandaran dengan ukuran yang cukup untuk menjaga kesederhanaannya. Sebaliknya pada ruangan bergaya klasik, pilih sofa dengan sandaran yang besar dan lebar. Kelebihan lain dari sofa dengan model seperti ini biasanya akan terasa lebih nyaman ketika kita duduk di atasnya. Sandaran punggung di sofa ini memang akan turut mempengaruhi kenyamanan sofa tersebut. Kalau saran kami sih, sebaiknya Anda memilih sofa yang dilengkapi dengan sandaran punggung yang pas sesuai ukuran ruangan.

Jaminan Mutu dan Garansi

Faktor lainnya yang benar-benar harus Anda perhatikan dengan baik dalam memilih sofa yaitu jaminan mutu sofa tersebut. Kalau memang sofa tersebut mempunyai kualitas yang bagus, produsen biasanya akan berani memberikan garansi yang cukup lama. Bahkan tidak jarang loh saat ini suatu produk sofa itu dilengkapi dengan garansi hingga selama lebih dari 5 tahun. Dengan adanya garansi ini, Anda pun tidak perlu waswas kalau tiba-tiba sofa tersebut mengalami kerusakan padahal baru digunakan sebentar saja. Sebab di sini Anda garansi yang melindungi hak-hak Anda sebagai konsumen.