Inspirasi Desain Rumah Panggung Modern yang Indah Sekali

Tidak sedikit rumah adat di Indonesia yang berbentuk rumah panggung. Apabila Anda memperhatikan dengan lebih teliti lagi, struktur rumah tersebut biasanya terbuat dari kayu atau bambu. Rumah-rumah panggung yang dibuat di daratan biasanya memanfaatkan kayu sebagai bahan utama material nya. Beda lagi dengan masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir. Karena hidup di atas air, mereka lebih memilih bambu sebagai material utama untuk membuat rumah panggung. Bambu dipilih sebab tak mudah lapuk meskipun terkena air secara terus-menerus dalam waktu yang lama.

Rumah panggung sendiri merupakan rumah adat suku melayu. Mereka biasanya tinggal di tepi sungai atau laut dengan mata pencaharian utamanya sebagai nelayan. Posisi lantai yang tinggi memungkinkan rumah panggung ini tak akan terendam air laut saat pasang naik maupun terjadi banjir. Sedangkan pada rumah-rumah panggung yang dibangun di wilayah daratan, masyarakat biasa menggunakan ruangan di bawah rumahnya sebagai kandang hewan atau gudang penyimpanan. Karena memang sangat berguna, rumah panggung tradisional ini masih eksis sampai sekarang.

Rumah panggung mempunyai kesan tradisional yang sangat kuat. Inilah yang membuat desain rumah ini terlihat begitu unik. Rumah panggung terlihat sangat alami dan sanggup menyatu dengan baik bersama lingkungan alam di sekitarnya. Bahkan kesan tradisional pada rumah panggung juga mampu membawa angin pedesaan yang kental sekali. Hal ini yang kemudian menginspirasi pembuatan tempat penginapan, villa, atau motel yang berbentuk rumah panggung. Biasanya bangunan-bangunan komersil ini membawa konsep rumah panggung yang sudah dimodernisasi sehingga nampak semakin indah.

Unsur Beton yang Mendominasi Bangunan

Masyarakat tradisional biasanya memakai kayu atau bambu sebagai kaki-kaki rumah panggung untuk menyangga bangunan utama. Bambu dipilih karena lebih murah, relatif lebih kuat, tahan lama, dan tidak mudah lapuk. Sedangkan kayu cocoknya digunakan sebagai tiang rumah panggung yang dibuat di area daratan. Walaupun strukturnya sangat kokoh. tapi kayu lemah sekali terhadap air. Namun untuk rumah panggung yang bergaya modern, bambu dan kayu ini bisa diganti dengan beton. Anda dapat memakai beton dan pasangan bata secara maksimal untuk mendirikan rumah panggung tersebut.

Pemilihan Bentuk Tangga Depan yang Unik

Rumah panggung selalu dilengkapi dengan tangga di bagian depannya. Tangga ini berguna sebagai jalan masuk memasuki rumah tersebut. Kalau diibaratkan dengan rumah konvensional, tangga ini merupakan jalan setapak. Anda harus mendesainnya dengan baik karena tangga depan ini bagaikan mahkotanya rumah panggung. Mengapa disebut demikian? Hal ini tak terlepas dari fungsi tangga tersebut yang juga menjadi titik fokus eksterior rumah panggung. Ada dua macam bentuk tangga yang biasa dipakai yaitu tangga I dibangun pada posisi tengah bangunan dan tangga L/U pada sisi sudut bangunan.

Lanskap Taman di Sekitar Bangunan

Guna memperkuat unsur natural pada rumah panggung, Anda bisa menanam tumbuh-tumbuhan atau menambahkan ornamen yang bargaya alami mengelilingi bangunan tersebut. Dengan begini, pesona rumah Anda dijamin bakal meningkat berkali-kali lipat. Anda dapat membuat sebuah lanskap taman di sekitar rumah ini. Rumah panggung juga terlihat akan terlihat semakin cantik jika terdapat kolam ikan yang melengkapinya. Berbeda dengan rumah panggung tradisional di pedesaan, bagian bawah rumah panggung modern ini sebaiknya tetap dibiarkan bersih agar kaki-kaki rumah bisa terlihat indah dan lebih anggun.

Manfaatkan Warna Kayu sebagai Aksen Bangunan

Selain memakai beton, Anda juga bisa memanfaatkan kayu sebagai material pelengkap dalam membuat rumah panggung. Pilihlah jenis kayu yang berkualitas tinggi supaya mampu menopang beban bangunan dengan maksimal. Secara alami kayu mempunyai warna dan corak yang khas sekali. Penampilan khas ini yang membuat kayu terlihat begitu unik meskipun tidak mendapatkan finishing apapun. Anda dapat meningkatkan keunikan pada kayu tersebut dengan menambahkan cat pengkilap. Selain akan membuat tampilan kayu terlihat lebih mewah, ketahanannya pun akan terlindungi dengan penggunaan cat tadi.

Furnitur Modern dan Berteknologi Tinggi

Sebagai finishing, Anda dapat memasukkan beberapa furnitur yang dibuat dengan model yang sedang trendy dan terbaru. Furnitur-furnitur inilah yang akan membawa kesan modern pada rumah panggung tersebut. Rekomendasi kami tambahkan pula TV LCD, lemari buku, dan sofa minimalis supaya interior nampak semakin canggih. Sejatinya rumah panggung mempunyai kesan natural yang begitu kuat. Jadi jangan pernah Anda menghilangkan kesan ini. Bahkan bila perlu, buatlah kesan alami ini samakin terasa kuat, namun desain rumah juga tetap terlihat moden. Anda pasti akan sangat menyukainya.