Selain Keramik, Ini 8 Pilihan Material Lantai Kamar Mandi yang Bagus

Desain lantai kamar mandi akan terlihat bagus sekali manakala memiliki pola permukaan yang menarik, tahan air, serta aman dipijaki. Biasanya sih untuk ruang kamar mandi menggunakan lantai jenis keramik. Kelebihan menggunakan lantai keramik ini selain mudah dibersihkan, juga lebih tahan terhadap air serta aman ketika dipijaki. Selain itu, harga keramik di pasar juga cukup terjangkau dengan pilihan model yang banyak sekali. Bahkan saking banyaknya, Anda sampai bingung pada saat memilih keramik ini.

Keramik terbuat dari tanah liat dan serpihan porselen yang dibentuk sedemikian rupa, lalu dibakar pada suhu yang sangat tinggi sampai mengeras. Semakin tinggi suhu yang digunakan, semakin bagus kualitas keramik yang dihasilkan. Jika Anda memilih keramik warna putih atau krem sebagai lantai kamar mandi, kombinasikan lah dengan warna lain seperti biru untuk menciptakan suasana yang lebih elegan. Pastikan saat memasang keramik, Anda memberikan lapisan nat untuk mengisi sela-sela sambungan.

Akan tetapi, penampilan lantai keramik lama-kelamaan nampak membosankan. Meski sudah ada begitu banyak pilihan keramik yang variatif di toko bangunan namun tetap saja kesan yang bisa ditampilkannya tidak berbeda jauh antara satu dengan yang lain. Memilih material lantai dari jenis lain mungkin dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Untungnya sekarang telah ada banyak sekali jenis-jenis lantai yang tersedia di Indonesia. Bukan cuma keramik saja, tetapi ada pula pilihan material lantai lainnya.

Saat ini paling tidak terdapat sekitar 6 macam pilihan material lantai selain keramik yang bisa Anda pakai di kamar mandi. Untuk menentukan yang mana sebaiknya material lantai yang mesti dipilih, Anda harus mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Sebab setiap jenis lantai pada dasarnya mempunyai sifat dan karakteristik yang unik. Sifat-sifat inilah yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap desain kamar mandi secara keseluruhan. Anda wajib memilihnya dengan tepat sesua konsep yang ingin dibangun.

UBIN

Lantai ubin dikenal pula dengan sebutan lantai tegel atau lantai terakota. Ini merupakan jenis lantai yang paling awal muncul di Indonesia. Jenis lantai ini mempunyai warna khas, pola, dan tekstur yang sangat menarik. Lantai ubin paling cocok digunakan untuk membangun desain kamar mandi tradisional, etnik, natural, industrial, dan vintage. Kesan kuno namun tetap solid menjadi ciri khas dari lantai yang satu ini. Kelebihan ubin ialah harganya tak terlalu mahal, tahan air, mudah pemasangannya, mudah dibersihkan, dan tahan lama. Jika dirawat dengan baik, permukaan ubin akan terlihat mengkilap.

BETON

Bagi Anda yang menginginkan tampilan kamar mandi yang bergaya natural atau industrial bisa memakai lantai beton. Pada dasarnya, lantai beton tidak ubahnya seperti pelat lantai tanpa tulangan di dalamnya. Lantai ini terbuat dari adukan beton yang dihamparkan di atas permukaan tanah yang telah dibersihkan dan diratakan. Setelah lapisan beton mengering, lantai kemudian diberi finishing di bagian atasnya agar memiliki tampilan glossy atau doff. Lantai beton adalah lantai yang mudah dibuat, biaya pembuatannya cukup murah, gampang dirawat, dan tampilannya dapat disesuaikan dengan selera.

MARMER

Bila Anda mau menciptakan kamar mandi yang mewah dan elegan, cobalah menggunakan bahan lantai  dari batu marmer. Lantai marmer merupakan lantai yang sangat kuat, mempunyai tampilan yang begitu indah, dan daya  tahannya pun lama. Lantai ini aman dipijaki mesti dalam kondisi yang basah. Kelebihan lainnya adalah biaya perawatannya yang tergolong lebih rendah serta lebih gampang dibersihkan pula. Sayangnya lantai jenis ini berharga mahal dan terasa cukup dingin di kaki. Anda bisa memasang marmer di seluruh lantai ruangan atau memadukannya dengan jenis lantai yang lain.

GRANIT

Sama halnya seperti lantai marmer, granit merupakan salah satu jenis lantai yang sangat eksklusif. Lantai ini sanggup menciptakan kamar mandi bernuansa mewah dan glamor dengan cepat. Kamar mandi yang dihiasi lantai granit akan nampak begitu elegan dan menawan sekali. Hal ini tak terlepas dari kilauannya yang mampu memancarkan kesan kemewahan. Seketika ruangan kamar mandi di rumah Anda pun akan terlihat lebih dari kamar mandi pada umumnya. Kamar mandi tersebut akan nampak indah dan mewah. Tak bosan-bosannya Anda mengagumi keindahan kamar mandi ini.

BATU ALAM

Selain diaplikasikan pada dinding, beberapa jenis batu alam juga bisa Anda manfaatkan sebagai material pembentuk lantai. Lantai dari batu alam seketika akan menghasilkan desain kamar mandi yang begitu kental dengan nuansa alamnya. Kamar mandi berlantai batu alam akan terlihat sangat natural, seolah-olah sebuah kamar mandi yang berada di tengah-tengah lingkungan alam. Apalagi kalau Anda menaruh beberapa tumbuhan di dalamnya, kamar mandi tersebut benar-benar penuh dengan nuansa natural yang sangat menenangkan jiwa da raga. Anda pasti akan sangat menyukainya.

LINOLEUM

Jenis lantai yang satu ini terbuat dari bahan baku yang sudah diperbaharui dan lebih alami. Contohnya seperti minyak biji rami, tanah liat, kapur, dan bubuk kayu. Lantai linoleum sering juga disebut sebagai marmer jenis yang baru. Lantai ini cocok sekali digunakan di beberapa bagian interior rumah, termasuk kamar mandi. Lantai linoleum mampu mempercantik desain kamar mandi di rumah Anda sehingga akan kelihatan lebih menarik serta menawan. Keunggulan dari lantai linoleum yaitu lebih tahan lama, awet, dan mudah dibersihkan terutama jika dibandingkan dengan lantai vinyl.

MOSAIK

Lantai mosaik bisa dibuat dari jenis material lantai apapun. Bahkan ada pula variasi keramik yang dibuat dengan konsep mosaik. Lantai jenis ini sangat unik karena mempunyai penampilan yang nampak begitu nyata. Lantai mosaik cocok digunakan untuk membuat kamar mandi yang bergaya klasik. Lantai ini sarat akan nuansa elegan khas abad pertengahan. Lantai mosaik memang banyak digunakan di dalam desain bangunan kuno. Biasanya terdiri dari beberapa keping lantai dengan berbagai bentuk dan corak warna yang unik. Oleh sebab itu, harganya juga cukup mahal dikarenakan visual desain terlihat lebih menarik.

KAYU

Khusus untuk kamar mandi yang dibuat dengan konsep kering, Anda dapat memanfaatkan lantai kayu atau parket. Anda bisa membangun desain kamar mandi dengan mempergunakan kayu solid atau kayu buatan yang terbuat dari lapisan kayu terbaik yang diolah menggunakan teknologi tinggi sebagai lantai dasarnya. Selain akan menghasilkan suasana kamar mandi yang sangat terlihat lebih menarik, lantai ini pun memiliki permukaan yang hangat. Kesan alami, hangat, dan elegan langsung tercipta ketika Anda memakai lantai yang satu ini. Tapi ingat ya, lantai kayu sangat tidak tahan terhadap air.