Mau Beli? Cek 6 Tips Memilih Water Heater yang Paling Tepat

Sebagaimana namanya, pemanas air berfungsi untuk memanaskan/menghangatkan air yang digunakan untuk keperluan mandi. Aktivitas berendam di air hangat dipercaya dapat meredakan penyakit-penyakit ringan seperti sakit kepala, pusing, migrain, flu, pilek, batuk, dan stres. Bahkan dengan Anda rutin mandi setiap hari menggunakan air hangat, Anda bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga. Anda bisa mencobanya sendiri dengan menyediakan mesin penghangat air (water heater) secara khusus di dalam kamar mandi.

Pada dasarnya, tidak terlalu susah kok untuk memilih produk water heater yang tepat. Anda hanya perlu jeli dan teliti dalam menentukan mana mesin yang sesuai dengan keinginan, budget, dan kondisi tempat tinggal Anda. Apalagi sekarang sudah banyak tersedia produk water heater di Indonesia. Hal ini tentunya bakal memudahkan Anda untuk menemukan produk yang paling tepat. Walau begitu, Anda tetap harus melakukan pemilihan secara tepat terhadap mesin pemanas air ini. Beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan di antaranya kualitas, harga, desain, sumber daya, kebutuhan daya, dan after service.

Bagi Anda yang ingin membeli produk pemanas air, Anda bisa mengikuti tips-tips dari Arafuru berikut ini untuk bisa menemukan mesin water heater yang paling tepat. Kami yakin Anda pasti bisa mendapatkan produk terbaik tersebut ya!

Pilih Produk yang Berkualitas Tinggi

Dalam membeli suatu produk yang bersifat konsumtif, utamakanlah kualitas di antara faktor-faktor yang lain. Biasanya sih brand pemanas air ini menentukan bagaimana tingkat kualitasnya. Anda bisa meminta saran dari keluarga, kerabat, dan teman yang sudah memiliki water heater sendiri. Tanyakan bagaimana pengalaman yang mereka rasakan selama menggunakan produk pemanas air miliknya. Apakah memang memuaskan atau tidak? Selain itu coba juga searching di Google tentang pengalaman-pengalaman orang lain pada saat memakai produk pemanas air dari brand tertentu.

Sesuaikan Harga dengan Anggaran

Faktor anggaran juga akan sangat menentukan kesesuaian pemanas air yang cocok dengan Anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli produk water heater yang harganya mahal sekali. Kenyataannya adalah tidak selamanya produk yang mahal selalu memiliki kualitas yang lebih bagus. Ada baiknya Anda jeli dalam memilih water heater yang berharga miring dengan spesifikasi di atas rata-rata. Asalkan dapat mencukupi kebutuhan penggunaan Anda sekeluarga, maka produk mesin pemanas tersebut sudah lebih dari cukup. Anda bisa memeriksa kembali tabungan yang dimiliki.

Desain Mesin Sesuai Desain Ruangan

Anda juga tidak boleh menghiraukan aspe desain ya. Sebisa mungkin pilihlah produk mesin pemanas air yang memiliki desain sesuai dengan desain kamar mandi yang ingin Anda buat. Tujuannya supaya Anda dapat menciptakan dekorasi ruangan yang sesuai dengan keinginan. Sebagai contoh, ketika Anda ingin membuat kamar mandi yang bergaya modern minimalis, maka pilihlah water heater yang didesain gaya futuristik, dipenuhi oleh fitur yang canggih, dan tampilannya begitu bersih. Begitu pula jika Anda hendak membuat kamar mandi natural, pilihlah warna-warni yang khas alam ya.

Perhatikan Daya yang Dibutuhkannya

Anda harus memastikan mesin pemanas air yang sudah dibeli nanti bisa dinyalakan dan dapat berfungsi dengan baik di rumah. Yang paling utama tentunya yaitu Anda harus memperhatikan berapa daya listrik yang dibutuhkan oleh mesin tersebut untuk bekerja. Kemudian Anda harus memastikan daya listrik tadi cukup untuk mendukung kinerja mesin pemanas air yang bakal dibeli. Maklum saja karena pemanas air ini memang membutuhkan energi listrik yang cukup banyak. Jangan sampai deh Anda tak bisa memakai mesin water heater yang telah dibeli karena listriknya ternyata tidak kuat.

Bertenaga Listrik atau Tenaga Surya?

Di pasaran, setidaknya ada dua jenis produk pemanas air yaitu produk yang bertenaga listrik dan produk bertenaga surya. Produk water heater yang memakai tenaga surya tentunya bersifat ramah lingkungan, memiliki daya tampung lebih besar, dan lebih awet. Namun harga yang dibandrol bisa mencapai sepuluh kali lipat lebih mahal daripada water heater bertenaga listrik. Sedangkan pemanas air listrik lebih cocok dipasang di apartemen dan rumah mungil. Sementara pemanas air bertenaga surya idealnya dipasang di hotel dan rumah-rumah ukuran besar. Anda bisa mempertimbangkannya dengan matang.

Pilih After Sales Service yang Bagus

Membeli alat pemanas air juga harus memperhatikan after sales service yang bakal diberikan oleh suatu brand. Sebab layanan pasca pembelian ini tanpa disadari akan sangat membantu Anda kalau mengalami kendala-kendala terhadap produk tersebut. Apabila Anda keliru dalam memilih water heater dari brand yang mempunyai layanan purna jual yang buruk, bukan tidak mungkin water heater tersebut hanya akan tergeletak di kamar mandi sebagai hiasan saja. Sehingga Anda jangan ragu untuk memilih produk water heater buatan merk ternama yang tersohor akan kualitas layanannya. Walaupun harga yang ditawarkan agak sedikit lebih mahal ya.