7 Ide Desain Rumah Tropis Sederhana Bikin Hunian Lebih Cantik

Konsep utama desain rumah tropis sederhana ialah penciptaan hunian yang mempunyai suasana santai. Sebisa mungkin suasana rumah tropis harus terasa nyaman dan mudah digunakan. Rumah tersebut juga gampang dirawat dan lebih mudah dibersihkan. Seperti kehidupan di dalam hotel, Anda tidak usah repot dalam merawat rumah manakala didesain dengan konsep ala tropis. Konsep ini memungkinkan suasana rumah Anda tak ubahnya seperti villa pesisir pantai yang begitu menyenangkan ataupun puncak gunung yang dikelilingi oleh pemandangan hijau yang sungguh asri dan menyegarkan.

Desain rumah tropis dibuat dengan mengadopsi hunian khas daerah tropis ke dalam rumah. Untungnya kita pun tinggal di daerah yang beriklim tropis. Sehingga Anda dapat meniru gaya rumah tradisional khas  Indonesia untuk membuat konsep yang satu ini. Agar penampilan rumah tersebu tetap bersifat kekinian, maka Anda juga dapat memadukannya dengan konsep modern. Tak ada salahnya Anda juga mengadopsi hunian ala Afrika dan Amerika Latin dalam membuat rumah yang bernuansa tropis ini. Dengan demikian, rumah Anda pun akan terlihat semakin unik dan lain daripada hunian di sekitarnya.

Jangan khawatir ya. Kami akan memberikan inspirasi-inspirasi yang tepat mengenai konsep rumah yang bergaya tropis. Anda juga bisa mengadopsi berbagai tips yang terdapat di bawah ini.

Warna Cat Dinding Antara Hijau dan Biru

Pada dasarnya, rumah tropis mencerminkan hunian yang mempunyai nuansa alami. Rumah ini dipenuhi oleh air dan tanaman di lingkungannya. Pewarnaan yang dipakai bertujuan untuk menciptakan suasana yang berani dan penuh dengan semangat. Nuansa ini salah satunya bisa diciptakan dari kombinasi warna cat dinding antara biru dan hijau sebagai warna dasarnya. Tentunya sah-sah saja bagi Anda apabila ingin menambahkan warna lain. Tapi dengan catatan warna tadi hanya berfungsi sebagai aksen/hiasan. Yang tidak kalah pentingnya adalah tambahkan juga beberapa aksesori yang berasal dari daerah laut.

Banyakanya Jumlah Bukaan di Ruangan

Rumah yang terletak di daerah tropis pasti akan terasa panas. Maklum saja karena jarak rumah tersebut dengan matahari memang cukup dekat. Sehingga tak heran kalau rumah tropis selalu dilengkapi dengan bukaan-bukaan yang jumlahnya banyak sekali. Anda dapat membuatnya dengan membangun jendela di posisi yang tepat. Tidak hanya satu atau dua buah jendela saja, tetapi Anda mesti memaksimalkan ruang yang tersedia untuk dibuat jendela. Malahan untuk rumah tropis modern biasanya membangun jendela raksasa yang memiliki ukuran satu bidang dinding yang besar loh. Anda bisa mencobanya sendiri.

Tanaman Tropis Sebagai Aksen Dekorasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, keberadaan tanaman tropis menjadi salah satu unsur utama pada desain rumah tropis. Beberapa contoh tanaman yang bisa ditanam antara lain pisang, kelapa, kamboja, dan tumbuh-tumbuhan berdaun hijau yang rimbun. Jika rumah Anda berukuran kecil, maka keberadaan tanaman ini bisa dimunculkan dalam bentuk wallpaper, gorden, karpet, atau kain yang dipakai di seluruh rumah. Mulailah menghadirkan aksesori bergaya tumbuh-tumbuhan ini dari ruang tamu, ruang makan, dan lingkungan eksterior. Anda bisa membeli bibit tanaman yang lengkap di www.tokotanaman.com ya.

Gunakan Lantai yang Gampang Dirawat

Lantai untuk rumah tropis harus mudah dirawat. Mengapa? Karena banyaknya jumlah bukaan di rumah ini bakal menyebabkan partikel-partikel debu dapat memasuki rumah dengan mudah. Apapun jenisnya lantai bisa  Anda gunakan di rumah ini asalkan tidak sulit dalam merawatnya. Misalnya yaitu Anda dapat memakai lantai keramik, lantai beton, lantai marmer, lantai granit, atau lantai kayu. Usahakan dari lantai tersebut sanggup mencerminkan pesona tanah yang lembab atau hamparan pasir yang bersih. Sehingga nuansa khas tropis di dalamnya pun akan terasa begitu kuat sekali.

Motif Khas Alam dan Tekstur yang Kasar

Sedikit rahasia nih. Tekstur yang terasa kasar biasanya bakal langsung cocok untuk rumah berkonsep ala tropis. Keberadaan benda-benda bertekstur kasar ini dapat Anda peroleh dengan menghadirkan batang kelapa, kayu, anyaman, rotan, maupun jerami. Selain itu, bahan bambu dan jati juga mengandung kesan tropis yang sangat kuat sehingga cocok Anda jadikan sebagai bahan furnitur ruangan. Untuk membentuk ilusi tropis yang sangat kuat di sini, Anda juga dapat memainkan motif pada permukaan benda-benda di atas menggunakan corak batang bambu, tebu, bentuk pulau, dedaunan, matahari, dan sebagainya.

Pesisir Pantai serta Hutan Hujan Tropis

Suasana yang umumnya diciptakan di lingkungan rumah tropis adalah daerah pantai dan hutan. Contoh elemen bernuansa pantai misalnya dayung, tempat tidur gantung, perahu, dan cahaya obor. Sedangkan nuansa hutan tropis bisa ditambahkan dengan sentuhan burung-burung tropis, ikan hias, bahkan reptil. Untuk menjaga nilai rumah Anda tetap tinggi atau tidak terlalu kekanak-kanakan, bisa dilakukan melalui penggunaan bahan yang mahal serta penambahan ukiran dari kayu, patung logam, serta lukisan dari cat minyak. Silakan Anda pilih salah satu, apakah ingin membuat desain rumah ala pesir pantai atau hunian di pedalaman hutan.

Pemasangan Lampu Temaram di Taman

Jangan lupakan lampu-lampu taman yang bersinar temaram karena tidak pernah lepas dari desain tropis ini. Yap, rumah tropis memang selalu dilengkapi dengan taman di sekelilingnya. Ukuran taman ini tidak harus luas, melainkan cukup ditanami dengan tumbuh-tumbuhan khas wilayah tropis. Setelah itu, Anda dapat melengkapi taman tersebut dengan lampu-lampu taman. Di sini kita sengaja memilih lampu yang cahayanya berwarna kuning dan bersinar temaram agar efek cahaya yang dihasilkannya terlihat lembut dan elegan. Anda bisa memasang beberapa lampu sekaligus yang dipasang secara acak di taman.