Warna
Nov30

Memilih Warna Cat Dinding yang Terbaik untuk Interior

Proses memilih warna cat dinding interior memerlukan trik tersendiri. Pasalnya, aspek warna ini memberikan kontribusi yang sangat besar di dalam dekorasi suatu ruangan. Warna dinding berfungsi sebagai background di mana harus tampil memikat untuk mendukung benda-benda di depannya.

Nah, di bawah ini tips-tips agar anda menemukan warna cat yang tepat :

1. Pelajari Seluk Beluk Warna dan Kesan yang Ditimbulkannya

memilih-cat-dinding.jpg

Perlu diketahui bahwa setiap warna memiliki karakteristiknya masing-masing. Misalnya, warna putih yang bisa dipadukan dengan warna apa saja, sedangkan abu-abu yang akan hidup jika disandingkan bersama warna cerah. Dengan mempelajari sifat tiap-tiap warna ini, anda bisa leluasa memadukannya dengan warna yang paling harmonis. Pun efek dan karakter yang dimunculkan dari warna ini bisa diprediksi sebelumnya.

2. Fokus yang Kuat Pada Tema Rumah

memilih-tema-cat-dinding.jpg

Pewarnaan rumah berfungsi untuk menciptakan suatu tema. Sedangkan, pemilihan tema yang kuat dan jelas akan memudahkan anda dalam berfokus memilih warna cat yang tepat. Sebagai contoh, ketika anda ingin membangun rumah bernuansa maskulin, maka gunakanlah warna gelap dan biru untuk mendominasi dinding rumah.

3. Rajin Mencari Referensi Desain

memilih-referensi-cat-dinding.jpg

Sama seperti teknologi, dunia desain rumah selalu mengalami perkembangan setiap saat. Setiap tahunnya selalu muncul tren-tren baru yang akan sangat sayang sekali untuk anda lewatkan. Oleh karena itu, bersikaplah dinamis pada kemampuan desain interior yang anda kuasai. Sering-seringlah berkunjung ke Arafuru untuk mendapatkan rekomendasi warna terbaik.

4. Kenali Fungsi Utama Sebuah Ruang dengan Baik

memilih-warna-cat-dinding.jpg

Meskipun penambahan warna digunakan untuk memperindah dinding ruangan, bukan berarti warna tersebut tidak memiliki pengaruh pada aspek kenyamanan. Usahakan warna yang anda pilih mampu menunjang dengan baik fungsi utama suatu ruangan. Misalnya, untuk menciptakan nuansa dapur yang bersih dan higienis, anda bisa mewarnai ruangan ini dengan cat berkelir putih.

5. Pilih Warna Netral untuk Ruang Serbaguna

memilih-cat-dinding-ruang-serbaguna.jpg

Di dalam rumah, biasanya terdapat ruangan-ruangan yang ditujukan untuk berbagai aktifitas. Misalnya ruang tamu, selain untuk menerima kedatangan tamu di rumah, biasanya ruangan ini juga digunakan untuk menonton tv, ruang bersantai keluarga, maupun ruang makan. Oleh karena itu, kenyamanan warna menjadi prioritas daripada keindahannya. Cobalah menggunakan warna yang teduh di mata, seperti krem dan putih.

6. Terapkan Teknik Pewarnaan Monokromatik

memilih-cat-dinding-terbaik.jpg

Teknik pewarnaan monokromatik adalah suatu cara mengkombinasikan warna interior di mana kita memanfaatkan sebuah warna dasar beserta warna turunannya. Contohnya, ruang keluarga anda ingin dihiasi dengan warna hijau, maka anda bisa mengaplikasikan hijau pastel di dinding, hijau muda di sofa, hijau tua di meja, dan hijau zamrud di karpet. Selain lebih mudah dalam memadupadankan warna, cara ini juga terbukti efektif untuk menghilangkan suasana monoton dan membuat kesan ruangan lebih lancar mengalir.

7. Warna Favorit di Ruang Pribadi

memilih-cat-dinding-favorit.jpg

Kamar tidur merupakan ruangan pribadi anda di rumah. Daripada bingung memilih warna apa yang bisa membuat anda nyaman, tak ada salahnya menerapkan warna favorit di dinding ruangan ini. Selanjutnya, berikan aksen berupa warna netral agar pesonanya tetap seimbang. Misalnya, anda bisa mengaplikasikan kombinasi warna kuning dan putih untuk membuat kamar tidur terasa begitu lembut.