Inilah Rumah Bolon dari Suku Batak, Keunikan dan Bagian-bagiannya

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi pedoman hidup Bangsa Indonesia bukan sekadar tulisan belaka. Faktanya memang negara ini terdiri atas beragam suku bangsa yang masing-masing mempunyai kebudayaan yang unik sekali. Salah satunya terdapat pada rumah adat yang dimilikinya. Yap, setiap suku bangsa di Indonesia memang mempunyai rumah adat. Bahkan suku jawa dan suku sunda yang notabene berjarak sangat dekat pun mempunyai rumah adat khasnya masing-masing.

Tidak terkecuali dengan daerah-daerah di Pulau Sumatera, di mana terdapat banyak sekali suku bangsa yang tinggal di pulau yang satu ini. Yang paling terkenal salah satunya yaitu suku batak yang berasal dari Sumatera Utara. Perlu Anda ketahui, suku batak ini mempunyai rumah khas yang bernama rumah bolon. Dari namanya saja sudah unik sekali kan? Rumah bolon merupakan rumah adat dari suku batak yang ada di Indonesia. Rumah ini menjadi simbol dari identitas masyarakat batak yang tinggal di Sumatera Utara.

Fungsi dan Kegunaan Rumah Adat Bolon

Perlu Anda ketahui, rumah bolon adalah rumah yang istimewa bagi masyarakat batak. Ini merupakan rumah adat yang sungguh spesial karena hanya  orang-orang tertentu saja yang boleh menempatinya. Jadi tidak semua orang dapat menempati rumah ini ya. Perlu Anda ketahui nih, rumah bolon ini cuma dikhususkan sebagai tempat tinggal bagi para raja. Hanya raja dari suku batak saja yang bisa merasakan tinggal di dalam rumah bolon yang sangat istimewa ini.

Setidaknya terdapat 13 raja di Sumatera Utara yang pernah tinggal di rumah bolon, antara lain :

  1. Raja Ranjinman
  2. Raja Nagaraja
  3. Raja Batiran
  4. Raja Bakkaraja
  5. Raja Baringin
  6. Raja Bonabatu
  7. Raja Rajaulan
  8. Raja Atian
  9. Raja Hormabulan
  10. Raja Raondop
  11. Raja Rahalim
  12. Raja Karel Tanjung
  13. Raja Mogam

Macam-macam Rumah Bolon

Sementara itu, rumah bolon sendiri dapat dibedakan menjadi 6 jenis berdasarkan asal usulnya, yaitu :

  1. Rumah Bolon Toba adalah rumah ada batak toba
  2. Rumah Bolon Simalungun adalah rumah ada batak simalungun
  3. Rumah Bolon Karo adalah rumah ada batak karo
  4. Rumah Bolon Mandailing adalah rumah ada batak mandailing
  5. Rumah Bolon Pakpak adalah rumah ada batak pakpak
  6. Rumah Bolon Angkola adalah rumah ada batak angkola

Keunikan Rumah Adat Bolon

Rumah bolon merupakan rumah adat yang begitu unik. Rumah ini mempunyaii ciri khas yang berbeda dari rumah-rumah adat yang lainnya di Indonesia. Kami catat paling tidak ada 8 keunikan yang dimiliki oleh rumah bolon yang meliputi :

  1. Rumah bolon merupakan rumah adat berbentuk persegi empat yang ditopang oleh tiang-tiang penyangga di setiap sudutnya.
  2. Model rumah bolon memiliki bentuk layaknya rumah panggung dengan tinggi sekitar 1,75 meter dari tanah.
  3. Lantai rumah bolon terbuat dari papan kayu, sedangkan bagian atapnya sendiri terbuat dari ijuk atau daun rumbia.
  4. Rumah bolon dilengkapi sebuah tangga sebagai jalan masuk menuju pintu utama yang terletak di tengah badan rumah.
  5. Bagian dalam rumah bolon merupakan ruang kosong yang luas, tanpa kamar, ukurannya besar, dan konsepnya terbuka.
  6. Atap rumah bolon berbentuk melengkung pada bagian depan dan belakang yang sekilas nampak seperti pelana kuda.
  7. Pembuatan rumah bolon sama sekali tidak menggunakan paku. Sebagai pengikatnya, digunakan tali yang diikatkan ke rangka.
  8. Rumah bolon dihiasi dengan ornamen ukiran dengan gambar yang mengandung makna sesuai kehidupan masyarakat batak.

Bagian-bagian Rumah Bolon dan Fungsinya

Tahukah Anda, bagian interior rumah bolon berupa ruangan kosong yang luas dan besar dan tak terbagi-bagi menjadi beberapa kamar. Tetapi bukan berarti tidak ada pembagian ruangan di dalam rumah bolon ini ya. Sebab kenyataannya rumah bolon sendiri terbagi menjadi 3 ruangan yang disebut jabu bona, jabu soding, jabu suhat, tampar piring, dan jabu tongatonga ni jabu bona. Setiap bagian dari rumah bolon ini  memiliki fungsi dan peruntukkanya tersendiri.

  • Jabu bona adalah ruang belakang yang terletak di sudut sebelah kanan. Ruang ini diperuntukkan secara khusus untuk keluarga kepala rumah.
  • Jabu soding adalah ruangan yang berada di sudut sebelah kiri. Ruangan ini berhadapan langsung dengan jabu bona. Jabu soding dikhususkan bagi anak perempuan pemilik rumah, tempat para istri tamu yang datang, dan tempat menyelenggarakan upacara adat .
  • Jabu suhat adalah ruangan yang terletak di sudut kiri depan. Fungsinya sebagai ruangan untuk anak laki-laki tertua yang sudah menikah.
  • Tampar piring adalah ruangan yang berada persis di sebelah jabu suhat. Kegunaan ruang tampar piring ini yakni sebagai ruangan khusus untuk para tamu.
  • Jabu tongatonga ni jabu bona adalah ruangan utama yang terdapat di dalam rumah bolon. Ini merupakan ruangan yang dikhususkan bagi keluarga besar.