Ini Tips Memilih Warna Cat Eksterior Rumah

Pada umumnya, memilih warna cat eksterior rumah lebih sulit dibandingkan dengan bagian dalam. Hal ini disebabkan oleh pengaruh yang dimiliki oleh cat eksterior lebih kuat. Tampilan warna rumah anda akan menjadi kesan pertama yang dimiliki oleh rumah tersebut.

Berikut ini tips-tips yang bisa anda gunakan :

1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Seperti yang sudah kami bahas di sini, bahwa setiap warna mempunyai karakter tersendiri. Semakin kompleks gaya rumah anda, semakin banyak warna yang bisa diaplikasikan. Begitupun sebaliknya, rumah sederhana hanya bisa menggunakan beberapa warna saja. Sebagai contoh, rumah bergaya etnik jawa hanya bisa memakai warna-warna natural yang mengarah ke cokelat. Sebaliknya, rumah bergaya modern lebih bebas dalam memanfaatkan goresan warna.

2. Buatlah Catatan Tentang Warna

Buatlah sebuah catatan kecil berisi daftar warna-warna apa yang paling anda sukai dan paling dihindari. Hal ini berguna untuk mempersempit pilihan warna yang tersedia. Jangan lupa, setiap warna juga memiliki warna turunan yang mungkin akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan warna dasarnya.

3. Gunakan Sewajarnya Saja

Penggunaan warna cat yang terlalu berlebihan justru akan menimbulkan dugaan pembuatan rumah anda dilakukan tanpa terencana. Paling sering, penambahan warna dilakukan pada kusen jendela dan lipatan dinding. Pemilihan warna yang terkoordinasi, meskipun berjumlah sedikit, akan terlihat lebih baik.

4. Warna Cat yang Awet

Secara alami, cat berwarna gelap akan lebih cepat memudar dibandingkan cat yang terang. Selain itu, pada cat berwarna merah, hijau, dan biru terbilang lebih gampang mengapur dibandingkan dengan warna lainnya. Usahakan produk cat yang dipilih bisa dicuci sehingga keindahannya lebih terjaga.

5. Perhatikan Warna Atap

Apabila atap rumah anda berbentuk miring dan rendah, anda harus menyesuaikan warna cat dinding dengan atap tersebut. Saat ini tidak semua atap berwarna hitam, abu-abu, dan cokelat. Masih ada warna atap yang merah, hijau, biru, dan oranye. Pilihlah warna cat yang mampu melengkapi warna atap tersebut.

6. Cari Inspirasi Warna

Cobalah berkeliling kota anda dan cari rumah yang memiliki pesona indah dengan permainan cat yang menarik. Ambil gambar fotonya. Pelajari bagaimana susunan warna itu bisa terlihat bagus. Alternatif lain, anda bisa mengunjungi www.arafuru.com untuk mendapatkan inspirasi gambar rumah terlengkap.

7. Ukuran dan Bentuk Rumah

Ukuran dan bentuk rumah juga secara langsung mempengaruhi warna yang sebaiknya dipilih. Warna gelap membuat rumah terlihat semakin mungil, namun lebih dramatis. Sementara warna terang membuat rumah tampak lebih luas daripada ukuran aslinya, seolah tanpa batas.