5 Tips Memilih Pagar yang Paling Cocok untuk Rumah Anda

Sekarang di Indonesia ada begitu banyak model pagar rumah yang tersedia. Semuanya terlihat menarik sekali dan bersaing untuk memikat hati Anda. Beragam desain pagar dengan bentuk, fungsi, bahan baku, dan model yang berbeda-beda kini bisa Anda ciptakan sendiri di rumah. Jadi wajar sekali jika kemudian Anda pun mengalami kebingungan dalam menentukan pagar mana yang sesuai dengan desain eksterior rumah. Di satu sisi Anda ingin memakai pagar kayu. Namun di sisi lain pagar besi sepertinya lebih cocok untuk rumah Anda. Atau mungkin menggunakan pagar beton saja agar lebih aman?

Lantas, bagaimana sih caranya supaya kita bisa memperoleh pagar yang tepat untuk melengkapi desain eksterior rumah? Pada dasarnya, pagar rumah yang bagus tidak hanya pagar yang cuma terlihat indah saja, tetapi pagar tersebut mampu berfungsi sebagaimana mestinya. Artinya pagar ini mampu memberi perlindungan secara optimal terhadap rumah Anda. Sedangkan faktor-faktor lainnya merupakan bonus dari adanya pagar tersebut. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi karena kami akan memberikan 5 tips berguna di bawah ini. Silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat tersebut ya!

Kiat 1. Pilihlah Pagar Sesuai dengan Fungsi Utamanya

Pemilihan pagar semestinya didasarkan pada fungsi utamanya. Anda ingin menggunakan pagar tersebut untuk apa? Begitulah kira-kira pertanyaan dasarnya. Paling tidak ada 2 buah jawaban yang paling sering dikemukakan oleh seseorang sebagai alasan untuk membuat pagar yaitu sebagai pembatas rumah dan pagar sebagai pembatas area kolam. Pemilihan pagar untuk pembatas lingkungan rumah tinggal tentu saja berbeda dengan pagar sebagai pembatas wilayah kolam renang.

Pagar untuk Pembatas Rumah

Kalau Anda membangun pagar sebagai pembatas area rumah, maka ketinggian minimal pagar di bagian depan ialah 1 meter. Sedangkan ketinggian bagian samping dan belakangnya masing-masing 1,8 meter. Agar keamanan rumah lebih terjamin, pagar bagian samping dan belakang bisa dipasangi pecahan kaca pada bagian atasnya. Sebaiknya ketinggian pagar bagian depan bisa disesuaikan terlebih dahulu untuk mendapatkan jarak pandang yang tepat. Untuk bahan materialnya sendiri, Anda bisa menggunakan jenis bahan yang memiliki konstruksi yang kuat, pencahayaan yang bagus, dan ketinggian yang ideal.

Pagar untuk Pembatas Area Kolam Renang

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa peraturan standar dalam memilih pagar untuk kolam renang. Pada umumnya peraturan ini terkait dengan ketinggian minimal dan jarak minimal antara pagar dengan kolam renang. Adapun untuk ketinggian pagar minimal adalah 1,2 meter dan jarak minimal sejauh 1,2 meter dari pinggir kolam. Ukuran ini bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekitar kolam renang. Selain itu, untuk bahan material pagar yang bisa digunakan meliputi pagar jaring, batu bata, kayu, kaca, dan stainless steel. Sedangkan untuk pagar kawat tidak cocok digunakan di area ini.

Kiat 2. Memilih Pagar yang Tidak Menghalangi Area di Belakangnya

Saat memilih pagar rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan area di balik pagar untuk menciptakan suasana eksterior yang lapang dan tentunya lebih menarik. Hal ini berguna ketika Anda sedang bersantai di taman rumah, di mana Anda masih bisa menikmati pemandangan di sekitarnya tanpa terhalangi oleh keberadaan pagar tersebut. Jadi keberadaan pagar di sini sama sekali tidak merusak desain eksterior, tapi justru akan menyempurnakannya.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pagar supaya tidak menghalangi pandangan kita antara lain :

  • Pagar berbahan kaca merupakan pilihan terbaik. Bahan ini bahkan memungkinkan kita untuk membangun pagar dengan ukuran yang cukup tinggi. Untungnya saat ini sudah tersedia aneka pagar dari kaca yang sangat menarik. Tentu saja, Anda mesti memakai kaca tempered ataupun kaca laminated.
  • Pemilihan warna gelap pada pagar besi menciptakan kesan lanskap yang unik kalau kita melihat ke arah lingkungan di luar rumah. Untuk pilihan warna pagar yang menarik lainnya, Anda dapat menyesuaikannya dengan warna pintu utama.

Kiat 3. Perhatikan Faktor Keamanan dari Pagar Tersebut

Meningkatkan keamanan rumah merupakan fungsi utama dari pagar. Pengaturan tingkat keamanan bisa disesuaikan dengan mengatur ketinggian pagar yang digunakan. Semakin tinggi ukuran pagar tersebut, tentu kemampuannya dalam melindungi rumah pun semakin maksimal. Cuma jika ukuran pagar terlalu tinggi, keberadaannya malah akan mengganggu desain eksterior maupun Anda sekeluarga. Oleh karena itu, Anda mesti membangun pagar rumah dengan ukuran ketinggian yang tepat.

Masalahnya ialah ada beberapa rumah yang sulit untuk diperkirakan ketinggian pagarnya yang tepat sebab karakteristik yang dimilikinya, yaitu :

  • Rumah yang berada di daerah pantai
  • Rumah yang mempunyai kolam renang pribadi
  • Rumah yang memiliki pohon berada dekat dengan lokasi pembuatan pagar

Kiat 4. Memilih Pagar Berdasarkan Kemudahan Pemeliharaannya

Pagar yang terbuat dari batu bata, batako dan besi umumnya tidak memerlukan perawatan yang rutin. Pembersihan baru mesti Anda lakukan ketika ada debu putih yang menempel di permukaannya. Untuk tingkat kesulitan dalam membersihkannya sendiri biasanya dipengaruhi oleh kualitas cat pelapis yang Anda gunakan. Berbeda halnya dengan pagar yang terbuat dari bahan kaca atau stainless steel, di mana pagar-pagar ini memerlukan perawatan yang lebih intensif. Jadi pastikan Anda mempunyai waktu luang yang cukup banyak dan mengetahui teknik membersihkannya jika memilih pagar dari bahan-bahan ini.

Kiat 5. Memilih Pagar Sesuai dengan Anggaran Biaya yang Dimiliki

Jumlah anggaran biaya yang Anda miliki tentu juga harus menjadi salah satu bahan pertimbangan yang penting diperhatikan saat memilih pagar rumah. Kenyataannya memang setiap jenis pagar memerlukan anggaran biaya yang berbeda-beda. Ada pagar yang bisa Anda bangun dengan biaya yang sedikit. Tetapi tidak sedikit pula jenis pagar lainnya yang memerlukan biaya pembuatan yang lebih banyak. Anda harus bisa memperhitungkan biaya pembuatan pagar ini dengan teliti supaya tidak tekor di kemudian hari.

Adapun faktor-faktor yang berpengaruh besar terhadap jumlah anggaran biaya yang diperlukan untuk membangun pagar rumah, antara lain :

  • Anda memasang pagar sendiri atau meminta bantuan tukang bangunan.
  • Jenis material yang Anda gunakan untuk membangu pagar tersebut.
  • Tingkat kepopuleran desain pagar yang Anda usung sebagai konsepnya.
  • Kondisi iklim ekonomi yang berpengaruh langsung terhadap harga material.
  • Ukuran panjang dan tinggi pagar yang hendak dibangun di rumah tinggal.