Warna
Nov4

Memilih Cat Luar Rumah dengan Lebih Mudah

Fungsi cat selain melindungi dinding rumah juga sebagai representasi dari gaya yang anda miliki. Salah satu jenis cat yang sangat membutuhkan pemilihan yang tepat adalah cat luar rumah. Yap, cat luar rumah atau biasa disebut dengan cat eksterior merupakan pelindung utama dinding yang menjaga dari perubahan cuaca ekstrim seperti terik matahari, curah hujan, serta noda-noda. Oleh karena itulah, kualitas cat menjadi penentu utama seberapa baik cat tersebut mampu bekerja.

cat-luar-rumah.jpg

Selain kualitasnya, sebenarnya teknik mengecat juga berpengaruh langsung pada hasilnya. Maka tidak heran jika anda melihat perbedaan daya tahan antar dua rumah yang memakai cat yang sama. Selain itu, jenis cat yang juga ada banyak secara tidak langsung juga mempengaruhi kualitas hasilnya sebab diperlukan pemilihan yang tepat sesuai dengan kondisi dan maksud penggunaan cat.

Memilih Cat Luar Rumah

Terobosan terbaru dalam dunia per-cat-an telah menghasilkan cat generasi baru yang lebih ramah lingkungan, minim VOC, dan anti-noda. Generasi cat ini mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik karena anti noda dan tahan cuaca.

Adapun poin-poin yang perlu diperhatikan saat anda memilih cat luar rumah yaitu :

  1. Daya tahan
  2. Anti-jamur
  3. Anti-radiasi UV
  4. Kemudahan pemakaian
  5. Warna tahan lama
  6. Ramah lingkungan

Memilih Warna Cat Luar Rumah

Ingat, selain sebagai pelindung, cat juga memiliki warna yang dapat mempengaruhi estetika rumah. Menariknya, proses pemilihan warna inilah yang paling menantang karena menguji seberapa bagus daya kreasi dan imajinasi anda.

Di bawah ini adalah salah satu ide bagaimana memilih warna cat dengan lebih mudah :

Atap rumah merupakan bagian rumah yang biasanya tidak dicat, tetapi bagian ini juga menjadi salah satu unsur rumah sehingga harus memainkan peran terutama warnanya. Penggunaan warna cat yang senada akan menciptakan keharmonisan visual. Sedangkan apabila warna atap lebih pekat maka keseimbangan akan tercipta dengan sempurna.

Menyesuaikan dengan lanskap juga cukup penting. Misalnya saja rumah anda dipenuhi dengan bunga-bunga yang berwarna-warni atau bentangan rumput yang hijau, maka pilih cat yang serasi dengan warna-warna ini.

Yang tidak kalah penting lainnya adalah, memilih cat yang harmonis dengan warna rumah tetangga di sekitar. Anda tidak perlu meniru teknik mengecat yang mereka lakukan. Cuma jangan ragu untuk memasukkan warna favorit anda ke bagian ini.

Pengaruh daerah atau tempat juga bisa menjadi penentu warna yang tepat. Misalnya anda tinggal di daerah yang banyak terkena cahaya. Atau mungkin tempat tinggal anda sangat kental dengan budaya setempat. Maka hal ini boleh-boleh saja menjadi penentu warna yang dipilih.

Cobalah untuk membaca beberapa artikel kami pada Kategori Warna agar imajinasi anda bisa lebih bermain lagi. Selamat berkreasi dan jangan takut mencoba.