7 Inspirasi : Tips Desain Sederhana Ruang Makan Terbuka di Area Outdoor

Desain ruang makan terbuka tidak hanya bisa dijumpai di rumah-rumah tempo dulu saja. Banyak rumah bergaya modern yang saat ini juga mengusung desain ruang makan dengan konsep terbuka seperti ini. Ruang makan terbuka pada dasarnya merupakan ruang makan yang dibuat tanpa menggunakan partisi. Ruangan ini sengaja dibangun menyatu bersama dengan lingkungan eksterior. Salah satu atau lebih dari bagian ruang makan ini tidak dilengkapi dengan dinding sehingga nampak terbuka. Hal ini membuatnya terasa lebih luas serta mempunyai suasana yang terasa begitu alami.

Tren desain ruang makan dengan konsep terbuka memang kini sedang populer di Indonesia. Khususnya vila-vila banyak yang menerapkan dekorasi ruang makan yang satu ini. Ruang makan terbuka dinilai mempunyai penampilan yang lebih menarik dengan suasana yang juga lebih menyenangkan. Rumah tinggal juga bisa kok sebenarnya dilengkapi dengan ruang makan terbuka ini. Namun Anda harus memperhatikan ukuran rumah terlebih dahulu, termasuk halaman yang tersedia. Sebab pada dasarnya ruang makan terbuka ini akan menggabungkan antara interior dengan eksterior di sekitarnya.

Anda mungkin tertarik membuat sebuah ruang makan dengan desain terbuka di rumah sendiri seperti di atas? Jika iya, kiat-kiat di bawah ini akan membantu Anda mewujudkan impian tersebut. Tidak sulit kok untuk menciptakan ruang makan dengan gaya yang terbuka.

Pastikan Rumah Anda Memenuhi Syarat

Sebelum mulai mendesain ruang makan gaya terbuka, Anda perlu mengukur luas ruangan yang tersedia terlebih dulu. Jadi Anda akan lebih mudah dalam mengatur layout di dalamnya. Anda bisa mengukurnya memakai meteran dengan dibantu orang lain di sisi yang lainnya. Lakukan pengukuran terhadap wilayah outdoor yang Anda miliki. Idealnya ukuran halaman tersebut minimal adalah 3 x 3 meter. Kalau ternyata ukuran halaman Anda kurang dari ketentuan tersebut, maka Anda bisa menyatukannya dengan ruangan yang ada di sebelahnya yang paling memungkinkan.

Gunakanlah Furniture yang Paling Tepat

Furniture untuk ruang makan tidaklah sekompleks ruang tamu maupun ruang keluarga. Satu set meja makan yang dilengkapi dengan kursi yang nyaman sudah cukup untuk mengisi ruangan ini. Semestinya Anda menggunakan furniture yang memiliki daya tahan tinggi terhadap lingkungan ekstrem. Apalagi bila Anda akan menaruh perabotan-perabotan tersebut di lingkungan outdoor secara langsung, maka wajib hukumnya menggunakan furniture berkualitas tinggi yang tahan terhadap sinar matahari langsung serta air hujan. Anda bisa memakai furniture kayu atau bambu. Hindari memakai kain di sini.

Atur Layout Ruang Makan agar Nyaman

Langkah berikutnya adalah Anda bisa membagi ruangan menjadi beberapa bagian. Misalnya saja untuk bagian tengah ruang makan, Anda bisa menempatkan kursi dan meja makan. Sedangkan untuk sudut di samping pintu masuk digunakan untuk meletakkan perabotan makan. Dengan begini, furniture yang ada tidak mengganggu pergerakan orang selama berada di rumah. Ruangan pun bakal terlihat lebih menarik dan bergaya. Jangan lupa untuk menggunakan tumbuh-tumbuhan hias mumpung sekarang Anda sedang bekerja di area outdoor. Jadikan tanaman-tanaman ini sebagai aksesori ruangan.

Letakkan Furniture Pada Posisi yang Pas

Setelah Anda membagi ruangan, sekarang lah saatnya menaruh meja dan kursi. Pilih kursi yang tanpa lengan sehingga tidak mengganggu ketika Anda sekeluarga sedang makan bersama. Untuk memastikan penempatan semua furnitur sudah pas, cobalah berkeliling di ruangan ini. Anda bisa merasakan suasana di setiap sudut ruangan tersebut. Usahakanlah untuk tetap tampil alami dan sederhana. Anda tak boleh berlebihan dalam mendesain ruang makan tersebut. Pada hakikatnya, ruang makan terbuka mengusung konsep alami/natural yang menyatukan ruangan dengan lingkungan di sekitarnya.

Pilih Warna-warna yang Alami/Natural

Kumpulkan beberapa contoh desain ruang makan yang bagus. Perhatikan penggunaan warnanya. Ruang makan terbuka biasanya menggunakan warna-warna alami dan netral. Warna ini terlihat bagus ketika digunakan untuk menyatukan beberapa ruangan sehingga tercipta sebuah ruang makan dengan konsep yang terbuka. Tetaplah bersikap alami dan jaga kenaturalan ruangan tersebut. Anda tidak boleh tampil secara berlebihan di sini. Buatlah ruang makan ini layaknya sebuah ruang makan yang terletak di taman ataupun pedalaman hutan. Daya tariknya tercipta dari kesan alami yang dimilikinya.

Tambahkan Hiasan Pembangkit Selera

Jangan lupa untuk memberikan hiasan di dinding Anda. Gantungkan lukisan yang mampu menciptakan kesan terbuka di ruang makan serta bisa membangkitakan selera makan. Cobalah beberapa kombinasi warna untuk menghasilkan warna lukisan yang sesuai dengan tema ruangan tersebut. Silakan Anda bisa mengkreasikan dekorasi ruangan ini agar tetap tampil alami namun penuh dengan gaya. Khusus untuk malam hari, Anda bisa memanfaatkan lampu kerlap-kerlip, lampu taman yang bentuknya unik, ataupun lilin-lilin elektrik. Produk ini bisa Anda peroleh di www.alatperabotan.com dengan harga terjangkau.

Pasanglah Karpet yang Hangat di Interior

Ide dekorasi yang terakhir adalah menempatkan karpet di ruangan interior. Karpet ini tentunya sanggup menghangatkan suasana ruangan serta membuat desainnya terlihat lebih mengundang. Anda bahkan dapat memanfaatkan karpet tersebut menjadi ruang makan lesehan dadakan dengan pemandangan dari halaman yang melengkapinya. Pilih dekorasi karpet yang sesuai dengan ruangan serta warna yang sesuai denga meja dan kursi. Tambahkan lampu dan aksesoris di langit-langit untuk memberikan kesan artistik di ruang makan. Sehingga siapapun pasti akan merasa nyaman berada di ruangan ini.