7 Inspirasi : Desain Ruang Tamu Retro yang Atraktif dan Keren

Dekorasi ruang tamu bergaya retro merupakan salah satu konsep interior yang cocok bagi Anda penyuka gaya dramatis. Ruang tamu yang dihiasi dengan gaya retro ini langsung akan terlihat begitu unik, sangat menarik, dan lain dari biasanya. Tidak hanya cantik saja, tetapi ruang tamu juga mampu memukau orang yang melihatnya. Kalau Anda memang menginginkan ruang tamu yang eye-catching, maka konsep ruang tamu yang bergaya retro ini cocok sekali untuk Anda terapkan di rumah. Desain ruang tamu retro bakal membuat para tamu yang datang berkunjung merasa sangat hommy.

Anda mungkin tertarik untuk membuat ruang tamu yang benar-benar unik? Maka desain retro ini layak untuk Anda coba di rumah. Penerapan desain interior yang bergaya retro akan menciptakan ruang tamu yang luar biasa serta menakjubkan. Anda pasti akan merasa senang sekali dengan ruang tamu di rumah yang kini mempunyai tampilan sangat menarik berkat desain retro yang diaplikasikan ke dalamnya. Anda dapat mencobanya untuk membuat ruangan yang terlihat mengagumkan. Desain ruang tamu retro pasti akan menciptakan nuansa yang baru di dalam rumah tinggal Anda.

Bagi Anda yang ingin mendekorasi ruang tamu dengan mengusung gaya retro, Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini ya. Kami juga memberikan beberapa inspirasi secara khusus untuk memudahkan Anda dalam mendesain ruang tamu bergaya retro.

Pada prinsipnya, desain retro dibuat dengan maksud supaya suatu ruangan nampak penuh fantasi. Oleh sebab itu, teknik pewarnaan yang dipilih pun cenderung berani dan hidup. Terlihat pada gambar di atas. Bagaimana paduan dari warna merah dan hitam terlihat saling berkejaran satu sama lain yang kemudian dilembutkan oleh warna putih. Penerapannya pun dibuat pada aksen-aksen yang strategis agar semakin nampak berkesan. Supaya nuansa yang tercipta semakin kuat, maka Anda bisa menambahkan furniture yang tepat untuk mendukung konsep ruangan tersebut.

Lebih soft daripada gambar pertama, nuansa retro di atas mengalir ke seluruh ruangan. Nampak dari sisi bagian kiri ruangan menuju ke sebelah kanannya. Di mana hiasan dinding terbingkai dengan figura yang saling kontras menjadi focal point di ruang ini. Pemilihan desain sofanya pun dipilih secara khusus yang bergaya modern dengan mengedepankan warna jingga terang. Menariknya lagi adalah sebagai eksekusi yang terakhir, titik fokus furniture semakin dibuat sangat dramatis dengan hiasan warna hitam. Ruangan ini benar-benar penuh dengan nuansa retro di dalamnya.

Menciptakan ruang tamu bernuansa retro juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kesan pada warna silver. Seperti pada gambar ketiga ini, ruangan tamu tersebut dipenuhi dengan nuansa warna perak yang terlihat begitu mengagumkan. Kemudian ruangan ini dipercantik memakai tirai merah pada jendela, sofa putih, serta bantal berhias yang berwarna hitam. Tidak lupa, lukisan abstrak sebagai aksen ruangan juga turut menyemarakkan aroma retro di ruang tamu ini. Ruangan ini sangat menjunjung tinggi dekorasi ala retro sebagai konsep utamanya sehingga terlihat begitu unik.

Sebagai focal point di ruangan, televisi di ruang tamu ini tampil sangat menonjol. Lantas keberadaannya  diperkokoh menggunakan warna black silver yang begitu tegas. Selang-seling sofa berkelir kuning lemon dan hitam terlihat apik sekali menambah kedinamisan suasana di dalamnya. Di tengah ruang tamu, meja simple juga tampil apa adanya namun tetap kelihatan menawan. Sebagai lantainya, dipilih bahan lantai yang berjenis parket kayu. Penggunaan lantai kayu akan mempertahankan kehangatan suasana di dalam ruangan sehingga tetap terasa nyaman saat ditempati.

Inspirasi lainnya dari ruang tamu retro bisa Anda lihat pada gambar di atas. Area yang langsung menarik perhatian mata di dalam ruangan ini adalah karpet hitam yang menghampar di tengah lantai. Karpet tadi seolah-olah ingin menegaskan bahwa dirinya bisa tetap terlihat manis walaupun penampilannya sangat gelap. Sementara itu, penggunaan sofa cokelat yang berbahan kulit di sini juga turut mendukung kesan retro klasik yang ingin ditampilkan. Agar tak timpang sebelah, dinding ikut didramatasi dengan sentuhan kombinasi warna cat dinding hitam muda dan cokelat.

Jika menginginkan suasana ruang tamu yang lebih santai, gaya retro bisa dipermanis menggunakan jenis warna bold atau tebal. Warna ini tidak bisa dikatakan kekanak-kanakan jika Anda mengolahnya dengan tepat. Seperti tampak pada contoh gambar di atas. Manisnya pesona warna merah tebal yang menjalar ke seluruh area ruangan membuatnya terlihat menarik sekali. Sofa-sofa kecil bertekstur lembut ini yang dapat mengubah suasana dramatis terlihat lebih cair. Sementara itu, permainan motif juga dilaksanakan dengan penuh keberanian dari dinding, sofa, sampai ke lantai.

Konsep interior yang bergaya retro juga bisa dipadukan dengan desain mewah. Kalau ingin kemewahan di dalam ruang tamu tetap terjaga, maka tinggal tambahkan saja lampu kristal di dalamnya. Cahaya yang bersemburat kuning akan menetralisir kesan kaku ruangan menjadi terasa lebih elegan. Dominasi warna hitam sengaja dipilih supaya suasana ruangan ala retro pun terlihat semakin mendalam. Ruang tamu ini juga bisa Anda hiasi mengguakan aneka perabotan yang terbuat dari kaca. Jangan lupakan juga aksesori berupa kain yang akan menambah kesan elegan di dalam ruangan ini.