DIY Yuk! 5 Langkah Merancang Desain Kamar Tidur Modern Minimalis

Desain kamar tidur bergaya modern minimalis semakin disukai oleh banyak orang akhir-akhir ini. Hal ini tidak terlepas dari suasana yang mampu diciptakan oleh desain tersebut. Sebetulnya tidak terlalu sulit kok untuk membangun desain ini. Kunci dasarnya ialah Anda cukup memahami bahwa kombinasi antara desain minimalis dan desain modern itu menghasilkan kamar yang bersih, berwarna netral, dan terlihat begitu unik. Namun tentu saja faktor kenyamanan tetap menjadi nomor satu di sini.

Mengingat proses mendesainnya yang memang tidak terlalu susah, kami yakin Anda pun bisa mengubah sendiri desain kamar tidur pribadi Anda menjadi penuh dengan nuansa modern minimalis. Yap, proses mendesain ala modern minimalis ini memang cukup mudah kok. Anda tinggal memanfaatkan area yang dimiliki oleh kamar tidur semaksimal mungkin. Jaga dengan baik komposisi antara area desain dan ruang gerak supaya tetap seimbang. Bagaimana pun ruangan tersebut harus tetap sederhana.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kamar tidur dengan konsep modern minimalis, silakan Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini!

Pertama, Proses Membersihkan Ruangan

Awalilah dengan membersihkan seluruh ruangan untuk memastikan bahwa tidak ada suatu benda yang terlihat berantakan. Gunakan perabotan yang penting-penting saja. Hindari aksesoris berupa koleksi pribadi dan benda-benda yang berukuran kecil. Fokuslah pada hiasan yang mempunyai ukuran besar dan gunakan seperlunya saja. Seimbangkan ukuran antara furnitur yang digunakan dengan luas ruangan yang dimiliki. Buatlah sketsa ruangan untuk membantu Anda mengatur tata letak furnitur-furnitur tadi. Ukuran skala sketsa yang benar akan membantu Anda menempatkannya pada posisi yang tepat.

Kedua, Saatnya Menata Dinding

Dinding kamar tidur modern minimalis harus terlihat bersih dan rapi. Bila perlu, Anda dapat melepas semua aksesoris yang terpasang pada dinding tersebut. Sebab nantinya hiasan yang digunakan di kamar ini cukup berupa permainan warna cat dinding saja. Aksesoris seperti lukisan masih bisa digantungkan asalkan memperhatikan harmonisasi warna antara lukisan tersebut dengan warna cat dinding. Sebagai contoh, warna dinding putih bisa dihiasi dengan lukisan yang berwarna gelap. Dengan demikian, lukisan tadi juga mempunyai fungsi sebagai titik fokus ruangan.

Ketiga, Dekorasi Tempat Tidur

Untuk mendesain tempat tidur, mulailah dengan memilih sprei dan sarung bantal yang paling tepat. Anda bisa menggunakan sprei yang motifnya garis-garis dan berwarna keabu-abuan. Kemudian Anda bisa meletakkan kursi yang modelnya sederhana di antara tempat tidur dan jendela kamar. Apabila ada ruangan yang masih tersisa, jangan ragu untuk menambahkan vas bunga mewah ke dalam ruangan sisa ini. Dijamin deh penampilan kamar tidur Anda bakalan lebih menarik dan hidup. Penambahan karpet sebagai hiasan lantai juga bisa Anda pakai untuk memberikan nuansa modern yang elegan.

Keempat, Pengaturan Pencahayaan

Seperti pada desain kamar tidur lainnya, pencahayaan di konsep modern minimalis ini juga memegang peranan yang sangat penting. Bedanya ilaha pencahayaan yang digunakan di sini tidak hanya berupa lampu utama saja, tetapi juga ditambah dengan lampu duduk di samping tempat tidur. Dengan begini, kamar tidur pun akan terasa jauh lebih nyaman. Pemilihan lampu dengan aksen warna hitam dengan bahan logam sangat efektif untuk menambah kesan modern di sini. Untuk pencahayaan pada siang hari, pastikan seluruh sudut kamar tidur bisa terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Kelima, Memainkan Warna

Jenis warna yang kami sarankan untuk dipakai sebagai dominasi warna dari kamar tidur bergaya modern minimalis ialah warna-warna yang berada di antara skala hitam dan putih. Jenis warna netral ini benar-benar ampuh menciptakan sebuah ruangan yang kental dengan nuansa modernitas, sederhana, dan bersahaja. Disarankan pula memadukannya dengan warna cerah untuk menghidupkan suasana kamar tidur. Penambahan warna aksen seperti merah, hijau, biru, oranye, dan kuning ini cukup secukupnya saja karena pada dasarnya cuma berfungsi sebagai pemanis ruangan. Kreasikan teknik pewarnaan yang kreatif sesuai dengan selera pribadi Anda.