Trik Menata Desain Ruang Keluarga Kecil Sederhana dan Terbuka

Beberapa teknik yang umum digunakan untuk membuat ruang keluarga yang ukuran kecil supaya terasa lebih luas ialah meminimalisir penggunaan furniture, menempatkan sofa yang berwarna biru, memasang beberapa rak dinding, meletakkan kursi dari kayu, dan menempatkan sebuah televisi. Hasilnya? Ruangan memang terasa lebih luas, tetapi kenyamanan yang dimiliki oleh ruang tersebut menjadi berkurang. Apa sebabnya? Sebab ruang keluarga memang sengaja dibuat lebih luas tanpa memperhatikan kenyamanan. Itu sebabnya, Anda tidak boleh asal-asalan dalam menata ruang keluarga seperti di atas.

Lantas bagaimana cara yang benar dalam menata ruang keluarga ukuran kecil? Tipsnya adalah membuat ruangan ini lebih terbuka serta memiliki suasana yang nyaman tanpa membuatnya sesak karena adanya perabotan rumah. Anda tetap bisa kok mempunyai ruang keluarga kecil yang terlihat lebih luas sekaligus terasa nyaman di saat yang bersamaan. Tentunya di sini Anda perlu menomorsatukan suasana di dalam ruang keluarga tersebut supaya benar-benar terasa nyaman untuk dihuni. Karena ini memang menjadi  tujuan utama kita dalam menata desain ruang keluarga. Anda tak boleh melupakannya.

Sebenarnya sih tak terlalu susah kok untuk mendapatkan ruangan yang terasa lebih luas sekaligus terasa begitu nyaman di waktu yang sama. Anda tinggal mengikuti kiat-kiat di bawah ini saja ya!

Hiasi Ruangan dengan Cat Dinding yang Berwarna Netral

Ruangan yang berukuran kecil akan terasa lebih luas manakala menggunakan warna netral untuk warna utama ruangannya. Hal ini dikarenakan warna netral ini sanggup menciptakan kesan alami sehingga bisa menghasilkan ruangan bayangan. Sebagai paduannya, Anda bisa memakai warna merah untuk menjaga harmonisasi ruangan untuk menciptakan perasaan yang lebih hangat. Kaca tipis berukuran panjang juga dapat digunakan di sini untuk membantu menghilangkan kesan tertutup akibat adanya dinding. Dengan solusi desain yang pertama ini, ruang keluarga Anda pun akan terlihat semakin lebih luas.

Jangan Berlebihan dalam Menggunakan Motif dan Corak

Tips utama dalam pemilihan motif dan corak dari benda hiasan untuk sebuah ruang keluarga yang punya ukuran kecil adalah jangan terlalu beranekaragam ya. Sebagai contoh, dalam menggunakan bantal hias, sebaiknya memiliki corak yang senada dengan gorden. Sementara itu, penempatan dominasi corak yang bagus dan kami sarankan yaitu dengan memasang wallpaper dinding di ruangan tersebut. Dengan motif wallpaper yang tepat, maka desain ruang keluarga menjadi lebih cantik tanpa membuatnya terlalu ramai Pilihan yang lainnya adalah bebaskan desain ruang keluarga Anda dari penggunaan corak dan motif.

Pertegas Fungsi Utama dari Ruang Keluarga Tersebut Ya!

Di rumah yang mempunyai pintu utama dengan posisi yang sejajar dengan ruang keluarga, maka sangat penting untuk mempertegas batasan-batasan ruang keluarga. Sehingga dengan cara ini, ruang keluarga pun tidak terasa seperti ruang tamu. Anda harus mempertegas keberadaan dari ruang keluarga tersebut yakni digunakan untuk berkumpul dan bersama bagi Anda dan keluarga tercinta. Adapun salah satu trik yang bisa dipakai adalah dengan meletakkan kursi sofa sebagai partisi antara ruang keluarga serta ruang tamu. Sebaiknya Anda membuat pembatas yang tegas antara kedua ruangan tersebut.

Tambahkan Furniture Built-in untuk Suasana yang Tepat

Menambahkan beberapa furniture built-in dapat membuat ruangan tampak berbeda dan lebih unik loh. Sebagai contoh, Anda bisa menempatkan tempat penyimpanan yang didesain oleh tangan Anda sendiri. Sehingga ukuran tinggi dan lebarnya dapat disesuaikan dengan ukuran ruang keluarga yang Anda miliki. Jadi ketika Anda masuk di dalamnya, ruang keluarga bakal nampak rapi dengan tambahan hiasan-hiasan yang unik. Anda bisa mencoba berinvestasi dengan perabotan-perabotan built-in ini. Sebab furniture ini memang cocok sekali digunakan untuk ruangan yang berukuran kecil.

Sesuaikan Ukuran Furniture yang Digunakan di Ruangan

Itulah beberapa poin penting yang bisa Anda gunakan dalam mendesain ruang keluarga. Faktor lain yang perlu diingat di sini adalah sebagus apapun desain yang Anda miliki, maka faktor kenyamanan ruangan merupakan nomor satu yang harus dipenuhi dengan baik. Soal ukuran besar kecilnya ruangan tersebut sama sekali tidak mempengaruhi berapa besar kenyamanan yang tercipta. Cukup menyesuaikan antara ukuran ruangan, ukuran furniture, dan ukuran ruang gerak yang harus dimiliki. Maka ruang keluarga ini pun dapat berfungsi dengan baik sekaligus mempunyai suasana yang terasa nyaman.