Warna
Sep12

Ide Warna Cat Rumah Minimalis Selain Abu-abu

cat-rumah-minimalis.jpg

Butuh ide lebih segar tentang warna cat rumah minimalis yang lebih atraktif? Kepopuleran rumah minimalis membuat semua orang ingin lebih berkreasi dengan warna cat yang digunakan. Misalnya saja untuk rumah perkotaan, mereka biasa menggunakan warna abu-abu sebagai dominasinya. Sedangkan warna-warna cerah sebagai penghiasnya.

Sejak manusia menjadikan warna sebagai simbol, maka sejak itulah warna selalu dikaitkan dengan sifat dan perasaan seseorang. Misalnya warna putih berarti damai, merah tanda bahaya, dan ungu lambang dari beracun. Bahkan di dalam norma sosial budaya pun, warna pun mempunyai maksud tersendiri.

Begitu juga pada ilmu rumah, setiap warna mempunyai arti, mampu menciptakan kesan, dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan tertentu.

Berikut ini macam-macam warna cat dasar yang biasa digunakan untuk membangun rumah minimalis beserta penjelasan karakter yang dimilikinya :

Kuning

Kuning merupakan simbol dari sinar matahari dan mampu memberikan energi serta keceriaan. Warna ini cocok digunakan untuk ruang makan, dapur, dan eksterior rumah yang menghadap ke utara. Hindari menggunakannya di kamar tidur sebab bisa meningkatkan emosi orang yang melihatnya

Oranye

Oranye memiliki sifat hangat, stabil, pasti, dan membuat suasana ruangan menjadi segar. Warna ini sangat sesuai jika dipakai di kamar tamu dan ruang makan. Jangan pernah menggunakan warna oranye di kamar utama karena mampu menciptakan kesan sempit akibat sifatnya yang mendominasi.

Ungu

Ungu berfungsi untuk menciptakan desain yang kreatif, bahagia, dan romantis. Kamar tidur adalah ruangan yang paling cocok untuk memakai warna ungu. Namun di sisi lain Anda perlu bijaksana saat menggunakannya. Karena jika terlalu banyak menggunakan warna ini, maka sifat dasar ungu bisa terasa sangat kuat.

Merah

Anda yang ingin meningkatkan energi dan kehangatan ruangan bisa memanfaatkan warna merah. Tambahkan warna ini di ruang makan agar kondisi di dalamnya menjadi lebih akrab dan menambah nafsu makan. Hindari mendominasi ruangan dengan warna merah karena bisa menyebabkan sakit kepala. Hindari juga menggunakannya pada tempat tidur bayi.

Hijau

Hijau merupakan simbol alam yang mampu menghadirkan ketenangan dan keseimbangan. Efek negatif jika terlalu banyak menggunakan warna hijau adalah bisa membuat orang menjadi malas. Tambahkan warna merah atau oranye untuk mengurangi suasana malas yang ditimbulkannya. Hijau sangat pas dilukiskan di kamar tidur dan ruang keluarga.

Hitam

Warna hitam dikenal mampu menyerap seluruh warna di sekitarnya. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakannya sebagai warna dasar dekorasi ruangan. Warna ini cocok digunakan sebagai aksen interior untuk meredam warna-warna cerah yang biasa digunakan di kamar tidur remaja.

Cokelat

Cokelat merupakan warna favorit kami. Warna ini mampu memberikan perasaan yang aman, meningkatkan stabilitas, serta sesuai dengan sifat alami banyak orang. Warna cokelat biasanya digunakan untuk menambah ketenangan dan cocok dilukiskan di ruang keluarga. Gunaka warna cokelat sebagai aksen dari warna hijau dan biru.

Biru

Untuk menciptakan suasana yang tenang dan mewah, warna biru adalah pilihan terbaik. Tambahkan warna biru di kamar tidur, kamar mandi, dan ruang belajar. Pastikan Anda memilih jenis warna rumah minimalis biru yang hangat agar sifat kaku yang dimilikinya sedikit berkurang.