Inspirasi : Membuat Desain Rumah Amerika dengan Mudah

Desain rumah ala Amerika memadukan antara seni mendesain kuno dengan desain yang lebih modern. Desain ini cocok sekali dipilih oleh Anda yang menginginkan suasana rumah yang terasa tenang, damai, tenteram, dan jauh dari hiruk-pikuk dunia luar yang begitu bising. Di samping itu, pembuatan desain rumah khas Amerika juga akan memberikan nuansa unik tersendiri. Dalam pembangunannya, Anda juga perlu menyesuaikan diri dengan kebutuhan barang-barang yang boleh dan tidak boleh ada di rumah.

Konsep desain rumah Amerika pada dasarnya adalah menciptakan kenyamanan di rumah sesuai seni warisan Negara Amerika. Unsur pembangun desain khasnya sendiri bisa berupa kain bermotif simple, furnitur sederhana, dan ornamen-orname yang berbentuk yang pas. Perpaduan semua elemen desain ini mampu melahirkan suasana yang begitu mengundang dan ramah bagi semua orang. Tambahan dekorasi lainnya bisa berupa mebel antik, hiasan dari bebatuan, perapian dan lantai dari papan.

Gorden biasanya hanya dimanfaatkan untuk menampilkan kesan tradisional ke dalam rumah saja. Selalu pilih gorden yang terbuat dari bahan yang tipis dan berwarna pucat. Gorden tersebut akan tampil begitu cantik dan mampu memberikan kesan yang sangat indah pada interior rumah khas Amerika. Selain itu, warna-warni tanah juga banyak sekali digunakan di dalam pembuatan desain rumah ini. Warna tersebut berpadu sempurna dengan warna-warna dasar seperti merah, hijau, dan biru.

Berikut ini unsur-unsur yang berguna untuk membentuk desain rumah bergaya Amerika, antara lain :

  • Warna : Warna yang paling tepat digunakan sebagai dominasi warna rumah Amerika adalah jenis warna yang lembut. Warna tanah dan pastel tentunya menjadi primadona utama dari desain ini. Penggunaan warnanya sendiri cukup 1-2 jenis saja dan tidak boleh berlebih.
  • Kain : Kain ini biasanya dihadirkan dalam bentuk gorden atau tirai. Seperti yang sudah kami sebut di atas, Anda mesti selalu memilih kain yang tipis. Motif sederhana seperti garis-garis atau bunga cocok sekali untuk desain ini. Bisa juga menambahkan bunga asli ke ruangan.
  • Furnitur : Furnitur yang sesuai untuk konsep rumah Amerika ini adalah furnitur antik. Anda bisa membelinya di pasar loak agar harganya lebih murah. Bisa juga menggunakan furnitur bekas yang memiliki desain yang sederhana. Anda bisa mendaur ulangnya agar tak memakan budget.
  • Aksesori : Aksesori terbaik untuk konsep Amerika adalah kerajinan tangan yang bentuknya unik. Contohnya seperti tembikar, anyaman, ukiran kayu, atau hiasan dari logam. Aksesori-aksesori ini yang nantinya kita gunakan untuk menghidupkan suasana rumah beserta isinya.

Gaya Furnitur ala Amerika

Furnitur yang paling sesuai untuk digunakan di dalam desain rumah Amerika ialah furnitur-furnitur yang bersifat praktis dan memiliki nilai seni yang tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, furnitur antik mampu menciptakan kesan khas Amerika yang begitu kental dengan mudah dan kuat. Bahkan cukup dengan menambah furnitur jenis ini saja, maka rumah Anda pun seketika langsung sarat dengan aroma Amerika. Lengkapi keberadaan furnitur ini dengan dekorasi dan aksesoris yang digunakan supaya terlihat begitu natural.

Lantai Kayu Khas Amerika

Jikalau Anda bertanya apa yang harus diperhatikan dengan baik dalam membuat desain rumah bergaya Amerika? Maka salah satuya adalah lantai. Yap, lantai merupakan elemen yang begitu penting di dalam desain yang satu ini. Karena memang jarang sekali rumah-rumah di Amerika yang menggunakan lantai tanah. Kebanyakan rumah bergaya Amerika ini menggunakan lantai kayu sebagai alas dasarnya. Lantai kayu memenuhi seisi interior rumah, khususnya kamar tidur. Sedangkan untuk ruangan yang lain, Anda juga bisa memakai bebatuan alami.

Ciptakan Gaya Amerika Milik Anda!

Satu hal lagi yang perlu diketahui bahwa Anda bisa memasukkan unsur desain apa saja sebagai pemanis untuk rumah dengan konsep Amerika ini. Faktanya memang hampir tidak ada larangan dalam membuat desain rumah khas Negeri Paman Sam tersebut. Anda bebas berkreasti dan menciptakan model rumah yang lebih menarik, namun tidak keluar dari zona Amerikanya. Maksimalkan pemakaian kayu dan batu, serta minimalkan penggunaan granit dan stainless steel. Jangan lupa, kesan vintage pada desain rumah ala Amerika harus tetap Anda pertahankan.