Inspirasi Desain Rumah Bambu Tradisional, Modern, dan Semi Permanen

Apakah Anda tertarik mendirikan rumah yang terbuat dari bahan bambu? Bila memang tertarik, silakan Anda dapat mencoba inspirasi-inspirasi yang akan coba kami bagikan di bawah ini. Pesona rumah bambu saat ini bisa dikatakan semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Mengapa? Rumah bambu memiliki nuansa khas pedesaan yang begitu kental sehingga terlihat begitu unik. Apalagi jika rumah ini dibangun di lingkungan perkotaan yang notabene dipenuhi oleh gedung-gedung pencakar langit yang terbuat dari beton, kehadiran rumah bambu tersebutlah yang paling menyita perhatian publik.

Walaupun rumah bambu ini mempunyai tampilan yang sederhana, namun entah kenapa kehadirannya selalu mampu menarik perhatian banyak orang. Penampilan rumah bambu terlihat begitu eye-catching dan unik sekali. Sehingga cocok sekali bagi Anda yang memang ingin membuat rumah yang terlihat lebih menarik, silakan Anda bisa memanfaatkan bambu sebagai material utamanya. Pada perkembangannya, rumah bambu dibuat dengan memadukan konsep lain selain desain tradisional ke dalam dekorasi rumah tersebut. Trik ini terbukti ampuh menciptakan desain rumah bambu yang jauh lebih unik.

Bagi Anda yang memang ingin membuat rumah yang menggunakan bambu sebagai material utamanya, maka inspirasi-inpirasi di bawah ini patut dicoba untuk membantu Anda mewujudkan dekorasi rumah bambu yang lebih menarik, bergaya, dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Rumah Bambu Bergaya Tradisional

Disebut bergaya tradisional karena semua bagian rumah ini didirikan memakai bahan bambu, baik pada bagian struktur, lantai, dinding, plafon, dan furniture yang mengisi interiornya. Umumnya rumah bambu tradisional ini berbentuk bangunan model panggung dengan atap yang terbuat dari susunan bilah-bilah bambu. Sedangkan pada bagian dindingnya, rumah ini menggunakan dinding yang terbuat dari anyaman bambu berlapis. Hal ini dimaksudkan agar struktur dinding tersebut lebih kokoh dan rapat sehingga sulit untuk ditembus angin dan debu yang berhamburan dari bagian luarnya.

Sementara itu untuk sambungan pondasinya, kebanyakan memakai pengikat berbahan ijuk. Sedangkan untuk sambungan bambu yang tidak berfungsi sebagai struktur, penggunaan rotan dinilai lebih artistik. Begitu pula dengan partisi antar-ruangan yang juga bisa memakai anyaman bambu berwarna hitam. Tak cuma pada bagian bangunannya saja, interior rumah pun dipenuhi oleh barang-barang yang terbuat dari material bambu. Contohnya seperti kursi dan meja untuk ruang tamu dipilih yang terbuat dari anyaman dan bambu yang disusun sedemikian rupa agar nampak lebih indah dan kuat.

Rumah Bambu Bergaya Modern Standar

Adapun kekhasan dari rumah bambu bergaya modern di atas adalah penggunaan bahan bambu yang dipadukan dengan lantai keramik serta atap genteng. Berbeda dengan rumah bambu yang bergaya tradisional yang umumnya berbentuk rumah panggung, gaya rumah bambu modern ini sudah berbentuk rumah standar di atas tanah. Rumah ini memiliki bentuk seperti halnya rumah kayu atau rumah tembok.  Hanya saja bambu menjadi bahan bakunya. Nantinya letak pondasi bambu tak dibuat di bawah keramik, melainkan didirikan di atas keramik yang tersambung ke pondasi kaki berbahan semen.

Saat ini rumah bambu dengan sentuhan modern ini umum dijumpai pada bangunan restoran dan rumah makan. Alasannya tentu untuk menghadirkan nuansa khas pedesaan pada restoran/rumah makan tadi, namun tetap membuat terlihat berkelas. Kadang-kadang rumah bambu gaya modern ini juga dihadirkan dalam bentuk gazebo yang menyatu dengan lingkungan taman sekitar. Penggunaan material bambu di dalam bangunan tersebut benar-benar dapat membuatnya menyatu dengan lingkungan alam di sekitar. Silakan Anda juga bisa mengaplikasikan gaya ini untuk membuat rumah bambu tetap terlihat mewah.

Rumah Bambu Bergaya Semi Permanen

Ciri-ciri rumah bambu dengan gaya semi permanen adalah pencampuran dinding bambu dengan dinding batu bata, batako, ataupun batu kali. Konsep bangunan ini juga seringkali diterapkan pada restoran yang ingin menghadirkan alternatif suasana makan yang berbeda. Pemakaian material bambu pada bangunan semi permanen ini umumnya sebatas dimanfaatkan sebagai penghias saja. Sehingga penampilan bambu pun sengaja dibentuk seindah mungkin dengan sentuhan finishing tertentu agar lebih menarik. Tak mau ketinggalan, aksesoris di ruangan pun banyak yang memanfaatkan hiasan-hiasan dari bambu seperti alat musik angklung, seruling, wayang, gerabah, dan lain-lain.

Rumah bambu bergaya semi-permanen merupakan kombinasi antara rumah bambu tradisional dengan rumah bambu modern. Rumah ini terletak di tengah-tengah antara kedua konsep rumah tersebut. Jadi kesan yang sanggup dipancarkannya pun hasil pencampuran antara keduanya. Rumah bambu bergaya semi-permanen ini masih terlihat unik, tradisional, pedesaan, serta alami dengan pesona bambu-bambu yang menghiasinya. Namun di sisi lain, rumah tersebut juga terlihat begitu stylish, futuristik, dan mewah dengan suasana yang begitu nyaman karena telah didukung oleh perabotan-perabotan yang modern.