6 Langkah Mudah : Cara Membuat Desain Ruang Tamu Modern

Tahukah Anda, desain ruang tamu modern sanggup mempengaruhi nilai rumah Anda secara signifikan. Kenapa? Sebab desain ruangan modern saat ini tengah menjadi tren di masyarakat Indonesia. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri pada rumah tersebut. Segala sesuatu yang sedang trendy memang mengandung nilai yang lebih. Begitu pula dengan ruang tamu modern ini. Ruang tamu yang mengusung desain modern tersebut akan terlihat lebih menarik. Kami jamin para tamu yang berkunjung ke rumah Anda pasti akan terpesona melihat keindahan ruangan tersebut.

Tak hanya terlihat lebih menarik saja sebenarnya, konsep ruang tamu modern juga mampu menciptakan suasana rumah yang begitu damai, tenang, dan penuh dengan estetika. Ruangan tersebut akan nampak lebih bergaya kekinian dengan desain modern yang dimilikinya. Itu sebabnya, gaya ruang tamu modern ini cocok sekali diaplikasikan untuk rumah-rumah khas anak muda. Anda dapat mencoba merancangnya sendiri kalau berminat. Tenang saja karena prosesnya mudah sekali kok sebenarnya. Kiat-kiat di bawah ini bisa Anda jadikan pedoman untuk membuat ruang tamu modern.

Pakai Warna Cat Dinding Netral dan Bercahaya

Putih dan krem adalah contoh warna netral yang pas sekali diaplikasikan pada ruang tamu modern. Sifat desain modern juga mirip seperti minimalis, di mana kebersihan warna menjadi salah satu fokus utama  yang harus Anda perhatikan. Ingat cat dinding di ruangan modern tidak hanya sebagai pewarna saja, tapi juga berfungsi sebagai aksesoris ruangan. Warna tersebut berperan sebagai salah satu unsur penghias ruang tamu. Jadi usahakan Anda memilih warna palet yang netral sehingga gampang diserasikan dengan hiasan dinding bergaya modern yang lainnya.

Tingkatkan Eksistensi Lantai di Ruang Tamu

Ada banyak sekali pilihan jenis-jenis lantai yang cocok dipasang pada ruang tamu yang bergaya modern. Dari mulai lantai yang berjenis keramik, marmer, granit, parket, kayu, vinyl, laminasi, sampai beton juga cocok digunakan untuk ruangan ini. Dalam memilih lantai tersebut, kuncinya terletak di dalam pemilihan warna lantainya. Usahakan Anda memilih lantai yang berwarna netral serta mampu menambah nilai furnitur di atasnya. Di sisi yang lain, jikalau Anda berniat menutupi lantai ini memakai karpet, maka pilih karpet sederhana yang berwarna cerah. Di sini Anda harus menghindari karpet berbulu.

Gunakan Sofa dan Meja Berbentuk Geometris

Pilihan furnitur yang tepat digunakan untuk ruangan bergaya modern adalah geometris. Bentuk furnitur yang geometris memang terlihat lebih kaku, tapi di sisi lain furnitur tersebut nampak begitu tegas dan modern. Penambahan bantal beraneka warna yang ditata secara asimetri juga dapat mengurangi kesan kaku yang ditimbulkan oleh bentuk ini. Selain itu, pemilihan warna furnitur juga sebaiknya yang gelap untuk mengimbangi warna dinding yang terang sehingga furnitur bisa menjadi titik fokus ruang tamu. Namun bila Anda menginginkan hiasan dinding yang menjadi titik fokus ruangan ini serta membiarkan furnitur sebagai aksesorisnya, maka pilihlah furnitur yang berwarna netral dan cerah.

Menambahkan Karya Seni ke Ruang Tamu

Buatlah ruang tamu di rumah Anda nampak lebih bernyawa dengan keberadaan sebuah karya seni pada ruangan tersebut. Tentu saja, di sini Anda perlu memilih karya seni yang bergaya modern sebagai hiasan untuk ruang tamu modern. Perlu Anda ketahui, karya seni modern memiliki tampilan yang begitu unik. Mulai dari sebuah karya seni yang bergaya abstrak sampai berbentuk sederhana. Hiasi ruangan tersebut menggunakan karya seni yang dinamis sesuai dengan kepribadian Anda sekeluarga. Kerajinan tangan merupakan contoh pilihan hiasan yang tepat diaplikasikan ke dalam dekorasi modern ini.

Bermain Menggunakan Sistem Pencahayaan

Pencahayaan ruang modern terbentuk dari beberapa sisi yang meliputi lantai, dinding, dan langit-langit. Pada bagian lantai dan dinding ruangan, pencahayaan berfungsi untuk menperindah tampilan objek yang terletak di sekitarnya. Sedangkan untuk di langit-langit, pencahayaan berguna sebagai titik fokus. Di sini Anda bisa memainkan jenis-jenis lampu yang menghasilkan cahaya berwarna putih atau putih kebiru-biruan. Hindari memakai lampu berwarna kuning. Boleh-boleh saja memasang lampu gantung. Tetapi usahakan Anda memilih lampu yang bergaya modern atau minimalis ya.

Sempurnakan dengan Vas Bunga, Lilin, dan Buku

Meskipun Anda harus menjaga sisi keminimalisan pada ruang tamu modern, bukan berarti Anda tak bisa mempercantik tampilannya menggunakan berbagai aksesori dan perabotan. Keberadaan aksesoris tetap diperlukan untuk membuat ruang ini semakin terlihat cantik dan jelita. Bagaimana pun kesan kaku pada ruang tamu bergaya modern tersebut mesti dihilangkan menggunakan berbagai aksesori yang mampu mencairkan suasana ruangan dan menghidupkannya. Misalnya seperti vas bunga, lilin, dan koleksi buku yang mampu menyegarkan aroma di dalam ruangan ini.