10 Tips Mendesain Rumah dengan Biaya Murah dan Sedikit

Salah satu masalah klasik yang sering kali dialami seseorang saat ingin mendesain rumah tinggalnya ialah kurangnya jumlah anggaran biaya yang dimiliki. Anggaran yang kurang memadai ini tentu akan menjadi faktor penghambat utama pekerjaan kita. Contohnya saja Anda ingin memasang gorden di ruang tamu, tapi apa daya anggaran yang tersedia tidak memungkinkan Anda untuk membeli gorden yang baru. Pada akhirnya, Anda pun melanjutkan pekerjaan mendasin interior ini secara asal-asalan saja. Sehingga dapat ditebak kalau hasilnya pun pasti tak akan memuaskan seperti ekspektasi Anda.

Tetapi Anda tidak usah pesimis terlebih dahulu. Kenyataannya ialah proses mendesain rumah tetap bisa dilakukan dengan baik kendati biayanya minim. Caranya yaitu Anda mesti melakukan perencanaan yang matang sebelumnya. Tahap perencanan ini memungkinkan Anda untuk dapat menyiapkan terlebih dulu apa-apa yang Anda butuhkan serta mengetahui besarnya anggaran yang dibutuhkan. Sehingga nantinya Anda bisa menyesuaikan ulang ruangan dan memanfaatkan bahan-bahan alternatif yang harganya lebih murah. Sehingga jumlah anggaran biayanya pun menjadi terkontrol dengan baik.

Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan trik-trik di bawah ini untuk menekan jumlah anggaran biaya yang dibutuhkan dalam mendesain ulang rumah Anda.

Manfaatkan Pencahayaan dengan Lampu

Trik dekorasi simpel dan tidak membutuhkan banyak biaya yang pertama ialah mengubah pencahayaan di dalam ruangan untuk menciptakan suasana yang baru. Misalnya trik yang paling mudah nih, Anda bisa mencoba mengganti ukuran lampu dengan watt yang lebih kecil untuk membangun ruangan yang lebih elegan dan penuh dengan suasana romantis. Atau Anda juga dapat menggantinya dengan tenaga lampu yang lebih besar supaya timbul kesan lapang dan ruangan yang lebih luas. Selain itu, Anda juga bisa coba mengganti warna cahaya yang dihasilkan oleh lampu dari putih ke kuning, atau sebaliknya.

Kreasikan Kain-kain Perca yang Menarik

Enaknya punya keterampilan menjahit adalah kita mampu menciptakan suatu karya seni menggunakan barang-barang yang tak terpakai. Misalnya Anda bisa memanfaatkan kain perca untuk membuat hiasan ruangan yang menarik seperti boneka, patung, karangan bunga, atau gorden. Kain-kain sisa ini juga bisa dipakai untuk mempermanis bantal, gorden dan material jahit lainnya. Selain itu, harganya yang lebih murah membuat Anda bisa mendapatkan banyak motif kain yang sesuai. Tak ada kata terlambat untuk mencoba belajar menjahit menggunakan kain perca ini kok.

Hiasi Rumah dengan Tumbuh-tumbuhan

Menghadirkan tumbuh-tumbuhan di setiap ruangan membuat Anda merasa lebih hidup saat berada di dalam rumah. Keindahan tanaman indoor berdaun cantik biasanya bisa lebih lama dinikmati daripada tanaman berbunga. Berkat daya tarik yang dimilikinya, tanaman ini juga akan menjadi fokus ruangan yang sangat manis. Cobalah menanam pohon palem atau rerumputan di dalam vas berukuran besar. Meski terlihat sederhana, tetapi cara ini juga mampu menghadirkan kesan modern di dalam rumah. Khusus untuk area dapur, Anda bisa menanam aneka tumbuhan di dalam kotak yang diletakkan di dekat jendela.

Jaga Kebersihan Lantai Interior Rumah

Sama halnya dengan dinding, lantai pun perlu mendapatkan sentuhan agar tampilannya kian menawan. Untuk lantai kayu, Anda bisa mengamplasnya dan mengecat ulang. Sementara untuk lantai dari keramik, Anda bisa menambahkan karpet yang serasi. Penambahan karpet inilah yang paling direkomendasikan karena dapat memperbarui suasana interior dengan biaya yang cukup murah. Hal ini juga didukung oleh motif karpet yang tersedia di pasaran saat ini sangat banyak sehingga memudahkan kita dalam memilih gaya, warna, dan bentuk karpet yang pas sesuai tema ruangan. Dengan merubah penampilan lantai menjadi lebih bagus, maka suasana dinding pun ikut terlihat bagus juga.

Siapkan Tempat Penyimpanan Memadai

Tinggal di ruang mungil menuntut Anda membuat tempat penyimpanan barang secara vertikal. Anda tak perlu khawatir akan hal ini sebab faktanya tempat penyimpanan vertikal justru terlihat lebih menarik dan unik. Cobalah Anda menggunakan rak buku yang tinggi untuk menciptakan kesan ruangan dramatis. Bisa juga dengan memanfaatkan area di bawah tempat tidur sebagai tempat menyimpan benda-benda yang sering membuat ruangan berantakan. Anda harus menyediakan tempat penyimpanan sebanyak-banyaknya agar lebih mudah dalam menjaga kebersihan dan kerapian interior.

Maksimalkan Pemakaian Karpet Lantai

Menambahkan karpet merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk mendesain interior rumah. Karpet dengan efektif mampu membuat desain ruangan terlihat lebih bergaya dan menarik. Anda tidak perlu memakai terlalu banyak karpet karena justru akan menyebabkan suasana ruangan terlalu ramai dan membingungkan. Satu karpet saja sudah lebih dari cukup untuk digunakan pada suatu ruang meski ukurannya cukup besar. Cobalah bermain dengan pola, gaya, serta tekstur yang berbeda dari karpet ini. Semakin unik karpet tersebut, maka pesonanya akan semakin kuat.

Terapkan Ilmu Dekorasi Secara Nyata

Ada beberapa teknik sederhana di dalam ilmu desain yang bisa Anda gunakan untuk mengubah suasana suatu ruangan dengan mudah. Sebagai contoh, Anda dapat mengecat dinding memakai pola garis-garis vertikal atau horizontal untuk menciptakan kesan ruangan yang luas. Bisa juga dengan menambahkan bentuk-bentuk tegas ke dalam ruangan, seperti persegi panjang, persegi, bingkai foto sederhana dan memasang gambar favorit. Melalui cara ini, Anda bisa menghasilkan kesan dimensi yang tebal pada area dinding. Silakan Anda praktekkan kiat-kiat yang pernah share sebelumnya.

Pilih Furniture yang Berkualitas Tinggi

Membeli sofa dan meja dapur yang berkualitas tinggi pada dasarnya bisa menghemat uang Anda secara signifikan. Walaupun Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk membelinya, namun kenyataannya furniture tersebut berharga murah loh. Mengapa? Sebab Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama sekali. Kalau tidak percaya, silakan Anda hitung durasi masa pakai furniture tersebut dibagi dengan harga belinya. Kemudian coba bandingkan dengan furniture yang murahan dan harganya pun murah. Pasti jatuhnya furniture pertama yang ternyata memiliki harga lebih murah.

 Perbaharui Tampilan Perabotan Anda

Cobalah memperbaiki furnitur milik Anda yang sudah terlihat usang biar terlihat menari. Anda tak perlu menggantinya kok karena pasti akan memakan banyak biaya. Cukup Anda perbaiki atau perbaharui saja penampilan furniture tersebut. Contohnya untuk furniture berbahan kulit Anda dapat memberikannya minyak zaitun supaya permukaannya nampak lebih mengkilap. Sementara untuk kursi jok, Anda dapat mengecatnya serta menambahkan kain-kain perca. Berbeda lagi untuk furnitur yang terbuat dari kayu, pastikan Anda mengamplasnya terlebih dahulu lalu mengecat ulang dengan warna baru.

Cari Inspirasi Sebanyaknya-banyaknya

Ada banyak sekali penawaran furnitur murah dan jasa desain rumah yang tersebar di internet. Bahkan di website www.arafuru.com ini, Anda pun dapat menemukan kiat-kiat mendekorasi rumah secara komplit loh. Kalau orang lain berlomba-lomba untuk mendapatkannya, mengapa Anda tidak? Silakan Anda baca baik-baik beberapa artikel yang sudah pernah kami bagikan sebelumnya. Kemudian Anda bisa mencoba kiat-kiat tersebut dan mengaplikasikannya pada rumah Anda. Tidak ada salahnya Anda membuat desain yang sesuai dengan gambar inspirasi rumah di website kami.