Inspirasi 6 Dekorasi Kamar Tidur Ukuran Kecil yang Mudah Dibuat

Mempunyai kamar tidur berukuran kecil tak akan menjadi masalah apabila Anda mengetahui bagaimana trik dalam mendesain dan mendekorasinya. Dengan trik yang tepat, Anda akan lupa bahwa kamar tidur yang ditempati saat ini sebenarnya memiliki ukuran yang kecil. Suasana kamar tidur juga terasa lebih nyaman. Kita akan merasa tenang saat berada di dalamnya seperti di kamar tidur yang berukuran besar. Hal ini mungkin terlihat mustahil untuk dilakukan. Tetapi Anda bisa mencoba kiat-kiat yang kami miliki di bawah ini, dan berhenti mengeluh bahwa kamar tidur Anda berukuran kecil.

Dalam mendekorasi kamar tidur yang berukuran kecil, mulailah dengan menata ulang kamar tidur kecil Anda menggunakan sedikit trik yang berbeda dari biasanya. Di sini Anda benar-benar harus mempunyai konsep yang matang tentang dekorasi apa yang ingin diciptakan dan dibuang pada kamar tidur tersebut. Misalnya nih apabila di dalam kamar tidur Anda sebelumnya terdapat barang-barang dalam jumlah yang begitu banyak, maka cobalah pikirkan ulang benda-benda apa saja yang memang Anda perlukan di sini. Jangan sampai deh kamar tidur Anda semakin mengecil sebab kesalahan dalam mendekorasinya.

Warna yang Pas untuk Kamar Tidur Kecil

Pada kamar tidur yang berukuran besar, Anda bebas mau menggunakan warna apapun yang Anda sukai. Namun berbeda halnya dengan kamar tidur ukuran kecil. Anda harus berhati-hati dalam memilih warna di sini sebab tidak semua warna cocok digunakan pada kamar yang berukuran kecil. Kalau Anda sampai salah dalam memilih warna, kamar Anda justru akan semakin terlihat kecil loh. Triknya yaitu mainkan warna kamar dengan menggunakan warna yang cerah saja. Ini merupakan solusi yang jitu supaya kamar Anda memiliki banyak cahaya alami. Trik ini mampu menghapus kesan ruangan sempit.

Maksimalkan Penggunaan Kaca dan Cermin

Meletakkan beberapa kaca atau cermin di sejumlah area kamar tidur merupakan langkah yang cerdas dalam mendekorasi kamar tidur yang berukuran kecil. Seperti kita ketahui, kaca mampu meneruskan cahaya yang melaluinya secara optimal. Sedangkan cermin sanggup memantulkan kembali cahaya yang mengenai permukaannya. Menambahkan kaca atau cermin di kamar tidur berguna untuk menciptakan ruang bayangan di dalamnya. Kaca dan cermin ini mampu menghasilkan kesan ruangan yang lebih luas dengan cepat sekali. Kamar tidur Anda pun nampak tidak sempit lagi sekarang.

Pemilihan Tempat Tidur yang Paling Tepat

Khusus untuk kamar tidur yang berukura kecil, gunakan tempat diur yang ramping sehingga tidak banyak memakan ruangan. Pilihan kami, tempat tidur yang bertingkat sangat bagus untuk kamar tidur kecil ini. Anda juga bisa menyesuaikan sendiri desain ranjang yang sesuai untuk kamar dengan memesan furnitur built-in secara terpisah. Tempat tidur lantai juga bagus sekali loh sebagai pilihan untuk kamar tidur kecil sebab tak memakan tinggi ruangan sehingga volumenya lebih lega. Anda juga bisa menghemat ruangan dengan menggunakan area bawah atau kolong tempat tidur sebagai tempat penyimpanan barang.

Pilih Lemari yang Cocok untuk Kamar Kecil

Boleh-boleh saja memasukkan lemari ke dalam kamar tidur, meskipun ukurannya kecil, asalkan lemari tersebut memang benar-benar berguna bagi penghuninya. Misalnya nih Anda bisa meletakkan lemari buku di kamar tidur yang melengkapi area khusus sebagai ruangan belajarnya. Anda juga bisa memajang aneka benda-benda mini, benda berkesan, dan koleksi buku. Agar peletakkan lemari buku di kamar kecil tak mengganggu dekorasi ruangan, kami sarankan untuk memanfaatkan bidang vertikal di dalam kamar. Sehingga justru penghematan ruanganlah yang Anda lakukan di sini.

Furnitur yang Kecil dan Juga Berguna

Furnitur yang berukuran kecil memang cocok sekali digunakan untuk kamar tidur yang ukurannya kecil, Akan tetapi, memasukkan furnitur dalam jumlah yang banyak bukanlah tindakan yang tepat dilakukan saat Anda mendekorasi kamar tidur kecil. Adapun kunci utama dalam memilih furnitur untuk kamar kecil sekaligus menghemat ruangan kamar, yang terpenting Anda tetap menjaga ruangan terlihat lapang dan bergaya. Caranya dilakukan dengan menempatkan furnitur-furnitur yang memang Anda butuhkan ini di sudut ruangan yang paling tepat untuk mengaburkan kesan potongan akibat keberadaan dinding.

Pasang Wallpaper di Dinding Kamar Tidur

Penggunaan kertas dinding (wallpaper) adalah cara yang paling mudah untuk menciptakan kesan luas di dalam kamar tidur meskipun ukurannya cukup kecil. Apalagi jika Anda menggunakan wallpaper dengan motif garis-garis horisontal karena ampuh sekali menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Sedangkan wallpaper dengan motif garis-garis vertikal akan membuat kamar tidur Anda nampak berukuran lebih tinggi dari aslinya. Kami sarankan pilihlah wallpaper dengan motif garis-garis yang ukurannya bervariasi supaya nampak lebih modern. Anda bisa memasangnya di salah satu dinding atau semuanya.