5 Tips Desain Kafe ala Korea untuk Anda, Setiap Sudutnya Estetik

Demam Korea sungguh melanda seluruh dunia, tak terkecuali dengan Indonesia. Banyak anak muda yang sekarang mengidolakan sekali segala hal yang ada di Korea. Sehingga dalam kesehariannya pun orang-orang sekarang banyak yang memasukkan unsur Korea ke dalam dirinya. Dengan kenyataan semacam itu maka Anda sebagai pengusaha kafe pun harus mengambil kesempatan yang langka dan menguntungkan ini. Buatlah kafe Anda bergaya Korea agar ramai pengunjungnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya desain minimalis begitu mendominasi bangunan di Indonesia. Setelah itu, desain industrialis pun muncul sebagai bentuk perlawanan terhadap desain modern yang terasa monoton. Meskipun dipenuhi oleh material unfinished, desain industrialis ini tampak sangat menarik dengan keunikan yang dimilikinya. Barulah setelah fenomena KPOP dan K-Drama booming, gaya ala Korea begitu diminati oleh masyarakat. Tak terkecuali pula dengan masyarakat di negara kita.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat desain yang bernuansa Korea. Misalnya adalah ide-ide di bawah ini yang dapat Anda aplikasikan ke dalam kafe Anda!

Pemakaian Palet Warna yang Netral

Kalau Anda bertanya cat dinding berwarna apa yang mampu menciptakan nuansa ala Korea banget, maka kami merekomendasikan untuk menggunakan warna-warni khas pastel. Warna pastel adalah warna yang lembut, halus, dan manis. Semua ini merupakan kesan yang diperlukan untuk membuat tampilan ala Korea. Misalnya kombinasi warna yang kami sarankan yaitu warna biru muda, pink, dan putih. Pilihan warna krim, cokelat muda, abu-abu, dan hitam juga cocok digunakan di sini.

Penggunaan Furniture Kayu & Besi

Penggunaan funiture kayu dan besi juga bisa Anda gunakan untuk melengkapi kafe. Memang saat ini tengah tren memakai furniture gaya industrialis di dalam kafe. Cuma kalau Anda ingin memasukkan hawa Korea pula, maka Anda bisa menggunakan warna kayu yang lebih muda atau pucat. Warna ini yang bisa membuat kafe Anda menjadi semakin lembut dan manis seperti halnya di Korea. Anda bisa mempertimbangkan memakai furniture dengan bentuk khas Korea untuk keperluan ini.

Tata Letak Ruangan yang Longgar

Ide lain yang perlu Anda lakukan untuk membawa kesan Korea ke dalam kafe Anda adalah penataan ruangan yang tepat. Seperti kita tahu, gaya penataan rumah khas Korea ialah tata letak interior yang longgar. Bahkan Anda juga dapat menerapkan gaya khas lesehan di dalam kafe tersebut. Penataan yang tak rapat ini berguna untuk menghadirkan suasana yang tenang sehingga para pengunjung pun bisa menikmati kopi dan makanan yang dipesannya dengan perasaan yang mendalam.

Buatlah Alur di Dalam Interior Ruang

Lakukan proses mendesain interior kafe dengan semaksimal mungkin. Artinya, Anda tak boleh hanya menata bagian luar kafe saja, tetapi bagian interiornya pun harus mendapatkan sentuhan desain. Di area interior ini, Anda dapat mengadopsi cara masyarakat Korea menata hunian rumahnya. Misalnya yaitu mengenai pembuatan alur di dalam interior rumah. Anda pun bisa membuat alur yang khas ini pada penataan kursi dan meja sehingga tampilannya tidak membosankan lagi.

Jangan Lupa Musik Khas Korea Ya!

Kalau mau membawa nuansa Korea ke dalam kafe Anda, maka Anda tidak boleh melupakan tentang KPOP. Ya, musik pop ala Korea ini memang sangat digandrungi pada satu dekade terakhir. Musik ini sangat menarik dan memiliki nuansa yang berbeda dari musik-musik lainnya. Cuma khusus ke dalam kafe, Anda sebaiknya memilih musik-musik yang lembut dan diiringi oleh alunan gitar/piano akustik supaya pengunjung bisa mendapatkan ketenangan dan menikmati saat mendengarnya.