Cara Bikin Kamar Mandi Mungil yang Nyaman dan Penuh Relaksasi

Kamar mandi menjadi ruangan yang paling tersisihkan dibanding ruangan-ruangan yang lainnya. Kamar mandi acap kali dibuat cuma di sisa bidang tanah. Pembuatan ruangan ini biasanya dilakukan di bagian belakang dan sudut interior dengan ukuran yang terbatas sekali. Akibanya kamar mandi pun mempunyai ukuran yang kecil. Kamar mandi seolah-olah hanya menjadi tempat untuk mandi saja. Padahal jika Anda menata desainnya dengan baik, kamar mandi tersebut dapat menjadi tempat yang sangat nyaman serta mampu merelaksasikan diri kita saat berada di dalamnya loh.

Tetapi sayangnya tak sedikit masyarakat yang kurang memperhatikan desain kamar mandi di rumahnya. Akibatnya suasana kamar mandi tersebut terasa begitu sumpek dan penampilannya datar sekali. Anda pun merasa tidak nyaman saat menggunakannya. Padahal kamar mandi yang ukurannya mungil pun bisa didesain sedemikian rupa agar nampak lebih menarik, suasananya nyaman, dan penuh dengan relaksasi. Bagaimanakah caranya? Inilah yang akan kita bahas kali ini. Sebuah upaya untuk membuat kamar mandi mungil menjadi seperti kamar mandi di sebuah hotel berbintang.

Nah, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini dalam mendesain kamar mandi mungil supaya terasa begitu nyaman dan penuh dengan relaksasi. Kami yakin Anda pasti bisa melakukannya sendiri!

Menciptakan Suasana yang Sesuai dengan Kepribadian

Meskipun kamar mandi yang Anda miliki berukuran mungil, bukan berarti Anda kehilangan kesempatan untuk mempunyai desain yang sesuai dengan selera. Kenyataannya Anda pun dapat mendesain kamar mandi tersebut supaya menarik loh. Saran kami adalah coba lebih berfokus pada pemilihan lantai kamar mandi tersebut. Diskusikan jenis, motif, dan warna lantai yang keluarga Anda sukai. Cara lainnya adalah memajang foto keluarga dan lukisan menarik pada bagian dinding. Boleh juga dengan menambahkan cermin raksasa seukuran dinding. Melalui langkah ini, interior kamar mandi akan terlihat lebih luas.

Menata Dekorasi Ruang Sekaligus Menghemat Ukurannya

Ruang mungil tentu tidak memiliki cukup banyak sudut yang dapat dijadikan sebagai tempat meletakkan aneka perabotan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan furnitur yang bersifat multifungsi saja. Misalnya lemari yang bisa dijadikan meja rias dan dilengkapi wastafel. Pemilihan furnitur seperti ini jauh lebih menghemat ruangan dibandingkan furnitur yang berdiri sendiri-sendiri. Selain itu, Anda masih bisa menambahkan lemari yang memiliki banyak laci sebagai tempat penyimpanan. Apabila masih ada ruang yang tersisa, tambahkan juga rak terbuka untuk menaruh handuk, tisu, dan beberapa produk mandi.

Mempertahankan Kerapian Barang-barang di Kamar Mandi

Ruangan yang rapi akan selalu terlihat lebih lapang dari ukuran sebenarnya. Begitu pula dengan suasana di dalam kamar mandi. Ruangan kamar mandi di rumah Anda tersebut pasti akan nampak lebih menarik dengan kondisinya yang senantiasa rapi. Oleh karena itu, pastikanlah kondisi di dalamnya selalu bersih, tertata dengan rapi, dan bebas dari kesan berantakan. Bila perlu, Anda bisa menambahkan laci-laci kecil di kamar mandi untuk menyembunyikan benda-benda yang mudah berantakan. Jagalah kondisi di dalam ruangan ini supaya rapi, di mana barang-barang di dalamnya terletak di tempat yang tepat.

Mengatur Pencahayaan di Kamar Mandi Supaya Menarik

Pencahayaan selalu menjadi elemen yang begitu penting untuk diperhatikan pada saat kita mendesain suatu ruangan. Tak terkecuali dengan sistem pencahayaan di dalam kamar mandi. Anda harus mengatur pencahayaan ini dengan baik untuk menciptakan sebuah kamar mandi yang nyaman, meskipun ukuran yang dimilikinya tidak terlalu luas. Usahakan kamar mandi Anda dilengkapi dengan jendela yang besar sebagai tempat masuknya sinar matahari. Namun kalau tidak memungkinkan, Anda dapat menggantinya dengan lampu berwarna putih yang bersinar terang. Sehingga kamar mandi nampak begitu mewah.

Menjaga Penampilan Kamar Mandi agar Tetap Sederhana

Kedala utama yang sering kalai menjadi kesulitan dalam mendekorasi kamar mandi mungil adalah begitu banyaknya pernak-pernik yang menarik mata yang ingin Anda letakkan ke dalam ruangan ini. Sepertinya berbagai aksesori dan peralatan mandi di luar sana nampak cocok sekali apabila ditaruh di dalam kamar mandi. Namun bila Anda menuruti hawa nafsu tersebut, kamar mandi yang berukuran mungil ini justru akan semakin sempit. Jadi dalam prakteknya nanti Anda harus mampu menahan diri. Gunakan aksesori secukupnya saja untuk menghiasi ruangan tanpa perlu bertindak secara berlebihan.