6 Cara Mendesain Dapur Mungil di Rumah Sempit Jadi Nyaman

Mendesain dapur yang berukuran mungil memang memerlukan kemampuan untuk menyatukan fungsi dan tampilan dapur secara harmonis. Anda harus bisa memaksimalkan kegunaan utama dari ruangan ini tanpa mengesampingkan aspek dekorasinya. Aturlah dengan baik desain dapur tersebut. Biasanya dapur mungil ini paling cocok mengusung dekorasi ala modern minimalis. Kenapa? Kedua dekorasi ruangan ini sama-sama dapat membuat dapur mungil terlihat lebih menarik, bergaya, dan berkelas. Selain itu, kesan dapur yang terlihat lebih luas dan lapang akan tercipta manakala Anda menciptakan desain dapur ini.

Perlu Anda pahami bahwa antara dapur berukuran kecil dengan yang berukuran besar ini masing-masing mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Adapun kelebihan yang dapat kita jumpai di dapur berukuran kecil yaitu lebih efektif dan efisien. Bayangkan saja nih. Anda tak perlu berjalan jauh hanya untuk mengambil garam atau bumbu yang lainnya. Cukup melangkah sedikit, Anda sudah bisa mengambil semua alat dan bumbu yang diperlukan untuk memasak di dapur. Selain itu dapur kecil juga lebih hemat biaya. Kenapa? Sebab ruangan dapur ini cuma membutuhkan sedikit furniture untuk menyeimbangkan seluruh ruangan.

Jadi Anda tidak boleh berkecil hati meskipun mempunyai dapur yang ukurannya mungil ya. Untuk rumah tangga sih, dapur mungil ini sudah lebih dari cukup kok. Anda bisa menatanya dengan baik agar ruangan ini mempunyai penampilan yang menarik dan suasananya pun nyaman. Bagaimana cara mendesainnya yang tepat? Silakan ikuti kiat-kiat di bawah ini!

Simpan Peralatan Memasak dengan Rapi

Salah satu fungsi dapur selain digunakan sebagai tempat memasak yaitu tempat untuk meletakkan alat-alat memasak. Baik itu wajan, panci, piring, dan sebagainya diletakkan di ruangan ini. Jika barang-barang ini tak diatur dengan rapi atau dibiarkan menggantung seadanya, maka bakal menimbulkan kesan dapur yang berantakan. Akibatnya desain dapur di rumah Anda pun akan terlihat sangat kacau. Solusinya ialah Anda harus menyimpan barang-barang ini di salah satu sudut ruangan dapur dengan baik. Pilihlah wajan yang berukuran besar daripada wajan kecil dalam jumlah yang banyak agar dapur lebih rapi.

Sediakanlah Ruang Gerak yang Cukup Ya!

Saat Anda menata ruang dapur, jangan lupa untuk menyediakan ruang gerak yang cukup di sana. Hindari menutup semua bagian tepi dinding dapur menggunakan kabinet. Nantinya ruang gerak yang tersisa ini bisa Anda jadikan sebagai tempat pintu kulkas saat dibuka. Anda juga bisa menaruh kursi di sana sebagai tempat mengobrol ketika memasak. Jangan menggunakan semua space yang ada di dalam dapur mungil ini. Buatlah sebagian lainnya tetap kosong agar ruangan ini terasa lebih lega serta tidak penuh dan sesak ya. Adanya ruangan gerak ini akan mendukung kenyamananan di dalam dapur tersebut.

Manfaatkan Material Kaca Secara Optimal

Kaca sangat berguna untuk menciptakan kesan luas di dapur mungil ini. Anda bisa mencoba meletakkan lemari dengan pintu dari kaca sebagai furniture utamanya. Bisa juga mengganti pintu dapur dengan kaca yang transparan agar suasana terbuka kian bertambah. Bahkan kalau mau, Anda dapat memakai kabinet dapur yang tidak memiliki pintu loh. Ini merupakan salah satu tren desain dapur yang kini sedang disukai oleh masyarakat. Tentunya Anda harus memperhatikan pula tingkat keamanan di dalam dapur tersebut. Lemari terbuka ini hanya boleh digunakan untuk dapur yang aman dan bebas dari binatang liar.

Pemilihan Rak yang Dilakukan dengan Baik

Sama seperti lemari maupun kabinet, fungsi rak sebagai tempat menyimpan alat dapur. Rak dibutuhkan agar tatanan di dalam kabinet tidak mudah berantakan karena barang-barang yang sering diambil. Selain itu, bentuk rak yang terbuka juga membuat cahaya mampu menyinarinya dari berbagai arah. Sayangnya, kebanyakan bentuk rak ini bisa mengacaukan desain yang sudah Anda ciptakan kalau salah menaruhnya. Oleh karena itu, pastikan rak berada di sudut dapur yang tepat. Agar semakin manis, Anda bisa menaruh deretan piring putih bermotif bunga di atasnya serta beberapa cangkir kopi menggantung ke bawah.

Menghias Lantai Dapur agar Lebih Menarik

Lantai berperan penting dalam penciptaan suasana dapur. Selain penggunaan keramik yang sesuai, Anda bisa mempercantik tampilan lantai dapur ini menggunakan karpet. Pilih karpet yang berwarna cerah dan ukuran sesuai ruang gerak yang tersisa. Karpet ini bakal mengubah dapur yang biasa-biasa saja menjadi lebih menarik dan mengesankan. Pilihan lainnya adalah Anda juga dapat menambahkan beberapa keset lantai ke dalam ruang ini. Adanya keset ini akan mendukung keamanan dan kenyamanan di dapur. Kini juga telah tersedia keset berwarna-warni yang bisa Anda gunakan untuk memperindah desain dapur.

Maksimalkan Cahaya Alami di Dalam Dapur

Pencahayaan merupakan salah satu unsur utama desain yang harus Anda perhatikan saat menata dapur yang mungil. Cahaya alami ini mampu memberikan aroma fresh di ruangan kecil. Buatlah sinar matahari bisa lebih banyak masuk ke dalam dapur dengan membuat ventilasi yang terbuka. Maksimalkan jumlah bukaan-bukaan yang bisa Anda buat di dalam ruangan ini. Jendela adalah aksen yang sangat tepat untuk ruangan-ruangan yang ukurannya kecil. Dengan keberadaan jendela ini, penampilan dapur pun menjadi lebih terang-benderang dan juga segar. Dapur tersebut jauh dari kesan yang tertutup ataupun sempit.