Material untuk Membuat Desain Dapur Minimalis dan Karakteristiknya

Seperti kita ketahui, desain minimalis sangat tepat diterapkan di suatu ruangan bila penampilan ruangan tersebut lebih penting. Hal ini didukung oleh aturan dalam penataan setiap unsur desain minimalis yang dilakukan secara sederhana dengan hasil ruangan yang begitu rapi dan tak mudah berantakan. Selain itu keseimbangan antara fungsi dan suasana ruangan yang sangat diperhatikan membuat desain minimalis cocok diaplikasikan untuk Anda yang memiliki rumah mungil dan apartemen. Dapur di rumah Anda juga bisa dibuat dengan mengusung konsep ala desain minimalis ini loh.

Pada dasarnya, ada banyak unsur material yang dapat digunakan untuk menciptakan dekorasi minimalis. Misalnya beton dan kayu, di mana masing-masing material ini memiliki kekuatan desain tersendiri. Kayu yang berwarna cokelat bisa menciptakan kesan ruangan yang penuh kehangatan dan natural. Sementara itu material beton yang berwarna abu-abu mampu menciptakan kesan kokoh dan modern. Apabila Anda ingin menata dapur dengan gaya minimalis ini, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu unsur-unsur material apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam desain minimalis.

Setidaknya terdapat 4 macam material yang biasanya digunakan di dalam pembuatan desain dapur yang bergaya minimlis ini. Di antaranya seperti beton, kayu, logam, serta perpaduan beton dan kayu. Marilah kita mempelajari karakteristik dari masing-masing material tersebut yuk!

BETON

Material beton di dapur minimalis biasanya digunakan untuk membuat dinding ruangan. Tubuhnya yang kokoh sangat efektif digunakan untuk menghadirkan bentuk geometris di dalam ruang dapur. Selain itu, warna abu-abu, putih, maupun cokelat yang melekat pada material ini juga ampuh menciptakan suasana dapur yang sederhana tetapi elegan. Anda bisa menghadirkan dinding beton exposed yang dibiarkan apa adanya saja ataupun mewarnainya menggunakan warna-warni khas desain minimalis. Buatlah dinding di dapur minimalis tetap bersih tanpa hiasan yang berlebihan.

LOGAM

Keberadaan unsur logam di dapur minimalis juga sangat penting loh untuk menghadirkan suasana yang lebih modern dan berkelas. Material ini biasanya digunakan pada alat-alat makan atau memasak seperti sendok, garpu, pisau, wajan, panci, alat penggorengan, dan lain-lain. Supaya suasana di dapur tetap bisa terlihat alami, Anda bisa menambahkan unsur kayu dalam bentuk lantai dan kabinet di sini. Tampilannya juga dapat dibuat agar tetap menarik dan mewah dengan menjaga kebersihannya dan memastikan alat-alat ini tetap berkilau. Anda harus mencegahnya dari serangan karat yang bisa merusaknya.

KAYU

Selain beton atau logam, material kayu pun tak bisa dipisahkan dari pembuatan dapur minimalis. Fungsi dari penggunaan kayu ini adalah untuk menambah kehangatan suasana dapur. Sementara itu, jika Anda mendominasi ruangan dengan unsur kayu, maka ruangan ini pun akan terlihat begitu alami. Kayu adalah material yang sangat unik berkat fleksibilitas yang dimilikinya. Kenyataannya adalah Anda bisa membuat dekorasi apapun menggunakan material yang satu ini. Dari mulai dapur modern minimalis sampai dapur tradisional minimalis bisa diciptakan dengan memanfaatkan kayu secara tepat guna.

BETON DAN KAYU

Kombinasi antara beton dan kayu juga bisa Anda gunakan untuk menciptakan dapur yang dipenuhi oleh nuansa minimalis. Beton dan kayu merupakan kombinasi material yang sangat tepat. Beton ialah bahan yang dapat digunakan untuk menciptakan tampilan yang kuat dan kokoh. Sementara itu, kayu sanggup menghadirkan nuansa penuh kehangatan, natural, dan menyatu dengan lingkungan di sekitarnya. Nah, perpaduan antara kedua material ini benar-benar ampuh membuat dapur minimalis yang terlihat begitu modern dan kokoh, namun tidak kehilangan kenyamanannya. Anda bisa mencobanya sendiri.a