Warna
Sep21

Cara Mewarnai Kayu secara Alami

Bagaimana cara mewarnai kayu secara alami? Bukan hanya Anda seorang yang menyukai kayu, ada banyak sekali penikmat desain di luar sana yang begitu mencintai barang-barang yang terbuat dari bahan kayu. Kayu memang selalu kelihatan menarik. Keindahannya tak akan pernah lekang oleh pergantian zaman. Mau dibuat menjadi bentuk apa pun dengan teknik bagaimana pun, kayu tetaplah kayu yang selama ini kita sukai.

Pesona kayu sedari awal sudah tampak indah sekali. Paduan antara tekstur kayu dan warna cokelat mampu menciptakan keindahan sejati yang sarat akan nuansa alami. Sebenarnya meskipun dibiarkan utuh begitu saja tanpa sentuhan apa-apa, kayu terlihat luar biasa menarik. Namun beberapa orang mencoba melakukan inovasi dengan memberikan finishing pada kayu tersebut. Caranya bisa dilakukan memakai cat, pernis, pelitur, dan sebagainya.

cara-mewarnai-kayu-alami.jpg

Tahukah Anda, mewarnai permukaan kayu ternyata tidak hanya dapat dikerjakan menggunakan produk-produk cat kimia. Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai pewarna kayu tersebut. Warna yang dihasilkan pun bermacam-macam seperti cokelat, hitam, merah, dan sebagainya. Kendati lebih ramah lingkungan, warna kayu yang ditimbulkan dari bahan pewarna alami ini tidak begitu kentara dan cepat memudar. Sebagai antisipasinya, Anda bisa mengaplikasikan pernis sebagai sentuhan terakhir.

Di bawah ini bahan-bahan alami yang sudah terbukti bisa digunakan untuk memberikan warna pada permukaan kayu!

Daun Teh

Kami yakin di rumah Anda pasti ada teh. Nah, tanpa Anda ketahui teh tersebut ternyata bisa dipakai untuk mewarnai kayu loh. Menariknya lagi setiap jenis teh mampu menghasilkan warna cokelat dengan tingkat kecerahan yang berbeda-beda. Jumlah teh yang digunakan juga berpengaruh besar terhadap seberapa pekat warna cokelat yang ditimbulkannya. Untuk membuat bahan pewarna kayu dari teh, Anda tinggal menyeduh daun teh kering di dalam segelas air panas seperti biasanya. Lalu terapkan air teh tadi ke permukaan kayu memakai kuas secara berulang-ulang hingga didapatkan warna cokelat yang sesuai keinginan.

Bubuk Kopi

Kopi yang biasa kita nikmati di pagi hari ternyata juga bisa banget digunakan untuk mewarnai kayu. Namun kopi yang dapat dipakai merupakan kopi hitam bubuk ya, bukan kopi instan yang sudah dicampur gula dan krim. Kopi mampu menghasilkan warna kehitam-hitaman yang bernuansa vintage pada kayu tersebut. Mulailah dengan menyeduh bubuk kopi hitam terlebih dahulu. Setelah suhunya dingin, Anda bisa mengoleskan cairan kopi beserta ampasnya ke permukaan kayu. Biarkan kopi dan ampasnya tadi tetap berada di atas kayu. Semakin lama Anda mendiamkannya, semakin gelap pula warna hitam yang dihasilkannya.

Cuka Dapur

Selain bisa digunakan sebagai bumbu penyedap masakan dan bahan pembersih perabotan, siapa sangka kalau cuka juga bagus untuk dipakai menjadi pewarna alami kayu. Kombinasi antara cuka dan kawat baja sanggup membuat kayu menjadi berwarna kemerah-merahan. Adapun caranya yaitu rendamlah kawat baja di cuka selama seminggu. Selanjutnya cairan hasil rendaman tadi yang kita gunakan untuk mewarnai permukaan kayu. Pakailah kuas untuk mengaplikasikan cairan hasil rendaman tersebut secara berulang-ulang.

Biji Kenari

Bahan alami lain yang bisa dipakai untuk mewarnai kayu dengan hasil yang sangat bagus ialah kulit kenari. Mungkin di sekitar Anda ada pohon kenari atau justru Anda sering mengonsumsi kacang kenari? Mulai sekarang jangan buang kulit bijinya ya karena dapat dimanfaatkan untuk pewarna kayu alami. Adapun warna yang mampu dihasilkannya adalah cokelat kehitaman. Cara membuat pewarna kayu dari kulit biji kenari adalah merebusnya selama 20-30 menit. Kemudian gunakan air rebusannya untuk mewarnai kayu.