Warna
Dec9

Inspirasi Warna Cat Plafon Gypsum untuk Rumah Modern

Sedang mencari inspirasi warna cat plafon gypsum? Pada rumah modern, penggunaan plafon gypsum telah menggeser pamor plafon yang terbuat dari bahan triplek. Bahan gypsum dinilai lebih indah karena memiliki permukaan yang lebih halus dan tidak rawan mengalami keretakan. Yang tak kalah penting, anda juga bisa mewarnai plafon gypsum untuk membuat tampilannya semakin terlihat menarik.

Warna yang Sama dengan Dinding

warna-plafon.jpg

Gambar pertama menampilkan penggunaan warna yang sama antara plafon dengan dinding. Ide ini biasanya dilakukan untuk membuat suasana yang menyatu dengan baik dan menciptakan kesan seolah-olah plafon masih menjadi bagian dari dinding. Namun, tidak semua ruangan cocok jika menerapkan langkah ini. Yang paling bagus adalah untuk kamar mandi, terutama bila sebagian dindingnya tertutup dengan ubin keramik.

Warna Monokromatik

warna-monokromatik.jpg

Untuk ruangan selain kamar mandi, anda bisa mengaplikasikan warna yang berjenis sama dengan menerapkan prinsip pewarnaan monokromatik. Usahakan selisih tingkat kecerahan antara warna dinding dan plafon mencapai 50 persen, di mana kekuatan warna plafon lebih lemah daripada warna dinding. Tujuannya agar suasana ruangan bisa bergerak dari bawah ke atas, sehingga kesan yang tercipta pada plafon pun nampak lebih tinggi.

Warna untuk Kamar Perempuan

warna-plafon-kamar-tidur.jpg

Untuk menciptakan kesan feminin pada kamar tidur anak perempuan, anda dapat menggoreskan warna merah muda pada plafon ruangan. Hanya saja, bila anda ingin mengaplikasikan warna pink ini di dinding dan plafon, usahakan kekuatan warna pink yang digunakan sama. Sebaliknya, bila anda menerapkan teknik monokromatik pada warna pink, di mana warna plafon lebih lemah dibandingkan warna dinding, hal ini akan berakibat pada tampilan dinding yang terlihat sangat menyala.

Menghadirkan Langit di Dalam Rumah

warna-plafon-langit.jpg

Warna biru merupakan simbol dari pemandangan langit yang jernih. Oleh karena itu, warna ini merupakan salah satu warna terbaik untuk digunakan pada plafon. Lebih-lebih untuk warna biru muda yang mampu memberikan kesan seolah-olah rumah anda terbuka karena ada langit di dalam rumah.

Biarkan Plafon Tampil Apa Adanya

warna-plafon-asli.jpg

Bilamana anda telah mendominasi ruangan dengan warna putih, biarkan plafon terlihat apa adanya tanpa cat tambahan. Hal ini dilakukan agar seluruh elemen interior bisa tetap menyatu dengan baik, mengingat warna asli plafon memang putih. Jadi seperti pada inspirasi pertama, seluruh bagian rumah seolah-olah terdiri dalam satu barisan. Perhatikan contoh gambar di atas.

Warna Gelap untuk Merendahkan Plafon

warna-plafon-gelap.jpg

Penggunaan cat plafon berwarna gelap sebaiknya dihindari karena akan menciptakan kesan ketinggian plafon rumah menjadi sangat rendah. Apalagi untuk rumah berukuran kecil, warna gelap akan membuat interior semakin bertambah sempit. Meskipun begitu, warna gelap justru sangat bagus saat diterapkan pada interior yang luas. Warna ini memungkinkan suasana di dalam rumah saling terhubung dan tidak berjauh-jauhan.

Sesuaikan dengan Tema Ruangan

warna-plafon-sesuai-tema.jpg

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah menyesuaikan warna cat plafon dengan konsep ruangan yang ingin diciptakan. Aspek warna memegang peranan penting pada keberhasilan anda merancang dekorasi interior. Sebagai contoh, jika anda ingin menghadirkan konsep pemandangan hutan tropis pada kamar anak, perpaduan warna-warni antara hijau dan cokelat bisa dipertimbangkan.

Warna-warni Cat Berjenis Netral

warna-plafon-netral.jpg

Warna netral adalah jenis warna yang paling aman. Warna-warni seperti putih, krem, dan abu-abu bisa mudah dikombinasikan dengan warna dinding lainnya. Hanya saja, biasanya warna netral ini terlihat cepat membosankan. Untuk menghindari hal ini, anda dapat menggoreskan warna cerah di beberapa titik dinding dan plafon untuk menghidupkan suasananya.

Selain dari aspek warna, kesan yang ditimbulkan oleh plafon juga dipengaruhi oleh jenis cat yang dipakai. Perlu diketahui bahwa cat terdiri dari beragam jenis yaitu flat, satin, semi gloss, dan gloss. Perbedaan pengaruh keempat jenis cat ini akan sangat terlihat terutama jika terkena cahaya langsung.

Untuk menjaga kesan plafon yang indah dan meminimalisir kemungkinan terlihatnya permukaan plafon yang tidak rata, anda bisa menerapkan finishing cat yang tepat. Pada cat jenis flat dan satin, anda perlu melakukan pengomponan Level Finish 4 dengan dua lapis kompon. Sedangkan pada cat semi gloss dan gloss yang mengkilap, terapkanlah pengomponan Level Finish 5 dengan dua lapis kompon ditambah plamir/skimming pada seluruh permukaan plafon.