Warna
Jul20

Tips Memilih Warna Cat Dinding Ruang Keluarga

Jika dibandingkan, memilih cat dinding untuk ruang keluarga lebih mudah daripada ruangan lainnya. Di sini anda bisa lebih bebas dalam memainkan daya kreatifitas yang anda miliki dalam memadukan warna-warna menjadi satu. Meskipun begitu, anda jangan menganggap remeh pekerjaan ini. Karena, secara langsung, warna cat akan menentukan suasana apa yang akan dibangun di dalam ruangan tersebut.

Berikut ini tips-tips yang bisa anda gunakan :

1. Sesuaikan dengan Ruangan di Sampingnya

tips-memilih-cat-dinding-ruang-keluarga.jpg

Salah satu prinsip desain yang tidak bisa dilepaskan saat memilih cat adalah rumah sebagai sebuah kesatuan (unity). Karena itu, sebisa mungkin warna ruang keluarga juga mampu menyatu dengan baik bersama warna ruangan di sekitarnya. Agar tampil lebih dinamis, anda bisa menggunakan warna dasar untuk seluruh interior, dan warna aksen yang berbeda-beda.

2. Pertahankan Fungsi Ruang Keluarga

Seperti kita ketahui, fungsi utama ruang keluarga adalah sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Kenyamanan dan keakraban sangat diprioritaskan di ruangan ini. Jangan pernah menggunakan jenis-jenis warna yang ramai dan menyilaukan mata. Hindari juga pemakaian warna yang bersifat gender, seperti maskulin atau feminin. Sebaliknya, pilihlah warna yang kalem dan netral, terutama warna favorit keluarga anda.

3. Jangan Abaikan Tren Warna

Setiap tahun, tren warna cat dinding selalu mengalami perkembangan. Akan sangat rugi jika anda tidak memanfaatkan warna ini, setidaknya sebagai aksen ruangan. Salah satu manfaat dari penggunaan warna tren ini adalah untuk mengangkat nilai ruangan agar tidak terlihat kuno. Adapun warna rumah yang menjadi tren untuk 2014 adalah teal.