Tips Memilih Keramik Dinding yang Bagus untuk Rumah Tinggal

Kini pemakaian keramik dinding di Indonesia memang sangat digemari. Selain untuk keperluan estetika, pemasangan keramik ini juga ditujukan untuk melindungi struktur dinding itu sendiri. Namun banyaknya model keramik dinding yang tersedia di toko bangunan juga mungkin akan membingungkan Anda dalam memilih mana yang tepat. Oleh karena itu, Anda membutuhkan kiat-kiat khusus dalam memilih keramik dinding tersebut. Bukan cuma keramik yang menarik saja, melainkan Anda juga perlu memastikan kalau keramik tersebut dapat berfungsi dengan baik di dinding rumah tinggal.

Keramik yang dipasang untuk dinding ruang mempunyai karakteristik yang berbeda dari keramik lantai. Walaupun keramik lantai pun dapat dipasang di dinding, namun kami tidak menyarankannya. Mengapa? Karena sekarang sudah tersedia banyak sekali produk keramik khusus untuk dinding yang mempunyai penampilan yang sungguh menawan serta kekuatan yang tinggi. Sebaiknya kali ini Anda hanya berfokus pada produk-produk keramik dinding saja. Biasanya sih produk keramik dinding ini memiliki ketebalan yang lebih tipis daripada keramik lantai. Anda bisa memilih mana yang terbaik.

Dalam memilih keramik dinding, setidaknya Anda perlu memperhatikan desain rumah yang ingin dibuat, ukuran bidang rumah yang akan dipasangi keramik dinding, posisi area pemasangan keramik dinding ini, dan jumlah anggaran yang Anda miliki. Dengan menimbang faktor-faktor ini secara matang, maka Anda pun dapat memilih produk keramik dinding yang paling tepat untuk rumah Anda.

Apa Desain Rumah yang Ingin Anda Ciptakan?

Sama seperti memilih keramik lantai, pemilihan keramik untuk dinding ini juga perlu disesuaikan dengan desain rumah yang Anda usung. Pastikan warna serta corak keramik tersebut mampu membangun tema rumah dengan apik. Sebagai contoh, untuk hunian berdesain modern, Anda bisa memilih keramik polos dengan warna netral. Sementara itu untuk rumah klasik, pilihannya jatuh pada keramik bercorak mozaik. Lain lagi dengan rumah yang bergaya mewah, Anda bisa menghadirkan nuansa glamor ini menggunakan keramik yang terlihat menyerupai granit atau marmer. Pilihlah keramik ini dengan bijaksana.

Ukuran Dinding yang Akan Dipasangi Keramik

Pemasangan keramik dinding dilakukan bukan hanya sebatas untuk memperindah bangunan saja, tetapi juga sanggup menciptakan kesan tertentu. Salah satu yang mempengaruhinya adalah ukuran potongan keramik yang digunakan. Contohnya saja, untuk menghasilkan kesan luas di rumah sempit, pilih keramik berukuran besar seperti 25 x 45 cm, 20 x 60 cm, dan 30 x 60 cm. Sedangkan untuk membuat ruang luas menjadi terlihat menarik, gunakan keramik yang berbeda-beda ukurannya. Kombinasi antara motif dan warna pada permukaan keramik juga akan terlihat menarik dan menciptakan kesan dinamis.

Letak Posisi Area Pemasangan Dinding Keramik

Pemasangan keramik dinding bisa dilakukan di mana saja, baik pada dinding interior maupun eksterior. Perbedaan area dinding tersebut juga masih dapat dibagi lagi menjadi dinding basah atau kering. Faktor yang penting untuk diperhatikan, kalau dinding berada di eksterior yang rawan terhadap terik matahari dan air hujan, maka disarankan untuk memilih keramik berkualitas tinggi. Hal ini bermanfaat agar warna keramik tersebut tak cepat memudar. Sedangkan untuk kondisi dinding yang lembab, pastikan keramik yang Anda pakai tidak memiliki pori-pori sehingga kondisinya pun tidak mudah kotor atau rembes.

Jumlah Anggaran Renovasi yang Anda Miliki

Di pasaran, produk keramik dinding juga dapat dibedakan menurut tingkat kualitasnya loh. Di antaranya yaitu produk keramik KW1, KW2, dan KW3. Menggunakan keramik berkualitas pertama memang sangat direkomendasikan karena mampu bertahan lama. Tetapi bagi Anda yang mudah bosan dengan tampilan rumah, tak ada salahnya memakai keramik kelas kedua atau ketiga yang harganya lebih murah. Dengan penyesuaian yang tepat, Anda bisa mengoptimalkan pemakaian anggaran tersebut. Jangan sampai Anda tidak bisa memasang keramik dinding tersebut akibat anggarannya yang sudah terlanjur habis ya.