Warna
Aug3

Ini Tips Memilih Warna Cat Eksterior Rumah

memilih-warna-cat-eksterior.jpg

Pada umumnya, memilih warna cat eksterior rumah lebih sulit dibandingkan dengan bagian dalam. Hal ini disebabkan oleh pengaruh yang dimiliki oleh cat eksterior lebih kuat. Tampilan warna rumah anda akan menjadi kesan pertama yang dimiliki oleh rumah tersebut.

Berikut ini tips-tips yang bisa anda gunakan :

1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Seperti yang sudah kami bahas di sini, bahwa setiap warna mempunyai karakter tersendiri. Semakin kompleks gaya rumah anda, semakin banyak warna yang bisa diaplikasikan. Begitupun sebaliknya, rumah sederhana hanya bisa menggunakan beberapa warna saja. Sebagai contoh, rumah bergaya etnik jawa hanya bisa memakai warna-warna natural yang mengarah ke cokelat. Sebaliknya, rumah bergaya modern lebih bebas dalam memanfaatkan goresan warna.

2. Buatlah Catatan Tentang Warna

Buatlah sebuah catatan kecil berisi daftar warna-warna apa yang paling anda sukai dan paling dihindari. Hal ini berguna untuk mempersempit pilihan warna yang tersedia. Jangan lupa, setiap warna juga memiliki warna turunan yang mungkin akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan warna dasarnya.

3. Gunakan Sewajarnya Saja

Penggunaan warna cat yang terlalu berlebihan justru akan menimbulkan dugaan pembuatan rumah anda dilakukan tanpa terencana. Paling sering, penambahan warna dilakukan pada kusen jendela dan lipatan dinding. Pemilihan warna yang terkoordinasi, meskipun berjumlah sedikit, akan terlihat lebih baik.

4. Warna Cat yang Awet