9 Jenis Lantai yang Paling Banyak Digunakan di Rumah Indonesia, Mau Pilih Mana?

Apakah Anda pernah bermimpi memiliki ruang tamu yang mewah atau kamar tidur yang super nyaman? Salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan demi mewujudkan impian Anda tersebut ialah memilih lantai yang paling tepat. Disadari atau tidak, lantai memang mempunyai peranan yang begitu penting terhadap desain rumah secara keseluruhan. Pemilihan lantai yang dilakukan dengan benar akan menghasilkan desain yang sempurna sesuai dengan keinginan Anda.

Memilih lantai yang sesuai dengan desain ruangan yang ingin kita buat memang cukup rumit. Kenapa? Sebab ada begitu banyak aspek yang perlu Anda perhatikan di sini. Di antaranya meliputi dekorasi ruang, fungsi ruangan, lalu lintas di dalamnya, lokasi ruangan, dan seberapa sering Anda menghabiskan waktu di ruangan tersebut. Sangat penting bagi Anda untuk memilih jenis lantai yang tak hanya nampak indah dan menarik saja, tetapi juga terasa begitu nyaman di kaki saat Anda memijaknya.

Untungnya sekarang sudah ada beragam jenis lantai yang bisa kita temukan di toko bangunan. Anda bisa memilih lantai mana yang paling tepat sesuai dengan selera dan kebutuhan. Tahukah Anda, di antara banyaknya ragam pilihan material lantai saat ini, tercatat bahwa ada 9 jenis lantai yang paling populer di Indonesia karena sangat sering digunakan. Daripada bingung sendiri, lebih baik Anda pilih saja salah satu dari berbagai macam pilihan lantai di bawah ini. Silakan Anda mau pilih yang mana?

Lantai Keramik

Keramik pada dasarnya terbuat dari tanah liat, air, mineral, serta kaca sebagai pelapis motif dan warna. Lantai keramik dikenal memiliki daya tahan yang baik terhadap api, kelembaban, noda, goresan, dan bakteri sehingga membuatnya cocok dipasang di mana saja. Pemasangan keramik membutuhkan lapisan semen di sela-selanya agar seluruh permukaan menjadi halus. Sangat penting bagi Anda untuk meminta bantua jasa seorang ahli bangunan dalam pemasangannya agar tidak ada rongga udara yang terjebak di dalamnya. Hal ini bisa menyebabkan lantai keramik mudah pecah.

Lantai Ubin

Jenis lantai kedua yang paling populer di Indonesia adalah ubin. Sebenarnya tren rumah yang memakai ubin datang terlebih dahulu daripada keramik. Namun karena kalah saing, keramik kini menjadi material lantai yang paling digunakan. Kelebihan utama dari lantai ubin yaitu strukturnya yang kuat sekali. Lantai ini sangat kuat sehingga membuatnya tahan banting dan tidak mudah rusak. Selain itu, harganya di toko bangunan juga relatif murah. Pemakaian lantai ubin akan menciptakan desain interior yang bernuansa tradisional dan klasik. Indah sekali dipadukan dengan aksen yang modern.

Lantai Semen

Bagi Anda yang tidak mau repot memasang lantai dan menghabiskan biaya yang cukup besar, coba saja menggunakan lantai semen. Jika dibuat dengan apik, lantai semen pun dapat mempunyai tampilan yang cantik sekali. Walaupun biaya pembuatan yang digunakannya tidak terlalu besar, tapi lantai semen juga bisa memiliki tampilan yang mewah apabila Anda memolesnya dengan bahan khusus. Lantai semen ini biasa dikenal pula dengan lantai beton. Pembuatannya dilakukan dengan menuangkan adukan semen ke dalam area kerja lalu meratakannya. Setelah kering, lantai semen ini bisa dipoles agar mengkilap.

Lantai Kayu

Menurut kami, lantai layu merupakan pilihan lantai yang paling indah. Di satu sisi, lantai ini terlihat alami sekali. Tapi di sisi lain, kemewahannya juga sungguh terasa. Anda bisa menerapkannya pada ruangan yang paling spesial di rumah. Misalnya seperti kamar tidur, mushola, atau ruang keluarga. Sayangnya permukaan lantai kayu mudah sekali tergores, terutama jika Anda memelihara hewan di rumah. Untuk teknik perawatannya sendiri, Anda mesti mengampelas permukaan lantai ini setiap 3-5 tahun sekali agar keindahannya senantiasa tetap terjaga.

Lantai Laminasi

Kalu Anda menyukai tampilan lantai kayu tetapi ragu menggunakannya karena khawatir lantai tersebut bakal tergores, maka sebagai alternatifnya Anda bisa memilih lantai laminasi. Perlu Anda ketahui, lantai laminasi merupakan lantai buatan yang sengaja didesain mirip sekali dengan lantai kayu. Kelebihan dari lantai ini yaitu hampir tidak mungkin tertempeli noda membandel, tergores, atau terbakar. Oleh karena itu, lantai laminasi cocok sekali digunakan untuk menciptakan desain interior yang natural dan berkelas tanpa Anda harus repot mesti merawatnya secara intensif.

Lantai Vinyl

Selain lantai laminasi, ada pula jenis lantai buatan lainnya yang juga banyak digunakan di rumah-rumah di Indonesia. Bukan lain yaitu lantai vinyl. Ini merupakan lantai yang terbuat dari bahan vinyl sehingga mempunyai daya tahan yang sangat tinggi. Lantai vinyl memiliki banyak pilihan ragam corak dan warna. Mulai dari desain yang bergaya tradisional sampai dengan modern dan mewah. Dengan perawatan yang benar, lantai vinyl di rumah Anda mampu bertahan lama sekali. Lantai ini cocok dipasang di dapur, ruang tamu, atau kamar tidur karena sangat mudah dibersihkan.

Lantai Marmer

Bagi Anda yang menginginkan sebuah rumah bak istana yang begitu indah dan penuh kemewahan, maka Anda dapat menggunakan marmer sebagai pilihan untuk lantainya. Yap, lantai marmer merupakan jenis lentai yang paling mewah dan berkelas tinggi. Lantai ini nampak begitu unik dan istimewa dengan motif khas yang dimlikinya. Permukaannya nampak mengkilap tatkala terkera sinar matahari atau cahaya dari lampu. Dijamin deh Anda pasti tak akan dikecawakan oleh lantai ini. Tapi sayangnya harga lantai marmer ini mahal sekali. Anda pun mesti memolesnya secara berkala agar lantai tetap menawan.

Lantai Granit

Selain lantai marmer, ada pula jenis lantai lainnya yang sarat dengan kemewahan. Adalah lantai graniit, lantai yang terbuat dari batu alami yang diolah sedemikian rupa sehingga mempunyai permukaan yang begitu mengkilap layaknya kaca. Lantai granit cocok sekali dipkaia manakala Anda menginginkan sebuah lantai yang berkelas dan mempunyai pesona yang menarik. Lantai ini juga memiliki daya tahan yang baik sekali, tak mudah tergores, dan tahan lama. Sama seperti lantai marmer, Anda pun perlu memoles lantai granit untuk mempertahankan pesona pada permukaannya biar tetap menarik.

Lantai Karpet

Tak hanya menarik, karpet juga berfungsi untuk mempertahankan kehangatan di suatu ruangan. Karpet yang lembut dapat melindungi anak-anak dari cidera saat mereka terjatuh. Adanya karpet juga mampu menyembunyikan tampilan lantai yang kurang harmonis dengan furnitur. Untuk penggunaannya, karpet bisa ditambahkan di mana saja. Termasuk di ruang bawah tanah serta gudang sekalipun. Harga karpet juga terbilang murah daripada jenis lantai yang lainnya. Dengan ketersediaan pilihan motif dan warna yang sangat banyak, kita dapat memilih lantai yang sesuai kebutuhan dengan mudah.