Desain Rumah Smart Home Beserta Keuntungannya

Desain rumah gaya smart home mungkin masih terdengar asing di telinga Anda? Namun Anda mesti tahu kalau trend smart home atau rumah pintar saat ini sedang booming di seluruh mancanegara, termasuk di Indonesia. Pada prinsipnya, smart home ialah rumah yang terintegrasi dengan sejumlah sistem teknologi yang canggih sehingga memungkinkan penghuninya dapat mengatur seisi rumah tinggal secara otomatis hanya memakai gadget. Didukung oleh gadget yang terteknologi tinggi, kita pun dapat mengoperasikan seisi rumah serta mengetahui kondisinya dengan jauh lebih mudah.

Jika zaman dulu gadget yang dimaksud masih berupa remote control, maka kini gadget yang tertanam di smartphone jauh lebih diminati. Bahkan keterhubungan antara rumah dengan perangkat smartphone ini memungkinkan kita bisa mengatur seisi rumah smartphone dari luar kota sekalipun. Smart home adalah sebuah rumah cerdas yang telah dilengkapi fitur yang beraneka rupa. Smart home ini lebih dari sekadar rumah tinggal semata. Smart home memungkinkan kita dapat memaksimalkan fungsinya. Anda bahkan juga bisa memakai rumah tersebut untuk perihal lain selain tempat tinggal.

APA UNTUNGNYA SIH?

Ada banyak sekali hal menakjubkan yang dapat kita temukan di dalam model rumah yang mengusung konsep smart home. Beberapa fitur standar smart home di antaranya yaitu menyalakan dan mematikan perangkat elektronik dari jarak jauh, membuka-menutup pintu dan jendela dengan satu tombol, serta menginformasikan suhu udara dan kelembaban di dalam rumah. Karena telah dilengkapi dengan CCTV, kita pun mampu memantau semua sudut rumah dengan lebih mudah. Teknologi smart home masa kini bahkan juga memungkinkan kita dapat dilayani oleh rumah tersebut.

Walaupun biaya instalasi untuk membuat smart home terbilang sangat mahal, namun keuntungan yang akan kita dapatkan sebanding dengan anggaran yang telah dikeluarkan. Anda benar-benar akan merasa puas dengan fitur yang dimiliki oleh teknologi smart home ini. Begitu pula dengan nilai rumah pasti akan mengalami peningkatan ketika Anda memasang teknologi smart home yang canggih ini. Bahkan rata-rata peningkatan nilai rumah yang terjadi mampu mencapai lebih dari 25% dari nilai awal loh. Oleh sebab itu, ide membuat smart home ini sangat layak untuk Anda pertimbangkan.

Kelebihan lain dari smart home yaitu bersifat ramah lingkungan. Smart home umumnya dibuat dengan konsep rumah hemat energi. Penggunaan energi listrik khususnya di dalam rumah ini telah diatur secara cerdas sehingga pemakaiannya pun jauh lebih bijaksana. Sumber energi listrik yang tersedia benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh rumah tersebut. Pada umumnya, ada pula fitur khusus yang bertugas untuk mendistribusikan energi listrik. Sehingga rumah bertipe smart home ini mampu menghemat listrik. Kita bisa mengatur dengan tepat, kapan waktunya suatu perangkat diaktifkan ataupun dimatikan.

Tingkat keamanan di dalam rumah pintar ini pun jauh lebih terjamin kalau dibandingkan dengan rumah modern biasa. Apalagi dengan CCTV yang terhubung langsung ke smartphone, Anda dapat memantau seluruh kondisi rumah di manapun Anda berada. Contoh lainnya, ketika rumah Anda terkena api, maka sistem pemadam kebakaran secara cepat akan mengatasi percikan tersebut agar tidak bertambah besar dan menjalar ke seisi rumah. Tidak lupa sebuah alarm khusus pun secara otomatis akan berbunyi untuk memperingatkan para penghuninya apabila terdapat bahaya yang mengancam.

Dengan semua kemudahan dari fitur super canggih yang dipunyai oleh smart home ini, tentu saja Anda sebagai penghuninya pun dapat merasakan bagaimana sensasinya hidup di rumah yang rasanya jauh lebih nyaman dari sekadar rumah tinggal. Segala sesuatu yang dulu harus Anda kerjakan secara manual, kini bisa Anda lakukan sambil bersantai dan mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Smart home memang merupakan rumah masa depan. Anda mungkin tertarik untuk mengaplikasikannya? Silakan tunggu kiat-kiat dari kami pada artikel selanjutnya mengenai proses membangun smart home ini.