Inspiratif! Berikut 5 Desain Kamar Tidur Utama Sederhana Minimalis

Dalam satu dekade terakhir, desain rumah gaya minimalis menjadi sebuah fenomena tersendiri di dunia arsitektur rumah. Berbagai media informasi, baik media cetak ataupun elektronik, semuanya berlomba-lomba menyuguhkan tayangan atau ulasan tentang rumah dan ruangan bergaya minimalis. Sebenarnya apa gaya yang paling dominan dari jenis desain ini? Bagaimana pula cara membuatnya? Kesederhanaan dan kerapian dekorasi tak lain merupakan ciri-diri utama dan khas dari desain minimalis. Bisa kita lihat di bangunan bergaya minimalis di sekitar kita, penataannya begitu unik dan sedap dipandang mata.

Anda bisa menciptakan desain minimalis di mana saja. Bahkan Anda pun dapat membuatnya di ruangan kamar tidur. Apabila Anda menginginkan suasana kamar tidur yang nyaman dan terlihat modern, desain minimalis ini merupakan salah satu desain yang wajib Anda pertimbangkan. Selain itu, kesan selalu rapi pun bisa lebih terjaga karena ruangan minimalis umumnya lebih mudah untuk dibersihkan. Kamar tidur yang berdesain minimalis mampu menciptakan kesan ruangan di kamar yang lebih luas. Anda pun dapat menikmati waktu istirahat dengan lebih mudah manakala berada di dalam kamar tidur minimalis.

Bagaimana caranya membuat kamar tidur yang bergaya minimalis? Tidak terlalu susah kok untuk dapat menciptakan desain yang satu ini. Silakan Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini ya!

Untuk membuat kamar tidur dengan konsep minimalis, Anda bisa memulainya dengan menata elemen-elemen dasar di dalam ruangan ini. Apakah itu? Di antaranya ialah lantai, dinding, dan langit-langit. Anda mesti merencanakan ketiga bagian dari kamar tidur ini sebaik-baiknya. Gunakan perpaduan warna yang khas dari konsep minimalis yaitu kombinasi antara putih dan abu-abu sebagai dominasi warna ruangan. Anda dapat mengaplikasikan warna tadi ke seluruh sudut ruangan sebagai warna dasarnya. Penggunaan warna ini akan menciptakan kesan berupa kamar tidur yang modern dan sederhana, tetapi berkelas.

Supaya suasana kamar tidur menjadi tidak kaku dan lebih menyenangkan, Anda bisa tambahkan warna cerah sebagai aksennya. Contohnya seperti hijau, kuning, biru, pink, jingga, atau warna-warna lain yang berjenis cerah. Warna ini akan terlihat cantik ketika didampingkan bersama dengan warna putih, hitam, dan abu-abu. Goreskan cat warna aksen ini pada dinding di sekitar area tempat tidur. Warna aksen tadi cukup digunakan untuk focal point saja. Jangan menggunakannya terlalu banyak untuk kamar tidur. Hal ini dapat menyebabkan suasana di dalamnya menjadi kurang nyaman kalau sampai terlalu cerah.

Anda tidak harus menghadirkan warna aksen ini untuk warna dinding kamar tidur ya. Solusi lainnya yaitu Anda dapat menghadirkannya pada penggunaan aksesori ruangan seperti bantal, vas bunga, atau kusen jendela yang berwarna cerah. Pemakaian warna aksen pada aksesori ini tentunya jauh lebih aman serta mudah dilakukan ketimbang Anda mengaplikasikannya ke dalam dinding. Aksesori kamar tidur tadi pun dapat Anda ubah-ubah secara berkala sesuai kebutuhan. Hasilnya adalah penampilan kamar tidur Anda pun kini menjadi lebih dinamis. Anda tidak pernah bosan dengan suasana di dalamnya.

Penggunaan warna putih sebagai dominasi warna lantai minimalis merupakan wajib. Hal ini dikarenakan warna lantai yang putih juga termasuk unsur pembangun desain minimalis. Agar lantai bisa terlihat lebih berkelas, jangan sungkan untuk menambahkan hiasan berupa karpet beludru berwarna hijau atau abu-abu. Permainan pemilihan jenis lantai yang digunakan pun dapat mengangkat nilai dekorasi di dalamnya. Apabila Anda mau membuat kamar tidur minimalis yang mewah, gunakan saja lantai marmer atau lantai granit. Kedua jenis lantai ini benar-benar mampu mengangkat nilai ruangan secara signifikan.

Jangan terlalu kaku ketika Anda ingin menampilkan desain minimalis ini di kamar tidur utama. Anda bisa menambahkan sentuhan elegan di sana dengan tetap mempertahankan nilai-nilai minimalis. Salah satu caranya untuk menghadirkan kesan elegan di ruangan minimalis, Anda bisa memperbanyak penggunaan warna-warna alam ke dalam furnitur di ruang kamar. Gunakanlah warna alami seperti jenis warna coklat dan hijau untuk warna tempat tidur, meja rias, meja kerja, dan lemari. Jika Anda menginginkan ornamen di furniture yang Anda miliki, cukup gunakan ornamen berbentuk kotak-kotak yang sederhana ya.