7 Kelebihan Pintu Kayu Dibandingkan Material yang Lainnya

Pintu merupakan bagian dari rumah yang mesti ada. Selain sebagai jalur lalu lalang, pintu juga berfungsi untuk memperindah desain rumah. Oleh sebab itu, mulai dari rumah-rumah kecil hingga gedung-gedung megah pun semuanya berlomba-lomba membangun pintu seindah mungkin. Paling banyak sih pintu ini dibuat memakai kayu. Meskipun tampilannya terlihat sederhana, tetapi bukan berarti semua orang bisa membuat pintu kayu yang kokoh dan menarik. Biasanya sih pintu kayu ini dibuat oleh seorang pengrajin kayu yang memang sudah ahli dalam mengolah material kayu menjadi beragam perabotan.

Walaupun saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam produk pintu yang terbuat dari material yang berbeda-beda, namun kenyataannya ialah pintu kayu masih menjadi primadona. Baik rumah sederhana maupun gedung pencakar langit banyak yang menggunakan pintu kayu ini. Pintu kayu cocok digunakan untuk membuat desain apapun. Pintu ini juga bisa digunakan untuk setiap ruangan di rumah Anda. Anda dapat memakai pintu kayu sebagai pintu utama, ataupun pintu untuk ruangan-ruangan di dalam seperti kamar tidur dan kamar mandi. Pintu yang satu ini memang serbaguna sekali ya.

Banyaknya penggemar pintu kayu tak terlepas dari kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Yap, pintu kayu memang merupakan pintu yang dapat diandalkan untuk apapun. Setidaknya terdapat 7 kelebihan utama yang dimiliki oleh pintu kayu. Di antaranya yaitu :

Cocok Digunakan untuk Gaya Apapun

Keunggulan utama dari pintu kayu adalah pintu ini dapat digunakan untuk dekorasi rumah apapun. Anda bisa menggunakannya untuk membuat rumah yang sederhana, rumah minimalis, rumah bergaya elegan, rumah modern, hingga rumah mewah sekali pun. Pintu kayu ini benar-benar cocok untuk semua desain rumah ini tergantung bagaimana model pintu itu sendiri. Misalnya untuk pintu modern biasanya dipadu dengan bahan kaca, sedangkan pintu untuk rumah klasik jawa selalu dipenuhi oleh ukiran. Pintu kayu ini memang bersifat fleksibel. Anda pasti berhasil menggunakan pintu ini untuk mendukung desain rumah.

Nampak Hangat serta Mengundang

Penggunaan pintu kayu mampu menciptakan kesan yang hangat dengan mudah. Hal ini tak terlepas dari sifat kayu itu sendiri yang merupakan elemen hangat meskipun masih dalam kondisi yang asli dan belum dicat. Selain itu, pintu dari kayu ini juga terlihat lebih ramah dan mampu menyambut para tamu dengan baik daripada pintu dari logam yang terkesan kaku dan dingin. Jika Anda ingin memiliki suasana eksterior rumah yang menyenangkan, maka memilih pintu kayu ini merupakan keputusan yang tepat. Tidak peduli apakah rumah Anda bergaya modern maupun tradisional, pintu ini tepat kelihatan mengundang sekali.

Tidak Bisa Tidak Terlihat Menarik Ya!

Kelebihan lain dari pintu kayu yaitu sifatnya yang alami sehingga mudah disesuaikan dengan warna dan gaya apapun. Modelnya pun bisa dibuat semau kita sendiri loh. Mulai dari model pintu yang sederhana, pintu yang bersatu dengan jendela, serta pintu dengan ornamen yang penuh. Elemen kayu juga dikenal efektif untuk menyatukan dua aliran desain yang saling berbeda. Sementara itu, bentuk pintu kayu juga sangat fleksibel. Mulai dari bentuk khas pintu yaitu persegi panjang, bentuk puncaknya yang membulat, pintu bergaya Perancis, pintu dengan tambahan lengkungan, atau bentuk-bentuk unik-unik lainnya yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Unsur Penambah Suasana yang Alami

Bagi Anda yang ingin membuat suasana rumah tinggal terlihat lebih manusiawi, tak hanya rumah berupa bangunan saja, maka Anda bisa melengkapinya dengan pintu kayu. Pintu kayu ini sanggup mengadirkan kesan alami di dalam rumah Anda sehingga rumah pun tidak cuma terasa sebagai bangunan kotak saja, melainkan juga tempat tinggal untuk manusia yang begitu nyaman. Penggunaan pintu kayu di rumah ini akan menambah nuansa alami di dalamnya. Sehingga dekorasi rumah Anda pun mampu menyatu secara harmonis dengan lingkungan di sekitarnya. Rumah Anda akan terlihat lebih natural.

Membuat Interior Hangat Sungguhan

Di satu sisi pintu kayu memang dapat menghadirkan kesan mewah ke dalam rumah, namun di sisi lain pintu kayu ini juga mampu membuat suasana di interior terasa benar-benar hangat. Kayu ini merupakan material alami yang terlihat indah ketika digunakan pada arsitektur rumah. Tidak seperti material logam, kayu ini mampu mempertahankan udara panas di dalam ruangan serta menahannya dari luar. Selain itu, ukuran pintu kayu yang umumnya tebal juga memastikan pintu ini memiliki daya tahan tinggi dan dapat menahan suhu udara hangat di dalamnya. Sebagai pasangannya, pastikan Anda memilih kusen yang pas untuk meminimalisir udara luar yang bisa masuk melalui celah-celah pintu dan kusen.

Tingkat Keamanannya Begitu Tinggi

Secara alami kayu bersifat kuat, padat, dan kokoh. Oleh sebab itu, pintu kayu dapat memastikan rumah Anda terlindung dengan aman. Apalagi beberapa jenis kayu bahkan mempunyai kualitas yang jauh lebih baik daripada besi dan baja loh. Terutama untuk kayu-kayu yang berasal dari Pulau Kalimantan. Biasanya semakin tua usia suatu pohon, maka tingkat kekuatan kayunya pun akan semakin tinggi. Supaya sistem keamannya bertambah, Anda bisa memperkuatnya dengan penambahan pintu kustom di belakangnya. Anda bisa memadukan pintu kayu di bagian depan dengan tambahan pintu baja di belakangnya.

Mampu Bertindak Sebagai Aksesori

Keindahan pintu kayu tidak hanya dapat dinikmati oleh para penghuni rumah saja, tetapi juga bagi siapa saja yang bertamu atau kebetulan lewat di depan rumah bisa menikmati keindahan dari pintu tersebut. Pintu kayu memang sangat menarik. Pintu ini dapat menambah keindahan suasana jalanan di sekitarnya akibat daya tarik, kesan hangat, dan mengundang bagi mereka yang melihatnya. Secara tidak langsung, pintu ini juga mampu bertindak sebagai aksesori rumah. Keindahan pintu kayu akan membuat suasana di sekitarnya juga begitu indah. Anda pun tidak membutuhkan aksesori tambahan lagi.