Inspirasi Terbaru Desain Kamar Mandi Minimalis yang Memikat Hati

Para arsitek yang pertama kali menciptakan desain minimalis berkonsentrasi terhadap etika dan estetika pada suatu ruangan. Maksudnya ialah bagaimana memaksimalkan setiap sudut rumah tersebut supaya memiliki nilai seni yang tinggi dengan mengoptimalkan fungsi dasar ruangan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan unsur-unsur pembentuk desain minimalis dengan sebaik-baiknya. Unsur-unsur dari pendekatan minimalis antara lain minimnya ornamen yang dipakai, penekanan pada bentuk geometris, serta penggunaan benda-benda industri dan metode fabrikasi.

Meskipun tidak semua orang suka dengan desain minimalis, tetapi bagi para pencintanya, desain ini memiliki keungulan-keunggulan sebagai berikut :

  1. Desain minimalis relatif mudah dibuat sendiri
  2. Menciptakan ruangan yang tenang dan berseni
  3. Usia furnitur yang digunakan menjadi lebih awet
  4. Ruangan menjadi lebih gampang dibersihkan
  5. Tidak mudah lekang oleh zaman dan trend desain
  6. Ruangan nampak lebih luas dari ukuran sebenarnya
  7. Desain ruangan terlihat begitu unik dan modern

Pada dasarnya, Anda dapat menerapkan desain minimalis pada setiap ruangan di interior. Bahkan Anda juga bisa mengaplikasikan desain ini pada kamar mandi loh. Kamar mandi minimalis mempunyai pesona yang begitu memikat hati. Kamar mandi tersebut akan senantiasa terlihat rapi, menarik, serta modern layaknya desain kamar mandi di hotal. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menjaga pesonanya supaya tetap kelihatan elegan dan berkelas. Kesederhanaan desain ini benar-benar sangat membantu Anda dalam merawat kamar mandi tersebut.

Dinding, Lantai, dan Jendela

Ada yang mengatakan kalau desain minimalis cuma berkutat pada ruang putih yang kosong. Pernyataan ini bisa dibenarkan apabila Anda hanya ingin menciptakan desain minimalis yang sesungguhnya. Caranya yakni dengan menggunakan warna putih ini sebagai warna dasar untuk dinding dan lantai kamar mandi. Pemakaian wallpaper warna putih untuk dinding minimalis tidak dianjurkan sebab cukup menggunakan cat dinding saja Anda sudah bisa menciptakan kesan minimalis yang begitu kuat.

Saat ini ada banyak sekalagi ragam cat berwarna putih yang dijual di toko bangunan. Mulai dari cat yang berwarna putih kebiruan (dingin) sampai warna putih kekuningan atau putih kemerahan (hangat). Anda bisa menggunakan cat warna putih ini secara maksimal untuk mewarnai dinding kamar mandi. Jika Anda kurang begitu menyukai warna putih, maka sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan warna-warna kayu. Jenis warna ini mampu menciptakan suasana kamar mandi yang unik dan santai.

Tips selanjutnya untuk membawa kesan minimalis di kamar mandi ialah mengganti gorden dengan kaca yang buram. Hindari pemakaian tirai di kamar mandi minimalis. Sebaliknya, pakailah kaca dan cermin di ruangan tersebut secara maksimal. Penggunaan kaca buram untuk jendela dan box mandi sangat efektif memberikan kesan minimalis yang begitu kuat. Berbeda lagi untuk bagian lantai kamar mandi. Di bidang lantai ini, Anda dapat memanfaatkan marmer atau granit yang dipoles dengan efek glossy.

Tampilan, Permukaan, dan Penyimpanan Barang

Untuk menata kamar mandi yang bergaya minimalis, hindari menggunakan benda-benda yang terbuat dari krom ataupun plastik. Kenapa? Sebab kedua jenis material tersebut tidak cocok dengan desain ala minimalis. Sebaiknya Anda menggunakan bahan stainless steel untuk kran dan pipa. Bahan alumunium juga sangat pas digunakan untuk bingkai cermin, kabinet, serta laci. Pilihlah bentuk-bentuk yang tegas dan sederhana tanpa hiasanya yang begitu rumit agar kesan minimalisnya tetap terjaga.

Apabila Anda kesulitan untuk mengumpulkan benda-benda minimalis yang cocok digunakan di kamar mandi, ada baiknya Anda meminta bantuan karyawan di toko-toko bangunan. Saat ini beberapa toko bangunan terkenal telah menyediakan perlengkapan khusus untuk desain minimalis. Bahkan untuk kran dan toilet khusus pun kini sudah tersedia. Jadi seharusnya Anda tidak akan mengalami kesulitan berarti saat berburu barang-barang yang akan ditaruh di kamar mandi minimalis tersebut.

Jika Anda tertarik meletakkan bathtub di dalam kamar mandi, Anda mungkin perlu melanggar aturan desain minimalis. Pasalnya beberapa produk bathtub menggunakan bahan sintetis seperti plastik yang kurang cocok untuk konsep ruangan yang minimalis. Sehingga perlu trik khusus supaya bathtub tersebut tetap mampu menyatu dengan baik. Untuk menyesuaikannya agar kesan minimalis tetap terjaga, pilih bathtub yang sederhana, dapat berfungsi maksimal, serta berbentuk simetri yang tegas.

Adanya lemari bisa digunakan sebagai penghias dekorasi kamar mandi. Namun untuk konsep minimalis, sebaiknya pililah lemari yang berukuran kecil. Atau bila perlu sekalian Anda bisa menghilangkan lemari tersebut dari kamar mandi. Konsep kamar mandi minimalis ini memang pada dasarnya sama sekali tidak membutuhkan lemari. Batu atau beton yang sudah dipoles pas digunakan untuk meja minimalis. Jangan lupa meletakkan kaca berukuran besar sebagai hiasannya.

Konsep Dasar Desain Minimalis

Prinsip dasar desain minimalis yaitu kurang adalah lebih. Jika suatu benda dirasa tidak perlu ada, maka singkirkan benda tersebut. Menghilangkan benda-benda yang tidak perlu akan mempertegas desain minimalis yang tercipta di dalam kamar mandi. Berhati-hatilah dalam memainkan warna, bahan, ukuran, dan lokasi dari setiap aksesoris dalam kamar mandi Anda. Akan lebih mudah apabila Anda menentukan satu atau dua komponen desain utama sebagai titik fokusnya terlebih dahulu. Lalu gunakan aksesoris yang lainnya sebagai pelengkap dari desain kamar mandi minimalis tersebut.