3 Tips Penting Memilih Tempat Tidur yang Nyaman Sekali

Kamar tidur laksana sebuah rumah pribadi bagi para pemiliknya. Di sini kita benar-benar bisa merasakan sebuah kebebasan. Kita pun dapat berekspresi dengan bebas di dalam kamar tidur ini. Tapi agar suasana kamar tidur terasa nyaman dan menyenangkan, tugas pertama Anda ialah mendesainnya terlebih dulu. Yap, Anda memang harus menata kamar tidur tersebut sebaik-baiknya sebelum bisa merasakan suasana yang sangat nyaman layaknya di sebuah istana pribadi. Saran kami, cobalah Anda berfokus pada bagian tempat tidurnya. Tempat tidur ini harus mendapatkan perhatian yang penuh.

Desain tempat tidur benar-benar harus Anda perhatikan. Kenyamanan dan keindahan merupakan faktor terpenting dalam menata tempat tidur yang nyaman. Tak dipungkiri kalau kedua faktor inilah yang akan berpengaruh besar terhadap kualitas tempat tidur tersebut, manfaatnya, serta tingkat kepuasan Anda setelah memilihnya. Kamar tidur memang perlu dilengkapi dengan sebuah tempat tidur khusus. Di sini Anda dapat merasakan nikmatnya tidur bak seorang raja ataupun ratu. Anda mesti memilih tempat tidur yang tepat untuk bisa merasakan manfaatnya secara maksimal. Tidur pun terasa nyaman sekali.

Memilih tempat tidur yang ideal sebenarnya mudah banget kok. Anda tak perlu memperhatikan faktor-faktor yang terlalu banyak. Cukup perhatikan 3 faktor utama tempat tidur tersebut yaitu ukuran, jenis, dan modelnya saja.

UKURAN

Ukuran tempat tidur yang tepat tergantung pada postur badan penghuni kamar. Apakah bertubuh kecil, sedang, atau besar? Anda harus memilih tempat tidur yang sesuai dengan postur. Selanjutnya sesuaikan juga ukuran yang telah ditentukan ini dengan luas kamar tidur untuk menjaga keseimbangan ruangan. Futnirure built-in berupa tempat tidur memang dapat Anda pesan dengan ukuran khusus yang sesuai keinginan. Tapi kadang-kadang sulit menemukan kasur yang cocok dengan tempat tidur yang ukurannya tidak standar. Jadi Anda juga harus memperhatikan ukuran kasur yang tersedia di pasaran.

Memang benar. Di pasaran ada standar tersendiri untuk ukuran produk tempat tidur yang disesuaikan menurut ukuran standar kasur. Kami pernah membahasnya secara lengkap pada artikel sebelumnya ya. Sebagai gambaran saja nih, anak-anak biasanya memakai tempat tidur twin bed dan extra long twin bed. Sedangkan untuk anak remaja, pilihan tempat tidur yang paling tepat yaitu double bed. Sementara itu, tempat tidur ukuran queen, king, dan california king ditujukan untuk orang dewasa. Ukuran tempat tidur yang Anda beli harus sesuai dengan ukuran kasur yang nantinya akan Anda gunakan.

JENIS

Selain dikelompokkan berdasarkan ukurannya, tempat tidur juga terdiri atas beberapa jenis dan bentuk. Contohnya nih ya, tempat tidur standar biasanya dilengkapi dengan tempat penyimpanan tambahan di ujungnya, bagian dalam, atau di bawah kolong. Ada pula tempat tidur jenis bunk bed yang berbentuk tingkat dan biasanya diterapkan pada kamar tidur anak. Untuk model tempat tidur keluaran terbaru, ada ranjang yang berjenis trundle bed yang bersifat fleksibel. Bentuk tempat tidur ini gampang diubah-ubah sesuai keinginan apakah mau menampung satu orang saja ataupun dua orang.

Jenis tempat tidur juga bisa dibedakan menurut tinggi rendahnya ranjang tersebut sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda pribadi. Anda mesti menyesuaikan ketinggian tempat tidur yang digunakan dengan tinggi badan dan usia penghuni kamar tidur. Ada pula tempat tidur khusus yang dilengkapi dengan box spring dan papan kayu. Sensasi tidur pada box spring ini menjadikan kasur terasa lebih empuk karena dapat memantul. Anda pasti akan sangat menyukai tempat tidur yang satu ini. Sementara itu, tempat tidur dengan papan kayu membuat strukturnya menjadi lebih kokoh dan nyaman.

MODEL

Sebagai focal point ruangan, pemilihan tempat tidur memang harus disesuaikan dengan desain kamar tidur yang Anda usung. Misalnya nih Anda ingin membuat kamar tidur yang bergaya kontemporer, maka Anda mesti memilih model tempat tidur yang sederhana, ornamen berupa garis halus yang rapi, serta panel kulit pada bagian headboardnya. Berbeda lagi kalau Anda ingin menciptakan sebuah kamar tidur yang bergaya tradisional, maka tempat tidur yang paling tepat untuk melengkapinya ialah tempat tidur yang terbuat dari bahan kayu, warna gelap, ukuran yang besar, dan ornamen ukiran dekoratif.

Sementara itu, kamar tidur yang berdesain country dapat menggunakan tempat tidur dari material kayu atau logam. Usahakan Anda memilih tempat tidur ala pedesaan dan vintage. Tempat tidur tradisional yang simple cocok sekali dengan tema desain yang satu ini. Namun Anda harus menghindari pemakaian cat glossy. Penampilan mengkilap tidak cocok dengan gaya ini. Apabila Anda tertarik merancang desain kamar tidur elektik, Anda bisa menggunakan tempat tidur yang terbuat dari berbagai campuran material supaya tampilannya ramai. Contohnya yaitu tempat tidur yang terbuat dari campuran bahan kayu dan logam besi.