5 Inspirasi : Membuat Desain Rumah Pantai yang Sederhana

Pesona desain rumah pantai tidak dapat dilepaskan dari harmonisasi antara warna, tekstur, dan aksesori yang bernuansa pesisir. Warna-warna cerah, tekstur yang terasa kasar, serta aksesori yang melengkapi lingkungan interior dan eksteriornya dapat menciptakan suasana rumah yang unik dan menyenangkan. Desain rumah pantai identik dengan suasana yang begitu santai, pesta, dan jauh dari stres. Bukan cuma villa saja yang bisa mengadopsi konsep yang satu ini, bahkan rumah tinggal Anda pun bisa dibuat supaya mempunyai suasana khas ala-ala rumah yang terletak di daerah pantai tersebut.

Berkat suasana yang mampu diciptakannya, maka tak heran kalau Anda pun merasa tertarik untuk cepat mengaplikasikan dekorasi rumah khas pantai ini di hunian pribadi. Prosesnya sendiri tak terlalu sulit kok. Anda tidak harus melakukan renovasi secara besar-besaran untuk mengubah desain rumah Anda saat ini menjadi rumah yang bergaya ala hunian pantai. Anda bisa langsung saja mulai menatanya menggunakan warna cat dinding yang tepat dan aksesori yang bisa mendukung suasana pantai. Manfaatkan juga aneka macam furniture yang dapat membantu Anda menciptakan rumah tinggal dengan dekorasi pantai.

Bila Anda juga tertarik membuatnya, berikut ini kami rangkumkan ide-ide dasarnya dalam mendekorasi rumah khas pantai. Silakan Anda dapat memulainya dari tips yang pertama ya!

Pemilihan Warna Cat Dinding yang Tepat

Warna cat dinding yang paling tepat untuk menciptakan suasana pantai ialah warna yang mencerminkan laut, pasir, langit, dan sinar mentari. Kombinasi antara kuning dan putih bisa menghadirkan rumah yang bercahaya. Biru yang juga berarti kehidupan, merupakan simbol dari jernihnya air di tengah-tengah laut. Nuansa beige, taupe, serta ecru mengingatkan kita tentang pasir-pasir di bibir pantai yang terlihat begitu sejuk di mata. Kesimpulannya yaitu warna cat yang pas untuk konsep hunian pantai adalah warna yang mampu menciptakan suasana bercahaya dan lapang, serta jauh dari kesan hiruk-pikuk perkotaan.

Menghadirkan Tekstur yang Khas Pantai

Penghadiran tekstur merupakan solusi terampuh untuk membawa aroma pantai di sekitar rumah Anda. Pada rumah berkonsep traditional beach, hindarilah pemakaian bahan-bahan bertekstur halus dan pilih kain yang kasar seperti wol atau goni. Ide lainnya, Anda dapat menaruh batu dan kerikil untuk digunakan di area kamar mandi, taman, maupun jalan setapak. Tentu saja, rumah-rumah bergaya pantai tidak bisa dilepaskan dari aksesori kerang. Anda dapat menyusun kerang-kerang ini secara kreatif di seluruh sudut rumah. Mulai dari meja, kamar mandi, lingkungan dapur, bahkan hiasan dinding untuk eksterior.

Penambahan Furniture yang Eye-Catching

Furniture untuk dekorasi pantai harus terlihat unik, namun tetap berstruktur kokoh. Secara keseluruhan, furniture-furniture ini terlihat sederhana dan menghindari kemewahan. Lebih bagus lagi kalau furniture tersebut bersifat multifungsi sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Sebagai contoh, meja untuk menyimpan majalah di bawahnya atau sofa yang bisa dijadikan kasur. Sofa untuk ruang tamu dan ruang keluarga juga harus kokoh serta sanggup menambah kenyamanan di dalam rumah. Salah satu trik agar sofa tersebut selalu tampak baru yaitu Anda bisa memakai sofa cover yang diganti secara berkala.

Meja Makan yang Berukuran Ekstra Besar

Dari sekian banyaknya furniture di dalam rumah, furniture yang paling wajib diperhatikan saat membuat dekorasi rumah khas daerah pantai adalah meja makan. Usahakan pilihlah meja makan yang berukuran besar sebagai tempat menjamu para tamu yang sering berkunjung, sebagaimana di daerah pantai. Meja harus mampu menampung aneka hidangan seafood serta berbagai minuman di atasnya tanpa merusak permukaannya. Jangan sampai meja tadi malah membuat suasananya menjadi tidak nyaman. Umumnya meja yang dipakai berbahan papan kayu dengan kursi berjenis bangku panjang tanpa finishing halus.

Aksesori Rumah dari Aneka Kerajinan Laut

Berbeda dengan desain rumah jepang, kehadiran aksesori justru sangat krusial pada rumah pantai. Item ini berguna sebagai pencipta suasana khas daerah pesisir yang ingin Anda buat di dalam rumah tersebut. Adapun aksesori yang kerap digunakan contohnya adalah miniatur mercusuar, perahu, jaring ikan, atau tanda-tanda pantai. Agar semakin cantik, kerang-kerang kecil bisa Anda susun sedemikian rupa menjadi bentuk kreatif. Sedangkan kerang yang berukuran lumayan besar dapat dijadikan sebagai hiasan dinding secara langsung. Gunakanlah aksesori ini sewajarnya saja, dan hindari bertindak secara berlebihan.