Contoh Desain Dapur Kecil Cantik yang Bikin Memasak Lebih Mudah

Dapur sering kali disebut juga sebagai jantungnya rumah. Sebab selain digunakan untuk memasak, ruang ini juga mempunyai fungsi tambahan yang banyak sekali. Mulai dari sebagai tempat bermain, menikmati makanan, mengobrol, ngeteh, ruang koleksi, sampai studio seni. Beberapa tahun terakhir, banyak orang yang memilih membangun dapur dalam ukuran yang kecil. Selain karena faktor ekonomi, gaya hidup di masyarakat perkotaan juga turut menuntut demikian. Karena jarang digunakan, dapur pun dibuat dalam ukuran yang kecil saja sehingga lebih mudah dibersihkan.

Walau dapur di rumah Anda ukurannya kecil, Anda tetap harus tampil percaya diri. Sebab ukuran dapur bukanlah satu-satunya faktor penentu kenyamanan dan daya tarik ruangan tersebut. Anda tetap dapat membuat sebuah dapur yang cantik dan menarik di dalam ruang yang berukuran kecil. Kunci utamanya yaitu Anda harus mendesainnya dengan baik. Ya, proses dekorasi ini diperlukan untuk mengubah dapur yang awalnya biasa-biasa saja menjadi ruangan yang sungguh menarik dan nyaman untuk ditempati. Tak perlu bingung memulainya sebab Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini!

Jika Anda adalah salah satu pemilik rumah dengan dapur yang berukuran kecil seperti ini, kini Anda bisa memiliki suasana dapur yang nyaman dan tampilannya menarik di dalam ruangan tersebut dengan ide-ide di bawah ini! Silakan Anda bisa mengikutinya dengan baik ya.

Pelajari Fungsi Dapur

Langkah pertama ialah dengan mengamati dan memahami bagaimana ruangan dapur tersebut bakalan digunakan oleh keluarga Anda. Beberapa keluarga mengaku lebih senang apabila menghabiskan waktu santainya di dapur. Sementara keluarga yang lain memilih menjadikan dapur juga sebagai ruang makan. Dengan memperhatikan fungsi dan penggunaan dapur terlebih dahulu, Anda bisa menemukan ide lebih banyak dalam merencanakan tampilan setiap sudutnya. Anda bisa meminta saran dari anggota keluarga yang lainnya terkait ide pembuatan dapur yang paling tepat.

Titik Fokus di Dapur

Cobalah perhatikan seisi rumah Anda dan amati bagaimana titik fokus setiap ruangan dibuat. Titik fokus merupakan pusat pandangan di setiap ruangan ya. Sebagai contoh, di dalam ruang keluarga Anda dapat menemukan perapian sebagai titik fokusnya. Sementara itu di kamar tidur, titik fokusnya adalah tempat tidur. Lantas, apakah titik fokus di dapur kecil? Bukan lain adalah seluruh sudut di ruangan tersebut. Jadi ketika Anda ingin menciptakan titik fokus di dapur, pertimbangkan bagaimana cara Anda menata setiap sudut ruangan di sini. Lihatlah dapur ini sebagai sebuah kesatuan desain yang utuh.

Pemilihan Rak

Salah satu cara untuk menghemat ruangan di dapur adalah Anda bisa memasang beberapa rak gantung. Fungsi dari rak ini ialah sebagai tempat untuk meletakkan perabotan makan seperti piring dan gelas atau yang lainnya. Pilihlah rak yang bentuknya terbuka dari bahan kayu dan kaca untuk menciptakan suasana dapur yang bersih. Sementara rak akrilik bisa menambah kesan luas di ruangan dapur. Susun perabotan piring dan gelas, serta gunakan warna piring yang sama agar terlihat lebih rapi dan menarik. Anda harus memaksimalkan penggunaan bidang vertikal di dalam dapur yang kecil ini.

Pemilihan Warna Furniture

Adapun untuk warna furniture yang digunakan, baik itu kabinet, perabotan, ataupun karpet, sebaiknya memiliki warna yang sama. Tujuannya adalah untuk menciptakan suatu tampilan dekorasi yang mengalir dan seimbang. Pilih model furniture yang sederhana, tanpa banyak ornamen di permukaannya. Gantilah pintu kabinet dengan kaca dan cat bagian dalamnya dengan warna seperti dinding ruangan. Sedangkan untuk peletakan kabinet yang ideal adalah berjarak 18 inchi ke atas dari meja dapur. Namun kalau Anda berencana memasang kabinet sampai menyentuh langit-langit di sini boleh-boleh saja kok.

Pemberian Warna

Setiap warna dapat menciptakan kesan emosional tertentu. Mewarnai dapur merupakan cara termudah untuk menciptakan suasana dapur yang sesuai keinginan. Misalnya warna-warna dingin seperti biru bisa menciptakan ruangan dapur yang terlihat lebih luas. Sementara itu, warna-warna hangat seperti merah tua bisa membawa suasana dapur yang terasa lebih akrab. Misalnya dalam pemilihan warna cat dinding, gunakan cat yang berwarna sama ke seluruh ruangan untuk menjaga pandangan tidak tertuju pada satu titik. Selain itu warna furniture yang digunakan pun sebaiknya senada dengan warna dinding. Termasuk motif dan pola apabila menggunakannya.

Lantai dan Langit-langit

Setelah Anda selesai menghias bagian dinding dapur, jangan lupa untuk menyentuh bagian langit-langit dan lantainya pula. Desain dapur kecil akan semakin cantik jika ditata dari bagian bawah sampai atasnya. Hiasilah lantai dengan menambahkan karpet untuk memberikan tekstur dan warna yang pas. Sedangkan untuk mendesain bagian langit-langit, Anda bisa menambahkan dimensinya melalui teknik pencahayaan yang tepat. Hindari menggunakan warna putih cerah atau warna terang lainnya pada langit-langit agar pandangan mata tidak terlalu silau saat Anda menghadap ke atas.

Barang-barang Mewah

Untuk menambah nilai desain dapur kecil, Anda bisa memberikan sentuhan barang mewah di sana. Yang dimaksud dengan barang mewah di sini bukan sekedar harganya yang mahal ya. Namun lebih ke barang yang spesial, unik, dan terlihat elegan. Contohnya meja marmer memang terlihat sangat mewah, tetapi harganya terlalu mahal. Anda dapat menggantinya memakai meja yang terbuat dari batu alam yang unik atau sebuah lampu gantung antik di langit-langit. Anda juga dapat menghadirkan barang-barang mewah ini berupa peralatan makan dan barang pecah belah warisan dari orang tua.