8 Inspirasi : Menata Desain Ruang Makan Kecil Sederhana di Rumah

Bagaimanapun juga ruang makan termasuk salah satu ruangan yang memiliki fungsi yang begitu penting. Ruangan ini memang mempunyai kegunaan utama sebagai tempat untuk menikmati makanan. Tetapi di balik kebiasaan makan bersama dengan seluruh anggota keluarga, ruang makan juga mampu membuat perasaan yang nyaman di dalam rumah serta menciptakan sebuah keluarga yang harmonis. Oleh karena itu, Anda perlu menata ruangan ini sebaik-baiknya. Anda mesti menciptakan sebuah ruang makan yang memungkinkan semua orang merasa nyaman saat menikmati makanan di dalamnya.

Cara yang paling bagus untuk menata ruang makan adalah Anda dapat memulainya dengan mengenali kondisi di dalam ruangan ini terlebih dahulu. Perhatikan seluruh sudut ruangan tersebut dan bayangkan bagaimana Anda dapat mengubah tampilannya supaya terlihat lebih menarik. Boleh juga Anda mencatat di dalam secarik kertas apa-apa saja yang sebaiknya Anda tambahkan ke dalam ruangan ini. Dengan cara ini Anda akan terbantu saat mengatur dekorasi ruangan tersebut. Ingat, ruang makan tergolong sebagai ruangan publik. Jadi Anda harus memastikan semua orang menikmati ruangan tersebut.

Merancang dekorasi ruang makan supaya terasa nyaman bagi semua orang memang gampang-gampang susah. Anda harus mampu mengerti betul apa saja yang diharapkan oleh anggota keluarga Anda tentang sebuah ruang makan yang ideal. Beberapa inspirasi di bawah ini mungkin akan sedikit membantu Anda dalam menciptakan sebuah desain ruang makan yang sempurna untuk Anda sekeluarga.

Tentukan Konsep Ruangan yang Diusung

Pertama-tama pilihlah gaya interior yang ingin Anda tampilkan di ruang makan. Sebaiknya gaya dekorasi di ruangan ini nampak serasi dengan ruangan di sekitarnya. Sehingga desain interior di rumah Anda pun bisa menyatu di dalam sebuah harmonisasi yang indah, bukan malah saling bertumbukan satu sama lain. Kuncinya di sini adalah Anda harus tetap menjunjung tinggi konsep awal desain rumah yang telah dipilih sejak pertama kali membangunnya. Misalnya saja Anda ingin menciptakan rumah minimalis, maka gaya ruang makannya sebaiknya minimalis. Begitu pula kalau Anda ingin membuat rumah ala Eropa.

Pilihlah Meja Makan yang Paling Tepat

Meja adalah furniture utama yang membangun ruang makan. Dalam memilih meja, selain berdasarkan kesukaan Anda, pilihlah meja dengan memperhatikan ukuran dan bentuknya. Untuk ruang yang mungil, Anda bisa menempatkan meja makan berbentuk bundar di sini sehingga tersedia sisa ruang gerak yang cukup walaupun ruangan sedang digunakan sekalipun. Sebaliknya untuk ruangan yang luas, Anda bebas memilih meja makan berbentuk persegi, persegi panjang, elips, atau bundar. Penggunaan meja dengan bentuk yang tepat akan menciptakan suasana yang nyaman saat menikmati makanan di sini.

Aturlah Pencahayaan di Dalam Ruangan

Biasanya orang lebih suka menggunakan cahaya yang dramatis dan berpusat di atas meja makan supaya tercipta kesan visual yang sangat apik. Bentuk lampu juga perlu Anda perhatikan agar tercipta ruangan yang indah. Anda dapat memakai liontin, chandelier, maupun lampu gantung di sini. Sumber cahaya lain yang bisa Anda gunakan seperti lampu yang tersembunyi di langit-langit ruangan, menempel di dinding, atau lampu hias yang bentuknya unik. Ruang makan akan terlihat lebih indah melalui pencahayaan yang menarik. Meski demikian, cahaya yang dihasilkannya pun harus mampu mendukung aktivitas makan.

Ciptakan Titik Fokus yang Mengundang

Apakah Anda mempunyai sebuah perapian di ruang makan? Jika iya, Anda telah memiliki titik fokus yang menarik untuk dapat dipercantik lagi supaya tercipta sebuah ruangan yang unik dan menarik. Perapian merupakan focal-point yang paling tepat untuk ruang makan. Perapian ini mampu menciptakan suasana yang hangat di dalam ruangan. Namun bila Anda tidak memiliki perapian ini, Anda dapat membuat titik fokus dari furniture lain yang lebih menarik. Sebagai contoh, Anda bisa menempatkan sebuah karya seni atau lemari kaca dengan koleksi keramik di dalamnya. Cobalah bermain out of the box.

Tambah Furniture Lain yang Bermanfaat

Selain satu set furniture yang berisi meja makan dan kursi-kursi yang nyaman untuk diduduki, Anda juga bisa menambahkan beberapa furniture pendukung di sini. Salah satu furnitur yang berguna di ruangan ini adalah meja samping (credenza). Meja credenza ini dapat dimanfaatkan sebagai hiasan ruang makan sekaligus tempat untuk meletakkan piring dan makanan yang hendak disajikan. Dengan menggunakan meja samping ini, meja makan Anda akan terbebas dari kesan berantakan. Ketika Anda ingin mengambil makanan lagi pun maka Anda bisa menjangkaunya dengan lebih mudah.

Berikan Perhatian Pada Material Lantai

Jenis lantai untuk ruang makan biasanya menggunakan kayu, keramik, maupun marmer. Bahan-bahan ini sangat cocok untuk ruang makan sebab tak mudah kotor dan gampang dibersihkan jika ada makanan yang jatuh di atasnya. Kalau Anda ingin memasang karpet di bawah meja makan, pilihlah karpet yang bermotif ramai. Yang penting, jangan malas untuk mencuci karpet di meja makan ini. Meletakkan karpet memang dapat menambah daya tarik ruangan. Namun Anda mesti memilih karpet yang teksturnya tidak terlalu licin sehingga posisinya tidak mudah tergeser. Jadi Anda pun bisa duduk dengan nyaman.

Cat yang Dapat Meningkatkan Selera

Beberapa warna terbukti dapat meningkatkan nafsu makan Anda sekeluarga loh. Jadi warna-warani ini yang sebaiknya Anda pilih untuk diaplikasikan di dalam ruang makan. Adapun jenis warna yang sanggup meningkatkan selera makan Anda ini berada dalam kategori warna hangat yang meliputi warna merah, jingga, kuning, dan warna turunannya. Anda bisa menggunakan warna-warna tersebut sebagai dominasi warna untuk dinding ruang makan. Biar tampilan ruangannya lebih menarik, dinamis, dan tak monoton, Anda bisa memadukan warna-warna ini dengan warna netral seperti putih atau abu-abu.

Pajanglah Hiasan Dinding yang Menarik

Selain melalui penggunaan warna cat dinding yang tepat, Anda juga dapat membangun sebuah dekorasi ruang makan yang mengundang dan mampu meningkatkan nafsu makan dengan menambahkan sebuah hiasan dinding yang pas. Di sini kami merekomendasikan lukisan yang memiliki begitu menyegarkan. Hal ini akan menciptakan kesan ruang makan yang fresh setiap hari. Contohnya yaitu Anda dapat memajang lukisan bergambar buah-buahan yang segar atau ikan koi yang berenang di kolam. Percaya atau tidak, keberadaan lukisan ini mampu mengundang siapapun untuk segera ke ruang makan loh.