Ide Desain Rumah Kayu Minimalis yang Sederhana dan Artistik

Salah satu bahan bangunan yang populer digunakan untuk membuat rumah berkat pesona yang dimiliki adalah kayu. Kayu merupakan material yang mempunyai keindahan alami. Pesonanya sungguh khas dan lain daripada material bangunan yang lainnya. Sehingga keberadaan kayu ini bisa menghadirkan nuansa khas yang berbeda. Biasanya kayu ini dimanfaatkan sebagai material untuk membuat rumah tradisional. Kayu telah digunakan sebagai bahan dasar rumah sejak dahulu kala. Tapi di balik itu, kayu memiliki sifat dinamis sehingga membuatnya bisa dipakai untuk desain apapun, termasuk desain minimalis.

Pada dasarnya desain rumah minimalis mengusung konsep yang sederhana, tenang, alami, dan minimal. Di satu sisi rumah ini terlihat begitu bersih, namun di sisi yang lainnya rumah juga nampak berkelas. Pun demikian dalam pembuatan desain rumah minimalis dari kayu ini. Anda sebaiknya tetap memperhatikan unsur-unsur pembentuk desain minimalis ini supaya keindahannya bisa diciptakan secara tepat. Dengan mengombinasikan antara dekorasi minimalis dan material kayu, bukan tidak mungkin rumah Anda akan terlihat lain daripada yang lain dan semakin unik. Anda patut mencobanya!

Anda bisa membangun rumah kayu yang mengusung konsep minimalis menggunakan kiat-kiat di bawah ini. Silakan Anda dapat memulainya dari tips yang pertama ya.

Dominasi Kayu Sebagai Dinding Rumah

Dinamakan rumah kayu sebab bahan dasar rumah tersebut memakai kayu. Sebenarnya Anda tidak harus menggunakan kayu sebagai satu-satunya bahan baku untuk membuat rumah tersebut. Tetapi Anda juga bisa memadukannya dengan material bangunan yang lain. Cuma kayu ini harus menjadi dominasi bahan utamanya. Inilah kenapa Anda mesti menggunakan bahan kayu untuk membangun dinding rumah. Anda bisa memainkan desainnya dengan menyusun pola kayu ini secara vertikal, horisontal, maupun diagonal. Agar kesan minimalisnya bisa dimunculkan, tambahkan jendela kaca di beberapa sudut ruangan.

Menggunakan Warna Cat Khas Minimalis

Kami pernah memberikan ide warna cat minimalis pada postingan sebelumnya. Anda bisa memakainya dengan memadukannya antar satu sama lain agar kedinamisan rumah bisa diciptakan. Bahan kayu yang umumnya kusam bisa Anda berikan cat pelapis berwarna clear agar terlihat mengkilap dan lebih mewah. Warna kayu yang cokelat juga sangat bagus disandingkan dengan warna lainnya loh. Misalnya Anda bisa mengombinasikan warna cokelat kayu ini dengan warna putih. Ini merupakan salah satu jenis kombinasi warna yang pasti berhasil. Ada bisa meerapkan warna putihnya di jendela, pintu, dan lis dinding.

Isilah Interior dengan Furniture Modern

Desain minimalis umumnya tidak bisa dilepaskan dari furniture modern yang cenderung unik. Jika Anda mengisi rumah kayu dengan furniture tradisional dan antik, desain rumah Anda justru akan condong ke arah gaya klasik. Penambahan furniture modern ini dibutuhkan juga untuk memperkaya fungsi ruangan. Umumnya furniture modern dibuat dengan model serbaguna sehingga setiap furniture bisa mempunyai lebih dari satu fungsi. Tambahkan furniture ini seperlunya saja supaya penampilan interior rumah Anda tetap terlihat bersih. Ini merupakan salah satu unsur pembentuk desain minimalis yang penting.

Memilih Lantai Keramik atau Lantai Kayu?

Baik lantai keramik maupun lantai kayu sebenarnya sama-sama dapat diaplikasikan pada konsep rumah yang satu ini. Cuma lantai kayu membutuhkan perawatan yang lebih. Anda juga perlu waspada terhadap serangan rayap saat memakai lantai kayu mengingat rumah Anda seluruhnya terbuat dari material kayu, yang notabene sangat disukai oleh rayap. Akan tetapi, lantai kayu mempunyai yang jauh lebih indah dan menarik daripada lantai kayu. Bahkan pesona lantai keramik yang memiliki corak menyerupai kayu pun masih kalah daripada lantai kayu yang asli ini. Anda bisa merawat lantai kayu tersebut sesuai dengan tips yang pernah kami share sebelumnya ya.

Menghadirkan Taman di Eksterior Rumah

Karena desain rumah yang Anda bangun bercita rasa lingkungan alami, Anda bisa lebih memperkuatnya dengan menghadirkan taman di halaman depan. Desain taman yang digunakan sebaiknya minimalis juga sehingga keindahan dinding kayu sebagai unsur eksterior utama dapat tetap dipertahankan. Tambahkan bunga-bunga cantik berbatang rendah untuk menghiasi taman di depan rumah tersebut. Paduan antara rumah kayu minimalis serta taman minimalis benar-benar akan terlihat cocok sekali. Desain rumah Anda akan mempunyai penampilan yang begitu indah dengan kesan minimalis yang begitu kuat.