Tips Membuat Pintu Gerbang di Dalam Rumah yang Tepat

Memilih pintu gerbang yang akan dipakai untuk rumah tidak segampang memilih pintu utama. Beberapa faktor perlu diperhatikan dengan baik supaya Anda bisa memilih pintu gerbang yang paling tepat. Antara lain desain, kekuatan, ukuran, dan kesesuaian dengan eksterior. Kenapa harus demikian? Hal ini penting dilakukan mengingat gerbang bukan cuma pintu untuk manusia saja, melainkan juga bakal dilewati oleh mobil, sepeda motor, sepeda, serta kendaraan Anda lainnya setiap hari. Dengan memilih pintu gerbang yang pas, maka fungsinya pun menjadi benar-benar optimal.

Pintu gerbang memang menjadi salah satu elemen yang sangat penting untuk dekorasi eksterior rumah modern. Bukan cuma berguna sebagai jalur keluar masuk saja, tetapi pintu gerbang juga memiliki fungsi sebagai pelindung dan pendukung keindahan rumah. Penampilan pintu gerbang ini menjadi focat-point dari desain eksterior rumah Anda. Begitu pula dengan kekuatan strukturnya pun akan menentukan apa gerbang tadi sanggup melindungi rumah dengan baik atau tidak bersama dengan pagar. Oleh karena itu, Anda mesti memilih pintu gerbang tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dalam memilih pintu gerbang, memang ada beragam faktor yang perlu Anda perhatikan dengan baik ya. Anda tidak boleh cuma memperhatikan tampilannya saja, melainkan juga faktor yang lainnya. Berikut ini merupakan panduan untuk menentukan pintu gerbang yang paling tepat sesuai kebutuhan dan dekorasi dari rumah Anda, antara lain :

Mengukur Lebar dan Tinggi Kendaraan

Dalam membuat rancangan model gerbang yang tepat, selain mengukur lebar gerbang, Anda juga harus memperhatikan ukuran ketinggiannya. Pastikan ukuran lebar dan tinggi gebang yang diambil tak terlalu sama persis untuk menghindari risiko tabrakan yang mungkin bisa terjadi di sini. Anda perlu memberikan jarak sekitar 30-50 cm lebih besar supaya kendaraan Anda bisa keluar masuk melalui gerbang ini dengan aman. Kalau Anda ingin membuat gapura di atas pintu gerbang tersebut, Anda juga mesti menyesuaikan dengan tinggi kendaraan-kendaraan milik Anda.

Biarkan Terdapat Halaman yang Kosong

Pada saat Anda membangun gerbang, pastikan Anda memiliki halaman kosong di antara teras dan lokasi di mana gerbang itu dibuat. Fungsi area ini adalah sebagai pemberhentian mobil sementara saat hendak keluar rumah dan memungkinkan gerbang bisa dibuka dengan sempurna. Usahakan Anda tak membuat pintu gerbang ini terlalu mepet dengan teras ya. Dengan demikian keindahan eksterior rumah Anda pun akan tetap terjaga dengan sempurna. Namun bagaimana jika ukuran halaman yang dimiliki terlalu kecil? Anda bisa menyiasatinya dengan menghilangkan area kosong ini. Silakan majukan posisi garasi.

Pertimbangkan Memilih Pintu Otomatis

Menggunakan desain gerbang besi yang bekerja secara otomatis dengan bantuan remote control sangat diminati karena lebih praktis. Saat Anda hendak membuka pintu gerbang sementara posisi Anda sedang berada di dalam mobil, Anda tidak harus keluar atau meninggalkan mobil Anda. Cukup dengan menekan tombol di remote maka gerbang pun akan terbuka dengan sendirinya secara otomatis. Jadi Anda mesti mempertimbangkan pemakaian gerbang otomatis ini supaya hidup Anda menjadi lebih praktis dan tidak merepotkan orang lain yang sedang berada di dalam rumah.

Memilih Material Gerbang yang Kuat

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa gerbang merupakan salah satu elemen eksterior rumah yang paling sering digunakan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan gerbang ini mempunyai struktur yang sangat kuat. Kami rekomendasikan kepada Anda untuk memilih gerbang yang terbuat dari material besi atau baja. Material lain yang paling penting untuk diperhatikan adalah engsel. Keberadaan engsel sangat berpengaruh terhadap kualitas gerbang tersebut. Itu sebabnya, engsel yang dipilih seyogyanya sanggup menahan beban pintu gerbang tadi dengan maksimal. Material gerbang ini harus benar-benar kuat.

Gerbang Pintu atau Gerbang Geser?

Ada dua jenis gerbang yang bisa dibedakan menurut cara mengoperasikannya. Di antaranya yaitu pintu gerbang model pintu biasa dan gerbang geser. Gerbang pintu membutuhkan area ruangan di depan dan belakangnya sebagai tempat saat gerbang ini dibuka. Gerbang ini lebih populer dan diminati. Salah satu sebabnya karena biaya instalasi gerbang model pintu ini lebih murah daripada model geser. Sebaliknya, gerbang geser memerlukan area ruangan di sampingnya sebagai tempat saat pintu digeser. Gerbang ini cocok sekali diterapkan pada rumah sempit yang berada di wilayah pinggir jalan ataupun pegunungan.

Pastikan Dapat Dilewati dengan Aman

Apabila Anda lebih tertarik untuk memilih gerbang dengan model pintu biasa, maka sangat penting bagi Anda untuk memastikan gerbang bisa dibuka secara maksimal. Sehingga saat mobil melewatinya, maka badan mobil tidak akan menabrak sisi gerbang rumah tersebut. Anda tidak boleh menggunakan gerbang yang ukurannya pas-pasan ya. Jauh lebih baik menggunakan gerbang yang terlalu lebar daripada model gerbang yang pas dengan ukuran kendaraan-kendaraan Anda saat ini. Gunanya adalah mengantisipasi terjadinya tabrakan akibat Anda atau penghuni lain yang sedang teledor dalam berkemudi.