9 Inspirasi Dekorasi Dapur Minimalis yang Lebih Cantik dari Sebelumnya!

Desain dapur minimalis memang mempunyai pesona yang sangat menarik. Walaupun dapur ini nampak begitu sederhana, namun penampilannya sungguh memikat hati. Pada dasarnya, desain dapur minimalis dibuat dengan memanfaatkan elemen-elemen desain secara optimal sehingga semuanya mempunyai manfaat dan keindahan. Dengan syarat tersebut, semua benda di dalam ruangan minimalis ini tak hanya dapat diambil manfaatnya saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai aksen penghias.

Seiring dengan meningkatnya popularitas desain minimalis, konsep dapur dengan desain minimalis juga semakin disukai masyarakat. Mungkin Anda juga termasuk salah satunya yang ingin membuat dapur ini di rumah? Sebenarnya tak terlalu sulit kok untuk menciptakan sebuah dapur yang bergaya minimalis itu. Prosesnya kurang lebih sama saja dengan mendesain ruangan-ruangan lainnya yang mengusung konsep serupa. Jika mau, inspirasi dari kami akan membantu Anda mendesain dapur minimalis yang cantik.

Di bawah ini ada beberapa ide sederhana dan inovatif yang bisa Anda pakai untuk membuat desain dapur yang bergaya minimalis. Anda bisa menerapkannya sesuai dengan keinginan.

  • Konsep ruang dapur ala Mediterania cocok untuk menciptakan suasana dapur yang nyaman dan penuh dengan kekeluargaan.
  • Tampilan dapur yang berwarna putih cocok untuk untuk konsep dapur minimalis dan sederhana. Anda bisa bebas bermain desain di sini.
  • Untuk dapur bernuansa putih dan coklat, manfaatkan furnitur seperti kursi rotan dan lantai kayu sebagai aksen ruangan.
  • Dapur yang elegan bisa didapatkan dari paduan warna hitam dan putih pada dinding, cokelat muda untuk kursi kayu, dan meja yang tebal.
  • Biasanya dapur dilengkapi dengan tempat mencuci piring. Apabila ada meja juga di sini, Anda bisa meletakkan tempat lilin di atap meja untuk mendapatkan kesan yang mewah.
  • Desain tradisional dipilih untuk mendapatkan suasana yang elegan dan kesan natural di dalam dapur yang bergaya minimalis.
  • Untuk menciptakan dapur minimalis yang elegan dan sederhana, Anda bisa memadukan furnitur meja berwarna hitam dengan kursi berwarna putih.
  • Ukuran dapur yang kecil akan terlihat cantik apabila ditambahkan dengan meja dan kursi yang terbuat dari bahan kayu.
  • Meja berbentuk huruf L dapat diletakkan di area dapur untuk memberikan ruang gerak yang cukup di dalamnya.
  • Ruang dapur yang sering digunakan untuk memasak bisa ditambahkan jendela berukuran besar sehingga ruangan tetap terasa sejuk.

Anda mungkin tertarik membikin dapur yang memiliki desain minimalis? Biasanya sih dapur minimalis ini dipenuhi oleh berbagai perabotan yang terbuat dari bahan marmer atau kayu. Selain digunakan sebagai alat bantu memasak, semua perabotan ini juga mampu menciptakan suasana yang penuh kemewahan dengan cara yang sederhana.  Dengan mengadopsi desain minimalis yang bergaya ini dapur di rumah Anda juga bisa menjadi tempat bercengkrama yang menyenangkan antar-anggota keluarga.

Untuk menciptakan dekorasi yang lebih cantik dan unik pada dapur minimalis, Anda dapat mengubah lokasi dapur. Seperti kita tahu, biasanya dapur dibuat di bagian paling belakang rumah. Namun kali ini Anda dapat mengubahnya ke lokasi yang lain. Misalnya nih Anda bisa mencoba menempatkan dapur tersebut pada bagian tengah rumah. Dengan trik sederhana ini, Anda telah berhasil membuat kesan rumah yang seperti terpotong dengan dapur di tengah-tengahnya, namun tetap kelihatan menarik.

Biar lebih harmonis nih, suasana dapur bisa Anda sesuaikan dengan desain ruangan di sekitarnya. Trik ini cocok sekali diaplikasikan khususnya untuk dapur yang dibuat dengan konsep terbuka. Karena dapur ini terbuka, maka suasana di dalamnya pun langsung bersentuhan dengan seluruh ruangan yang menyatu dengannya. Di sinilah pentingnya Anda untuk tetap menjaga harmonisasi desain. Walaupun ruangan-ruangan ini pada hakikatnya memiliki fungsi yang berbeda, tetapi Anda harus membuatnya menyatu.

Dapur minimalis akan terlihat semakin menarik apabila Anda menambahkan aksesoris dan hiasan yang cantik ke dalamnya. Tak usah bingung mau menggunakan elemen desain yang seperti apa. Sebab Anda cukup memanfaatkan barang-barang elektronik yang desainnya menarik sebagai penghias dari ruangan ini. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan sebuah oven, microwave, mesin pencuci piring, pengatur suhu ruangan, kompor listrik, mesin pemanggang roti, dan lain sebagainya.

Selain peralatan dapur, Anda juga sebaiknya memilih pintu dapur dan lemari kabinet yang sesuai dengan konsep desain minimalis. Jelas ornamen yang rumit sangat tidak dibutuhkan di sini. Anda bisa memakai perabotan yang sederhana, tetapi nampak berkelas, mewah, dan menarik. Misalnya pintu dengan daun yang unik sehingga memerlukan cara tertentu untuk membuka dan menutupnya. Atau bisa juga kabinet yang dilengkapi pegangan khusus dari elemen chrome untuk menciptakan kesan futuristik.

Untuk pencahayaan pada ruangan dapur, kebanyakan orang menggunakan lampu dengan sinar yang mengarah ke bawah. Tujuannya untuk memperjelas objek di bawahnya seperti kompor, tatakan meja, atau bumbu dapur. Nah agar dapur tampil lebih menarik lagi, Anda bisa mencoba memfokuskan cahaya ke salah satu sudut ruangan yang menurut Anda paling menarik dan pentik. Cahaya tersebut nantinya bisa Anda pantukan memakai kabinet yang mengkiilap sehingga ruangan menjadi tampak berbeda.

Biasanya sih dapur modern itu terbagi menjadi dua ruangan yakni dapur kotor dan dapur bersih. Dapur kotor berada di bagian dalam. Fungsinya sebagai tempat memasak dan mencuci piring. Sedangkan untuk dapur bersih (pantri) tampil lebih menonjol di luar ruangan. Pantri ini berfungsi sebagai ruang makan, tempat menyajikan makanan, ataupun mengolah masakan yang sederhana. Oleh sebab itu, ruang pantri wajib dilengkapi dengan sebuah meja makan untuk mendukung fungsi utamanya.

Anda bebas menentukan desain dapur di rumah sesuai keinginan dengan selera pribadi dan budget yang dimiliki. Namun satu hal yang perlu digarisbawahi adalah jagalah ruang dapur tersebut agar senantiasa tetap bersih sehingga Anda sekeluarga akan merasa nyaman saat beraktivitas di dalamnya. Bagaimana pun desain dapur yang indah tidak ada artinya kalau suasana di dalamnya kotor dan berantakan. Anda wajib menjaga kebersihan dapur tersebut setiap saat.

Kadang-kadang dapur juga sengaja digunakan sebagai ruang makan khusus untuk keluarga. Dapur ini didesain sedermikian rupa supaya menyatu bersama ruang makan. Jadi Anda bisa menikmati makanan yang baru saja dimasak di dapur. Membuat dapur dengan konsep seperti ini lebih kami rekomendasikan karena Anda bisa memanfaatkan ruangan dengan maksimal. Di sini Anda dapat menggunakan meja makan yang berbagai bentuk mulai dari yang berbentuk bundar, kotak, atau persegi panjang.