7 Ide Partisi Ruangan di Rumah Minimalis yang Paling Unik

Dinding merupakan jenis partisi yang paling umum digunakan. Pemakaian dinding sanggup menciptakan privasi yang berlebih di dalam interior ruangan. Dinding mampu membuat suatu ruangan berdiri sendiri dengan jati diri yang dimilikinya. Berkat dinding, ruangan pun mempunyai konsep seperti apa yang kita mau. Selain itu, dinding juga dapat membawa kesan keindahan tersendiri ke dalam ruangan. Anda bisa menciptakan desain ruangan minimalis yang begitu indah dengan dinding yang melengkapinya.

Kalau Anda ingin membuat ruangan minimalis yang memiliki desain dan suasana yang berbeda, cobalah untuk menggunakan partisi selain dinding. Kenyataannya memang terdapat begitu banyak benda-benda menarik yang bisa kita manfaatkan sebagai partisi sebuah ruangan. Misalnya yaitu gorden, rak buku, dan papan tulis. Anda juga bisa memakai partisi visual untuk keperluan ini. Partisi visual ialah partisi non-fisik atau hanya berupa tampilan saja yang bisa kita manfaatkan layaknya partisi biasa. Menarik sekali!

LEVELING

Ide partisi pertama yang dapat Anda terapkan pada rumah tinggal yaitu leveling. Pada dasarnya, metode leveling ini dilakukan dengan mengatur kontur tinggi rendahnya lantai ruangan. Ruangan yang berbeda fungsi bisa dibuat dengan ketinggian permukaan yang tidak sama. Misalnya untuk memisahkan antara ruang makan serta dapur yang berada di dalam sebuah ruangan, Anda bisa membuat posisi dapur lebih tinggi dan ruang makan lebih rendah. Sehingga di sini perbedaan ruangan tersebut bakal jelas.

PENCAHAYAAN

Di ruangan minimalis, Anda juga dapat memanfaatkan pencahayaan sebagai partisi visual. Penggunaan cahaya yang memiliki karakteristik yang berbeda secara otomatis mampu menimbulkan kesan yang juga berbeda. Dari sinilah kita menggunakan pencahayaan tersebut sebagai media pemisah antara satu ruang dengan ruang di sebelahnya. Sebagai contoh di sebuah ruangan yang terdiri atas ruang tamu dan ruang keluarga, gunakan cahaya putih di ruang tamu serta cahaya kuning nan lembut di ruang keluarga.

WARNA

Warna merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan untuk membuat partisi secara visual. Pada dasarnya, setiap warna mampu menciptakan kesan yang unik. Kesan yang tercipta dari pemakaian warna merah berbeda dengan biru. Begitu pula dengan penggunaan jenis-jenis pewarnaan yang lainnya. Dengan memanfaatkan perbedaan kesan yang dihasilkannya inilah, kita bisa membuat sebuah partisi yang menarik menggunakan teknik pewarnaan secara tepat. Demikian halnya di ruangan minimalis.

LANTAI

Anda juga bisa menciptakan sebuah partisi tanpa dinding melalui penggunaan lantai yang berbeda-beda. Sama halnya seperti warna cat dinding, penampilan lantai pun sanggup menciptakan suatu kesan yang unik. Setiap material lantai pada dasarya memiliki kesan sendiri yang dapat dihasilkannya. Khusus untuk ruangan minimalis umumnya memakai lantai yang kokoh, berwarna natural, dan desainnya sederhana. Anda bisa menggunakan lantai keramik yang warnanya berbeda untuk memisahkan ruangan.

GORDEN

Gorden merupakan elemen desain yang sangat fleksibel. Menggunakan gorden untuk menghiasi jendela dan pintu memang sudah biasa. Tetapi bagaimana jika gorden ini digunakan untuk menggantikan fungsi dinding? Tips menggunakan gorden sebagai partisi ruangan minimalis ialah pilihlah warna, motif, desain, dan jenis kain yang paling tepat. Misalnya Anda bisa menggunakan gorden dengan motif garis-garis agar mengandung kesan modern yang mendalam. Sementara untuk warna gorden tersebut bisa disesuaikan dengan warna ruangan itu sendiri.

PAPAN TULIS

Mengubah salah satu bagian dinding ruangan menjadi papan tulis merupakan ide yang sangat menarik. Apalagi jika Anda menginginkan suasana yang unik di dalam ruang tersebut. Papan tulis tadi bisa Anda gunakan tak cuma sebagai pajangan, tapi juga memiliki fungsi khusus. Untuk mengubah dinding menjadi papan tulis, Anda perlu menggunakan cat khusus papan tulis saat mengecat dinding. Supaya hasilnya sempurna, Anda dapat menghiasinya memakai coretan tertentu atau menggunakannya sebagai papan pengingat untuk keluarga.

RAK BUKU

Selain gorden dan papan tulis, perabotan lain yang bisa dimanfaatkan sebagai partisi rumah yang unik yaitu rak buku. Khususnya bagi Anda yang punya hobi membaca buku, pasti Anda memiliki banyak sekali koleksi buku yang disimpan rapi di dalam sebuah rak khusus, kan? Penggunaan rak buku sebagai partisi sekaligus mampu menambah nilai estetika di ruangan tersebut. Cobalah pajang rak buku tanpa penutup sehingga sehingga buku-buku yang disimpan di dalam rak tersebut terlihat dengan jelas. Hal ini mampu menghasilkan sebuah pemandangan yang menarik.