Tips Mengatur Pencahayaan di Rumah, Jangan Asal-asalan!

Karena cahaya merupakan salah satu unsur dekorasi, maka mengatur pencahayaan ruangan itu penting. Karena pencahayaan sanggup mempengaruhi pesona tampilan dekorasi secara signifikan. Pencahayaan yang tepat mampu memberikan nyawa pada suatu desain sehingga terlihat lebih menarik serta dinamis. Berdasarkan warnanya, pencahayaan bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu cahaya putih dan cahaya kuning. Pencahayaan putih digunakan jika Anda menginginkan suatu ruangan terlihat alami dan formal. Sedangkan pencahayaan kuning berfungsi untuk menciptakan kesan elegan dan mewah.

Pencahayaan juga dapat dibedakan menurut fungsinya yakni pencahayaan utama, pencahayaan khusus, dan pencahayaan aksen. Pencahayaan utama berfungsi untuk menerangi ruangan sehingga mesti Anda letakkan tepat di tengah-tengah ruangan. Sedangkan pencahayaan khusus berguna untuk menciptakan tampilan tertentu pada suatu ruangan. Dan untuk pencahayaan aksen, pencahayaan ini biasa diletakkan di sekitar objek dekoratif untuk menonjolkan keberadaan objek tersebut. Pencahayaan aksen berfungsi sebagai hiasan untuk membuat tampilan objek menjadi lebih menarik dan juga indah.

Apabila Anda ingin lebih bermain dengan pencahayaan, kami tim dari arafuru.com mempunyai sejumlah tips yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Anda mesti mengatur pencahayaan di setiap ruangan di dalam rumah. Anda bisa memulainya dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan lain-lain.

RUANG TAMU

Mulailah permainan di area ruang tamu untuk memperoleh penilaian hasil olahan Anda secara objektif. Karena sifatnya publik, Anda dapat menerapkan beraneka pencahayaan. Tujuannya untuk menciptakan ruangan yang sanggup membuat orang lain terpesona. Pasanglah satu pencahayaan utama setiap 20-25 meter persegi serta pencahayaan khusus tidak boleh lebih dari tiga buah. Sedangkan untuk pencahayaan aksen bisa ditampilkan apabila Anda mempunyai sebuah koleksi yang ingin dipamerkan. Misalnya kalau ada akuarium di ruang tamu, Anda bisa menambahkan pencahayaan aksen ini mengarah ke arahnya.

RUANG KELUARGA

Karakteristik utama dari ruang keluarga adalah akrab. Di sini seluruh anggota keluarga berkumpul untuk menghabiskan waktu bersama. Karena sifatnya sebagai tempat relaksasi, pencahayaan yang digunakan adalah pencahayaan yang mampu menciptakan kenyamanan. Kalau di salah satu dinding ruang keluarga terdapat sebuah taman, Anda bisa memakai pencahayaan aksen untuk memperkuat energi positif yang berasal darinya. Maksudnya yaitu jika ruang keluarga ini dibuat menyatu bersama dengan taman, maka Anda bisa memusatkan perhatian ke taman dengan mengaplikasikan pencahayaan aksen.

RUANG MAKAN

Ruang makan juga membutuhkan teknik pencahayaan secara khusus. Sebisa mungkin pencahayaan yang digunakan di ruangan ini adalah jenis cahaya yang mampu merangsang nafsu makan bagi para penghuni. Lebih baik menggunakan cahaya berwarna putih daripada kuning untuk ruangan ini. Sebab pencahayaan warna kuning justru akan membuat orang-orang merasa lebih cepat kenyang. Pasanglah pencahaayan di ruangan ini secara menyebar. Kemudian tambahkan cahaya khusus tepat di atas meja makan. Biasanya lampu gantung berbahan kristal banyak di pakai untuk ruangan yang satu ini.

KAMAR TIDUR

Kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat. Kita membutuhkan cahaya yang berwarna kekuning-kuningan untuk membuat suasana ruangan terasa lebih hangat dan nyaman di mata. Apabila Anda suka membaca buku sebelum tidur, cobalah memasang lampu baca di sandaran ataupun dinding atas tempat tidur. Dengan begini, Anda tidak mengganggu pasangan Anda yang sedang tidur di sebelahnya walaupun masih menyalakan lampu. Kamar tidur juga sebaiknya dilengkapi dengan lampu yang memiliki dimmer. Sehingga Anda pun dapat mengatur tingkat kecerahan cahaya pada lampu tersebut dengan mudah.

KAMAR TIDUR ANAK

Kamar tidur anak paling tepat kalau Anda melengkapinya dengan jenis lampu bercahaya lembut. Cahaya ini membuat anak tertidur nyenyak dan membantu Anda mengecek kondisinya tanpa harus menyalakan lampu utama. Ketika sore hari, anak-anak membutuhkan cahaya terang sebab dia banyak menghabiskan aktivitasnya di kamar. Anda harus menyediakan ruangan dengan cahaya yang memadai agar si buah hati bisa beraktivitas dengan nyaman di dalam ruang pribadinya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kesehatan matanya. Jangan sampai matanya sakit akibat cahaya yang terlalu redup.

KAMAR MANDI

Kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk mandi saja, tetapi juga tempat relaksasi. Perlu diingat bahwa kondisi ruangan ini selalu lembab sehingga memilih jenis lampu yang terlindungi bakalan memastikan keamanan di dalamnya. Sementara itu, menggunakan pencahayaan berwarna kuning yang bersifat hangat sanggup menghadirkan kamar mandi yang penuh dengan nuanasa kemewahan layaknya pada kamar mandi di dalam hotel. Anda dapat mencoba memasang beberapa lampu sekaligus. Padukan lampu tersebut dengan fitting yang bergaya unik sebagai hiasannya.

DAPUR

Apabila Anda sering memasak di rumah, maka sangat disarankan untuk menciptakan dapur yang benar-benar mempunyai suasana yang nyaman. Pertimbangkan untuk memakai lampu berwarna putih di sini. Jarak antara pemasangan lampu dengan lantai yang ideal adalah 2,5 meter. Memasang lampu vertikal di dinding yang pendek mampu membuatnya seolah lebih tinggi. Begitu pula kalau Anda memasang lampu berdiri dengan arah cahaya menuju ke atas bisa membuat langit-langit seolah lebih tinggi. Penambahan cermin di dapur mampu menggandakan jumlah cahaya di dalamnya sehingga membuatnya terasa lebih lapang