Warna
Jul29

Tips Sukses Memadukan Warna Cat Dinding

Mempercantik tampilan dinding paling gampang dilakukan dengan menambahkan cat. Kita cukup memilih warna yang disukai, membelinya di toko bangunan, kemudian mengecatkannya ke dinding. Tapi, benarkah semudah itu?

Tingkat kesulitan menghias ruangan dengan cat dinding tergantung pada kemampuan yang Anda miliki saat ini. Jika Anda sudah terbiasa mengecat, tentu berbeda tingkat kesulitannya dengan orang yang baru pertama kali melakukannya.

Kesulitan pertama yang dihadapi saat kita membicarakan topik cat adalah bagaimana cara memadukan warna yang tepat. Paduan warna yang serasi diperlukan untuk mendapatkan kesan warna yang terlihat lebih dinamis. Dan ruangan dinamis akan terlihat cantik setiap saat dan tidak membosankan.

1. Menentukan Warna Cat Dasar

Sebagaimana kita ketahui, dalam pemilihan warna dikenal warna dasar dan warna aksen. Warna dasar merupakan warna yang mendominasi suatu desain. Oleh sebab itu, kita perlu memilihnya terlebih dahulu agar dominasi ruangan yang sesuai keinginan bisa diwujudkan. Pemilihan warna dasar bisa Anda sesuaikan dengan konsep ruangan yang ingin dibangun.

2. Gunakan Kombinasi Warna Maksimal Tiga

Anda sering merasa kesulitan dalam menentukan jumlah warna cat yang akan dipakai? Kuncinya sederhana sekali. Cukup gunakan warna maksimal tiga macam saja. Penggunaan warna lebih dari ini membuat ruangan Anda terasa ramai dan tidak cocok diaplikasikan pada interior rumah. Warna pertama berfungsi sebagai warna dasar. Warna kedua berfungsi sebagai warna aksen. Warna ketiga juga berfungsi seperti warna kedua tetapi dengan penggunaan yang lebih sedikit. Paduan ketiga warna inilah yang menjadi penentu kualitas desain Anda.

3. Gunakan Warna Cerah Pada Satu Sisi Dinding Saja

Hati-hati dalam menggunakan warna cerah. Pada umumnya warna ini mampu menarik perhatian mata secara cepat meski jumlahnya sedikit. Akibatnya jika kita mendominasi ruangan dengan jenis warna ini, maka mata akan cepat lelah, konsentrasi terganggu, dan hasilnya ruangan menjadi tidak nyaman. Tren saat ini adalah menggunakan warna cerah pada satu sisi dinding secara penuh sebagai titik fokus ruangan dan warna gelap atau netral pada ketiga sisi dinding yang lainnya. Tidak lupa menghiasi dinding berwarna cerah ini dengan pernak-pernik yang lebih soft agar keseimbangan ruangan tetap terjaga.

Berikut ini 5 usulan warna aksen yang spesial menurut kami dan bisa Anda padukan dengan warna dasar yang serasi :

1. Lava (Merah Tua)

Lava merupakan salah satu jenis warna merah yang gelap. Warna ini sangat cantik jika digunakan untuk mendominasi ruangan. Pilih ruangan yang tidak sering ditempati seperti loteng, lorong, kamar tidur atau ruang makan. Ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah Anda dan menemukan warna ini menempel di salah satu dinding ruangan, mereka akan kagum dengan pesona dramatis yang diciptakannya.

2. Midnight (Biru Tua)

Tidak peduli cerah atau gelap, warna biru selalu bisa membuat ruangan terlihat teduh dan menenangkan. Begitu juga saat Anda memakai warna midnight. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh warna ini adalah Anda bisa menggunakannya untuk mendominasi ruangan berukuran besar maupun sebagai warna aksennya. Ruangan yang dipenuhi oleh warna midnight akan terasaa hangat, mengundang dan penuh gaya.

3. Wine (Ungu Tua)

Ungu dengan tambahan sedikit warna bit merah merupakan warna berkharisma dan indah untuk digunakan sebagai aksen rumah. Artinya, jika Anda ingin setiap sudut rumah memiliki suasana yang berkesan, maka warna ini bisa menjadi pilihannya. Ruang dapur adalah tempat yang tepat untuk mencoba warna ini di rumah Anda. Sedangkan jika digunakan untuk kamar tidur, suasana di dalamnya menjadi lebih romantis.

4. Onyx (Hitam Gelap)

Onyx merupakan jenis warna yang paling berani. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menggunakannya terlalu banyak, meskipun di ruangan yang luas sekalipun. Sebab, warna ini mampu mempengaruhi visualisasi mata sehingga menjadikan ruangan terlihat lebih sempit. Gunakan warna ini di salah satu dinding saja sebagai background hiasan yang menempel di sampingnya untuk menciptakan gaya klasik dan drama yang indah.

5. Mink (Cokelat Abu-abu)

Memadukan warna cokelat dengan abu-abu merupakan kombinasi warna yang tidak biasa untuk dekorasi rumah. Inspirasi ruangan dengan kombinasi warna ini berasal dari gaya Victoria. Tambahkan hiasan berbulu agar ruangan terlihat semakin manis.