5 Inspirasi Model Daun Pintu Minimalis, Kokoh & Menawan

Pada rumah minimalis, dukungan pintu yang bergaya minimalis akan memperkuat konsep utama rumah tersebut. Ciri-ciri khas pintu ini adalah wujudnya yang sederhana dan cenderung unik. Dengan kata lain, pintu minimalis ini juga berguna sebagai aksen ruangan. Anda mesti memilih pintu minimalis yang tepat untuk mendukung rumah Anda. Karena bagaimanapun juga keberadaan pintu di dalam rumah bergaya minimalis ini begitu penting. Sebisa mungkin Anda mesti memilih pintu minimalis yang bisa mendukung konsep rumah tinggal impian yang ingin Anda ciptakan.

Untungnya sekarang telah banyak tersedia berbagai macam produk pintu di toko furniture ataupun toko perabotan. Jadi seharusnya Anda tak akan mengalami kesulitan dalam memilih produk tersebut. Karena pintu minimalis ini memang mempunyai ciri-ciri khas tersendiri yang berbeda daripada model pintu yang lainnya. Kesalahan yang dilakukan dalam memilih pintu tersebut tidak cuma bakal mengakibatkan Anda gagal dalam mendesain rumah minimalis, tetapi juga penampilan rumah Anda akan terlihat aneh. Itulah sebabnya, Anda perlu memilih pintu tersebut dengan sebaik-baiknya.

Bagaimanakah pemilihan daun pintu minimalis dilakukan? Paling tidak sih Anda perlu memperhatikan 3 faktor utamanya yaitu bentuk, warna, dan material pembuatnya. Silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini untuk memilih pintu minimalis tersebut!

Pertama, Melalui Bentuknya

Bentuk daun pintu bergaya minimalis umumnya sederhana dan geometris. Tak ada hiasan berupa ukiran maupun bentuk bunga di sana. Cukup dengan bentuk persegi panjang, ataupun bentuk geometris yang tegas lainnya. Hindari memilih pintu yang berbentuk melengkung atau lingkaran. Sebab garis lengkung ini sama sekali tidak cocok dengan desain rumah minimalis. Jangan khawatir terhadap pesonanya karena walaupun sederhana, namun pintu minimalis ini tetap memiliki penampilan yang sangat menarik.

Kedua, Melalui Warnanya

Pemilihan warna untuk daun pintu minimalis hendaknya menyesuaikan terhadap warna pintu ini sendiri. Biasanya daun pintu yang banyak disukai berwarna silver dan gold. Dari kedua warna ini, warna silver lah yang lebih diminati untuk konsep rumah minimalis. Yap, meskipun sama-sama dapat menciptakan kesan yang begitu mewah, tetapi warna silver juga mampu melahirkan warna modern. Berbeda dengan warna gold yang cenderung lebih menghadirkan nuansa yang klasik dan tradisional.

Ketiga, Melalui Bahan Pembuatnya

Bahan besi mendominasi pembuatan daun pintu dengan gaya ini. Besi cocok dengan sifat minimalis karena kokoh saat dipegang. Hindari memilih daun pintu berbahan plastik dan atom karena tidak mampu mengangkat nilai bangunan. Pada gambar di atas bisa kita lihat, pintu yang berwarna coklat kayu terlihat bergaya minimalis cukup dengan hiasan dari daun pintu berwarna hitam. Adapun bentuk pintu yang sederhana memegang peranan penting di sini.

Pintu berwarna hitam adalah favorit rumah minimalis. Hitam mampu menciptakan kesan modern dengan cepat. Sedangkan daun pintu yang dipergunakan adalah daun yang tegas dalam bentuknya. Rumah minimalis belum sempurna tanpa kaca. Pintu dengan aksen kaca ini terlihat semakin bagus dengan hiasan daun pintu berukuran panjang.