Warna
Oct23

Ini Lho Tips Memilih Warna Plafon Rumah yang Bagus!

Berniat memilih warna yang bagus untuk plafon rumah anda? Pada lingkungan interior, plafon menjadi salah satu pelengkap desain yang membuat suasana rumah tampak lebih rapi. Pewarnaan pada bidang plafon tersebut bahkan mampu menciptakan suatu kesan yang menarik. Nah, jika anda bingung dalam menentukan warna plafon yang tepat, cobalah tips dari Arafuru.com berikut ini :

Perhatikan Kesan yang Ingin Diciptakan

warna-plafon-rumah.jpg

Selain pada dinding, warna juga mampu menciptakan suatu kesan pada plafon rumah anda. Warna berjenis dingin seperti putih, biru, dan hijau muda mampu memberikan kesan suasana plafon yang lebih tinggi daripada ukuran sebenarnya. Itu sebabnya, warna ini cocok diterapkan pada rumah dengan langit-langit yang rendah karena akan menghasilkan perasaan yang melegakan. Sedangkan bagi anda yang memiliki rumah dengan plafon yang tinggi, sebaiknya pilih warna-warni hangat seperti kuning, jingga, dan merah. Jenis warna seperti ini mampu mengesankan plafon seolah lebih rendah sehingga suasana yang tercipta pun lebih akrab.

Warna Gelap untuk Kesan Dramatis

memilih-warna-plafon-rumah.jpg

Hijau tua, biru terong, ungu, cokelat tua, merah marun, dan hitam mampu menciptakan ruangan yang sangat dramatis. Paling cocok warna ini diterapkan pada interior yang berplafon tinggi. Warna-warni dramatis ini akan menjadikan plafon rumah anda tampak berbeda dan menjadi perhatian utama.

Senada dengan Warna Dinding

tips-memilih-warna-plafon-rumah.jpg

Untuk hunian yang berukuran mungil, plafon sebaiknya dijaga agar mampu menyatu harmonis bersama dengan warna dinding ruangan. Dengan memilih warna yang tidak terlalu kontras, interior pun terasa lebih luas. Sebagai contoh, ketika anda menerapkan warna putih gandum pada dinding, maka hiasilah plafon dengan kuning pucat.

Perhatikan Aspek Pencahayaan

menentukan-warna-plafon-rumah.jpg

Selain mampu menciptakan kesan, setiap warna juga memiliki kecenderungan berbeda terhadap cahaya. Ada warna yang mampu menyerap cahaya, ada pula yang justru memantulkannya. Karena itu, warna yang dipakai untuk plafon pun akan mempengaruhi pencahayaan suatu ruangan. Misalnya, warna pink dan biru muda dapat meneruskan cahaya sehingga keduanya akan menghadirkan kesan langit-langit yang tampak ringan.

Pilih Finishing yang Bagus

warna-plafon-rumah-yang-bagus.jpg

Kebanyakan plafon ditampilkan dalam warna dengan finishing yang mengkilap. Padahal masih banyak kok jenis finishing lain yang mampu menimbulkan kesan lebih menarik pada interior. Contohnya adalah finishing berjenis kulit telur. Finishing ini akan membuat ruangan anda terasa lembut sekali.

Usahakan Tetap Sederhana

warna-plafon-rumah-menarik.jpg

Pada rumah tinggal, sebaiknya tampilan plafon tetap dijaga kesederhanaannya namun tetap menawan. Pasalnya, bidang plafon yang sangat luas ini akan berpengaruh besar terhadap dekorasi ruangan secara keseluruhan. Jika tampil terlalu mencolok, dikhawatirkan keluarga anda mudah bosan dengan suasana yang tercipta di dalam ruangan tersebut.